18 November 2011

UNIVERSITAS MUHAMADIAH MALANG


UNIVERSITAS MUHAMADIAH MALANG



Didirikan    1964
Jenis          Perguruan Tinggi Swasta
Rektor       http://rektor.umm.ac.id
Lokasi        Malang, Jawa Timur
Situs web   http://www.umm.ac.id

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) adalah perguruan tinggi swasta di Kota Malang. Universitas yang berdiri pada tahun 1964 ini berinduk pada organisasi Muhammadiyah. UMM merupakan salah satu universitas yang tumbuh cepat, sehingga oleh PP Muhammadiyah diberi amanat sebagai perguruan tinggi pembina untuk seluruh PTM (Perguruan Tinggi Muhammadiyah) wilayah Indonesia Timur. Program-programyang didisain dengan cermat menjadikan UMM sebagai "The Real University", yaitu universitas yang benar-benar universitas dalam artian sebagai institusi pendidikan tinggi yang selalu komit dalam mengembangkan Tri Darma Perguruan Tinggi

Pada sekarang ini Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menempati 3 lokasi kampus, yaitu kampus I di jalan benduangn bandung, kampus dua di sumbersari dan kampus tiga di tegal gondo. Kampus satu yang merupakan cikal bakal UMM, dan sekarang ini dikonsentrasikan untuk program pasca sarjana. Sedangkan kampus II yang dulu merupakan pusat kegiatan utama , sekarang di konsentrasikan sebagai kampus fakultas kedokteran dan program D3 akademi perawat. Sedangkan kampus III sebagai kampus terpadu dijadikan sebagai pusat sari seluruh aktivitas.

Fakultas

Pada awal berdiri, UMM baru membuka beberapa fakultas, yaitu fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Hukum, Ekonomi dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) serta jurusan Ilmu Agama (Cabang dari FAI Universitas Muhammadiyah Jakarta). Seiring dengan berjalannya waktu dan tuntutan zaman, maka UMM telah membuka fakultas-fakultas lain, yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan dan Perikanan, Fakultas Psikologi, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Kesehatan terdiri dari D3 dan S1 Keperawatan, Farmasi serta Program Pasca Sarjana yang masing-masing mengembang beberapa jurusan.

Program Diploma 3 (D3)

Terdiri dari 3 Program Diploma, antara lain:
Program D-3 Keperawatan
Program D-3 Elektronika
Program D-3 Keuangan dan Perbankan

Program Sarjana (S1)

Terdiri dari 10 Program Sarjana, antara lain:
Fakultas Agama Islam
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Fakultas Ekonomi
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Teknik
Fakultas Pertanian dan Peternakan
Fakultas Psikologi
Fakultas Hukum
Fakultas Kedokteran
Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan

Program Magister (S2)

Terdiri dari 7 Program Magister, antara lain:
Magister Manajemen
Magister Agama Islam
Magister Hukum
Magister Kebijakan Pendidikan
Magister Psikologi
Magister Sosiologi
Magister Agribisnis

Program Doktoral (S3)

Terdiri dari 1 Program Doktoral, antara lain:
Ilmu Sosial & Ilmu Politik

Mahasiswa

Saat ini UMM mendidik tidak kurang dari 23.700 mahasiswa dari seluruh penjuru tanah air, mulai dari NAD hingga Papua. Jumlah tersebut termasuk mahasiswa luar negeri, yaitu dari Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam, Australia dan Timor Leste. Mereka mempunyai latar belakang umur, budaya, suku ras, agama, kondisi sosial dan asal SLTA yang berada. Sehingga, menampak gerbang UMM ibarat masuk ke dalam "Dunia Mini" tempat berinteraksi antar individu dan komunitas yang beragam latar belakangnya.
Dunia kemahasiswaan di UMM diramaikan oleh beberapa organisasi ekstra mahasiswa (OMEK) salah satunya adalah PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia). Organisasi seperti ini menjadi wadah bagi mahasiswa guna aktualisasi ide-ide progresif sebagai pengejawantahan dari tugas-tugas mahasiswa.

Dosan dan staf teknis

Di bidang akademik, UMM terus mengembangkan sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan pendidikan, penelitian yang berstandar internasional serta didukung dosen yang qualified. Hal ini dilakukan, karena UMM telah bertekad menjadi The Real University. Saat ini, UMM mempunyai staf pengajar tidak kurang 750 orang dengan kualifikasi pendidikan hampir 80% lulusan S2, 15% S3 dan Guru Besar sedangkan sisanya masih lulusan S1 dari berbagai PT dalam dan luar negeri. Selain itu UMM juga didukung oleh ratusan staf administrasi, teknisi dan laboran yang masing-masing ahli di bidangnya. Untuk meningkatkan Skill dan kualitas SDM, UMM secara berkala mengirimkan dosen dan staf teknis ke luar negeri untuk mempelajari dan mendalami ilmu dan pengetahuan di semua bidang.


Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Muhammadiyah_Malang
www.umm.ac.id/

Related Post :

No comments: