Nama Sekolah : SMA Negeri 2 Depok Kelas / Program : X
Mata Pelajaran : Ekonomi Semester : 2
Standar Kompetensi : 4. Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi
Alokasi : 6 x 45 menit
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/ Alat |
4.1 Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro 4.2 Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi | Ekonomi Mikro dan Makro · pengertian ekonomi mikro dan ekonomi makro · perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi · kemiskinan · pemerataan pendapatan | · Mendeskripsikan pengertian ekonomi mikro dan ekonomi makro melalui kajian referensi. · Mendiskusikan Perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro di kelas · Menunjukan contoh dimasyarakat tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro dalam diskusi. · Menyimpulkan hasil diskusi tentang ekonomi mikro dan ekonomi makro · Mengidentifikasi Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi melalui observasi lingkungan siswa. (kemiskinan,pemerataan pendapatan). · Mencari pemecahan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi dalam diskusi. · Mengkomunikasikan hasil diskusi. | · Mendeskripsikan pengertian ekonomi mikro dan ekonomi makro · Mendeskripsikan perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro · Memberi contoh di masyarakat tentang ekonomi mikro (misal usaha industri kecil) dan ekonomi makro (misal inflasi, pendapatan nasional dll) · Mengidentifikasi Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi (kemiskinan,pemerataan pendapatan). · Mencari pemecahan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi. | Jenis tagihan: pertanyaan lisan, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu, tugas kelompok Bentuk tagihan: uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas, | 4 x 45 menit 2x45 menit | refrensi yang relevan pada sumber bahan. |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Negeri 2 Depok Kelas / Program : X
Mata Pelajaran : Ekonomi Semester : 2
Standar Kompetensi : 5. Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), Pendapatan Nasional (PN)
Alokasi : 8 x 45 menit
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/ Alat |
5.1 Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, PN 5.2 Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional 5.3 Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain 5.4 Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi | Pendapatan Nasional · pengertian pendapatan nasional § konsep PDB, PDRB, PNB, PN(NNI), PI, dan DI § cara penghitungan pendapatan nasional Perhitungan pendapatan nasional § manfaat perhitungan pendapatan nasional § menghitung pendapatan nasional menggunakan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran PDB dan pendapatan perkapita § membandingkan PDB dan Pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain. Inflasi · pengertian inflasi. · sebab dan cara mengatasi inflasi. · dampak inflasi Indeks Harga · indeks harga konsumen dan produsen · menghitung inflasi dengan indeks harga | § Merumuskan pengertian PDB, PDRB, PNB, PN(NNI), PI, pendapatan disposibel (DI), melalui pengkajian referensi § Menghitung pendapatan perkapita berdasarkan data BPS § Mengidentifikasi manfaat perhitungan pendapatan nasional dengan mengkaji sumber referensi di kelas § Menunjukan perbedaan metode perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan produksi , pendapatan, dan pengeluaran melalui pengkajian referensi. § Mengkaji referensi untuk membandingkan PDB dan Pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain. · Mengkaji referensi tentang inflasi. · Mengidentifikasi sebab-sebab timbulnya inflasi dan cara mengatasinya melalui pengkajian referensi. · Mengumpulkan informasi terhadap pegawai negeri dan swasta di lingkungan sekitar siswa untuk mengetahui dampak inflasi yang mereka alami. · Mencari data tentang perkembangan harga kebutuhan pokok di lingkungan siswa, dan menghitung inflasi dengan indeks harga produsen dan konsumen | § Mendeskripsikan konsep PDB, PNB, PNN, PI, pendapatan disposibel (disposible income) § Menghitung pendapatan per kapita. § Mengidentifikasi manfaat perhitungan pendapatan nasional § Menghitung pendapatan nasional menggunakan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran § Membedakan metode perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan pendapatan, produksi dan pengeluaran. § Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain. § Mendeskripsikan pengertian inflasi. § Mengidentifikasi sebab-sebab timbulnya inflasi dan cara mengatasinya § Mengumpulkan informasi terhadap pegawai negeri dan swasta untuk mengetahui dampak inflasi . · Mendeskripsikan indeks harga konsumen dan produsen · Menghitung inflasi dengan indeks harga produsen dan konsumen. | Jenis tagihan: pertanyaan lisan, ulangan, tugas individu, tugas kelompok Bentuk tagihan; pilihan ganda, uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas. | 2 x 45 menit 2x45 menit 2 x 45 menit 3 x 45 menit | refrensi yang relevan pada sumber bahan. |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Negeri 2 Depok Kelas / Program : X
