GEOGRAFI XI RPP 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : ...............................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/Semester : XI (sebelas)/1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Menganalisis fenomena biosfer dan antroposfer
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan pengertian fenomena biosfer
Indikator : - Mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu
- Mengidentifikasikan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna
B. Materi Pembelajaran
Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna
- Faktor lingkungan
- Faktor sejarah geologi
C. Metode Pembelajaran
Diskusi, tanya jawab, penugasan
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kedua
1. Kegiatan Pendahuluan: 5 menit
· Memberi salam dan mengabsen
· Siswa mengumpulkan karangan tentang pengertian biosfer dari situs internet dan makalah kelompok, kemudian guru memilih dua makalah terbaik untuk dipresentasikan oleh masing-masing kelompok.
· Apersepsi materi
2. Kegiatan Inti: 30 menit
· Siswa mempresentasikan makalah kelompok mengenai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna.Kelompok lain diminta menanggapi.
· Siswa mendiskusikan mengenai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna.
· Bersama-sama membuat kesimpulan hasil diskusi.
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
· Siswa bertanya mengenai materi yang kurang dimengerti.
· Penugasan: siswa secara kelompok mengumpulkan CD mengenai flora dan fauna di muka bumi. CD tersebut akan ditonton pada pertemuan berikutnya
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Buku sumber Geografi SMA – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- OHP / Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
Jenis tagihan :Unjuk kerja
Bentuk tagihan :Diskusi
Bahan diskusi :Diskusikanlah faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberadaan flora dan fauna!
Rubrik Penilaian Makalah
| Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
| Pengantar menunjukkan isi | | | | |
| Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
| Isi menunjukkan penjelasan dari masalah yang dibahas | | | | |
| Isi disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
| Penutup memberi kesimpulan akhir terhadap materi | | | | |
| Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | |
| Komentar | ||||
Rubrik Penilaian Diskusi Kelompok
Hari/Tanggal : ……………………………………………………..
Topik diskusi/debat : ……………………………………………………..
Nama Siswa : .................................................................................
| Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
| Kemampuan mengidentifikasi masalah | | | | |
| Kemampuan merumuskan masalah | | | | |
| Kemampuan menganalisis masalah | | | | |
| Kemampuan memecahkan masalah | | | | |
| Kerja sama dalam kelompok | | | | |
| Partisipasi dalam diskusi | | | | |
| Kemampuan mengemukakan pendapat dan menghargai pendapat orang lain | | | | |
| Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | |
| Komentar | ||||
Kriteria Penilaian:
| Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
| Memuaskan | 4 | > 80 |
| Baik | 3 | 68 - 79 |
| Cukup | 2 | 56 - 67 |
| Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP. NIP.

No comments:
Post a Comment