GEOGRAFI X RPP 23
BAB 8. PERUBAHAN HIDROSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA : ...............................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : X (sepuluh)/2 (dua)
Standar Kompetensi : 3. Menganalisis unsur-unsur geosfer
Kompetensi Dasar : 3.3. Menganalisis hidrosfer dan dampaknya terhadap
kehidupan di muka bumi
Indikator : - Menjelaskan siklus hidrologi
- Mengidentifikasi jenis perairan darat
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
A. Mendeskripsikan siklus hidrologi
B. Mengidentifikasi jenis-jenis perairan darat
B. Materi Pembelajaran
- Siklus Hidrologi
- Jenis-Jenis Perairan Darat
1. Air Tanah
2. Danau
3. Rawa
C. Metode Pembelajaran
Life skills, diskusi, penugasan
D. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
I. Kurikulum KTSP dan perangkatnya
II. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
III. Buku sumber Geografi SMA – ESIS
IV. Buku-buku penunjang yang relevan
V. Peta konsep
VI. OHP / Slide Proyektor
VII. Gambar wilayah air tanah
VIII. Gambar/foto danau dan rawa
IX. Internet
E. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesepuluh
- Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi: guru menyapa siswa, kemudian mengabsen.
· Guru menanyakan pengertian hidrosfer.
- Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan materi disertai gambar wilayah air tanah, gambar/foto danau dan rawa.
· Siswa membuat gambar mengenai proses terjadinya siklus hidrologi disertai penjelasan seperlunya.
- Kegiatan Penutup
F. Melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
G. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
H. Penilaian
Jenis tagihan : Portofolio
Bentuk tagihan : Gambar siklus hidrologi
Rubrik Penilaian Gambar
| Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
| Kesesuaian judul dengan isi gambar | | | | |
| Kelengkapan dan penjelasan gambar | | | | |
| Pemberian warna | | | | |
| Keindahan tulisan dan kesesuaian warna dalam gambar | | | | |
| Kerapihan dan kebersihan gambar | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | |
| Komentar | ||||
Kriteria Penilaian:
| Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
| Memuaskan | 4 | > 80 |
| Baik | 3 | 68 - 79 |
| Cukup | 2 | 56 - 67 |
| Kurang | 1 | < 55 |
…………., ………………….
Guru Mata Pelajaran Geografi
NIP. ...…………………….

No comments:
Post a Comment