Mata Pelajaran : Ekonomi Semester : 2
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsumsi dan investasi
Alokasi : 10 x 45 menit
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/ Alat |
6.1 Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan 6.2 Mendeskripsikan kurva permintaan investasi | Penerapan fungsi matematika dalam ekonomi § Fungsi Konsumsi § Fungsi Tabungan § Kurva Permintaan Investasi | § Mengkaji referensi untuk menentukan harga, out put keseimbangan, laba / rugi dan produksi optimum dengan fungsi matematis dan dan menggunakan tabel dan grafik. § Mengkaji referensi tentang kurva permintaan investasi | · Menggunakan fungsi konsumsi dan cara menggambarkannya · Menggunakan fungsi tabungan dan cara menggambarkannya · Memberi contoh beberapa penggunaan fungsi matematis dan statistik dalam analisis ekonomi | Jenis tagihan: ulangan, laporan individu atau kelompok Bentuk tagihan; uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas. | 6 x 45 menit 4 x 45 menit | refrensi yang relevan pada sumber bahan. |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Negeri 2 Depok Kelas / Program : X
Mata Pelajaran : Ekonomi Semester : 2
Standar Kompetensi : 7. Memahami uang dan perbankan
Alokasi : 8 x 45 menit
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/ Alat |
7.1 Menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang 7.2 Membedakan peran bank umum dan bank sentral 7.3 Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter | Permintaan dan penawaran uang § pengertian permintaan dan penawaran uang § faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang Bank § pengertian bank § peran bank umum dan bank sentral § lembaga keuangan bukan bank § kredit. Kebijakan pemerintah di bidang moneter § Kebijakan moneter. | · Mendeskripsikan pengertian dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang melalui kajian referensi · Mendiskusikan jenis, fungsi, serta cara memanfaatkan produk bank dan lembaga keuangan lainnya dalam kehidupan sehari-hari melalui kajian referensi/studi lapangan. · Mengkaji referensi tentang pengertian kredit, persyaratan yang harus dimiliki calon penerima kredit, kebaikan kredit dan keburukan kredit. · Merumuskan kebijakan moneter dengan mengkaji sumber bahan | § Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran uang § Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang · Menguraikan fungsi bank sentral, bank umum, bank syariah dan bank perkreditan rakyat. · Mengidentifikasi cara-cara memanfaatkan produk bank dalam kehidupan sehari-hari. · Mendeskripsikan konsep kredit. · Menguraikan persyaratan yang harus dimiliki calon penerima kredit ( 5 C). · Menentukan pengaruh jumlah uang beredar terhadap tingkat harga · Mendeskripsikan kebijakan moneter | Jenis tagihan: ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu, tugas kelompok Bentuk tagihan; pilihan ganda, uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas, portofolio. | 2x 45 menit 4x 45 menit 2x45 menit | refrensi yang relevan pada sumber bahan. |
Sumber bahan :
A. Boediono. (1990), Ekonomi mikro, Yogyakarta: BPFE
B. Hadjam, Adnan.(1984). Pengantar ekonomi mikro dan soal-soal latihan, Yogyakarta: BPFE.
C. Samuelson, Paul A. & Nordhaus, Willam D. (1985). Economics, New York: McGraw-Hill Book Company.
D. Sudarman, Ari, (1996). Teori ekonomi mikro, Jilid I, Yogyakarta: BPFE.
E. Ace Partadiredja. (1985). Pengantar ekonomika. Yogyakarta: BPFE
F. Danoewikarsa D. (1977). Tanya-jawab tentang koperasi. Jakarta: Departemen Koperasi.
G. Dornbusch, R. and Fischer, S, (1992). Macroeconomics. (Terjemahan), Jakarta: Erlangga.
H. Dumairy, (1996). Matematika terapan untuk bisnis dan ekonomi. Yogyakarta: BPFE.
I. Irawan dan Suparmoko, M.,(1981). Ekonomi pembangunan. Yogyakarta: BPFE.
J. Lindert, Peter H and Kindleberger, Charles P, (1986). International economics. (Terjemahan), Jakarta: Erlangga.
K. Naisbitt, John (1994). Global Paradox (alih bahasa: Budijanto), Jakarta: Binarupa Aksara
L. Nopirin, (1999). Ekonomi internasional. Yogyakarta: BPFE.
M. Soediyono, R., (1987). Ekonomi internasional: Pengantar lalu-lintas pembayaran internasional. Yogyakarta: Liberty.
N. Sukirno, Sadono, (1985). Ekonomi pembangunan: proses, masalah, dan dasar kebijaksanaan. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
O. Bank Indonesia, sebuah pengantar, Pusat Pendidikan dan Studi Kebanksentralan, Agustus 2004
P. Undang-undang Republik Indonesia nomor 23 tahun 1999 tentang Bank Indonesia sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2004
No comments:
Post a Comment