Nama Sekolah : SMA Negeri 2 Depok Kelas / Program : X
Mata Pelajaran : Ekonomi Semester : 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
Alokasi : 10 x 45 menit
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/ Alat |
1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia 1.2 Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas 1.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi 1.4 Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain 1.5 Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi | Kebutuhan manusia · Pengertian kebutuhan · Macam-macam kebutuhan Berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas. · pengertian kelangkaan · faktor penyebab kelangkaan § pengalokasian sumber daya ekonomi. Masalah pokok ekonomi · barang apa yang diproduksi. · bagaimana cara memproduksi. · untuk siapa barang diproduksi. Biaya peluang. · pengertian biaya peluang. · contoh biaya peluang pada kesempatan kerja. Sistem ekonomi · pengertian sistem eknomi · macam-macam sistem ekonomi · kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi. · cara memecahkan masalah ekonomi melalui sistem ekonomi yang dianut. | · Mencari informasi tentang pengertian kebutuhan manusia melalui berbagai macam sumber. · Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia di daerah setempat. · Mendiskusikan kebutuhan manusia di daerah setempat yang paling dominan. · Mengklasifikasikan jenis kebutuhan berdasarkan tingkatan kebutuhan · Menggali informasi tentang kelangkaan. · Mendiskusikan faktor penyebab kelangkaan di daerah setempat dan sekitarnya. · Mengidentifikasi berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas melalui studi pustaka di daerah setempat dan sekitarnya. · Bersikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan kebutuhan. · Mengidentifikasi barang-barang apa, bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang diproduksi melalui studi lapangan di suatu daerah. · Mengkaji referensi tentang permasalah ekonomi untuk menemukan konsep biaya peluang. · Mendiskusikan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi di bidang lain. · Mengkaji referensi tentang sistem ekonomi · Mengidentifikasi sistem ekonomi dan cara memecahkan masalah ekonomi melalui studi lapangan | § Mendeskripsikan pengengertian kebutuhan. § Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia. § Mendeskripsikan pengertian kelangkaan § Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan § Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak. § Mengidentifikasi barang apa, bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang diproduksi. · Mendeskripsikan pengertian biaya peluang. · Menunjukan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi di bidang lain. · Mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi · Mengidentifikasi sistem ekonomi dan cara memecahkan masalah ekonomi (produksi, distribusi dan konsumsi). | Jenis tagihan: kuis, pertanyaan lisan, ulangan, tugas individu, tugas kelompok Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas, jawaban singkat. | 2x 45 menit 2x 45 menit 2x 45 menit 2x 45 menit 2x 45 menit | refrensi yang relevan pada sumber bahan. |
SILABUS
Nama Sekolah : SMA Negeri 2 Depok Kelas / Program : X
Mata Pelajaran : Ekonomi Semester : 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen
Alokasi : 8 x 45 menit
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/ Alat |
2.1 Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi 2.2 Mendeskripsikan Circulair Flow Diagram 2.3 Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen | Perilaku konsumen dan produsen · manfaat dan nilai suatu barang · perilaku konsumen · perilaku produsen Arus lingkaran kegiatan ekonomi · diagram interaksi pelaku ekonomi. (circulair flow diagram) · manfaat interaksi pelaku ekonomi § pelaku ekonomi | § Membahas manfaat dan nilai suatu barang § Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen melalui studi pustaka/observasi lapangan § Membuat model diagram interaksi pelaku ekonomi (Circulair Flow Diagram). · Mengkaji referensi untuk mengidentifikasi manfaat circular flow diagram bagi pengambil kebijakan ekonomi. § Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri) melalui studi pustaka § Menunjukan contoh peran pelaku ekonomi di masyarakat (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri) melalui diskusi di kelas. | § Mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang. § Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen § Mendeskripsikan teori perilaku konsumen (tabel dan grafik) § Mendeskripsikan teori perilaku produsen (tabel dan grafik) · Membuat model diagram interaksi pelaku ekonomi (Circulair Flow Diagram) § Mengidentifikasi manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi. § Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri). · Memberi contoh peran pelaku ekonomi di masyarakat (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri). | Jenis tagihan: kuis, pertanyaan lisan, ulangan, responsi, laporan kerja praktik, tugas individu, tugas kelompok Bentuk tagihan; pilihan ganda, uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas, menjodohkan, performance, portofolio, jawaban singkat, | 3x45 menit 2x45 menit 3x45 menit | refrensi yang relevan pada sumber bahan. |
Silabus
Nama Sekolah : SMA Negeri 2 Depok Kelas / Program : X
Mata Pelajaran : Ekonomi Semester : 1
Standar Kompetensi : 3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar
Alokasi : 12 x 45 menit
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu (menit) | Sumber/ Bahan/ Alat |
3.1 Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran 3.2 Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya 3.3 Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan 3.4 Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang 3.5 Mendeskripsikan pasar input | Permintaan dan Penawaran · pengertian permintaan dan kurva permintaan. · faktor yang mempengaruhi permintaan. · pengertian penawaran dan kurva penawaran · faktor yang mempengaruhi penawaran Hukum Permintaan dan Penawaran Harga Keseimbangan · fungsi permintaan dan penawaran. · kurva permintaan dan penawaran. · pengertian elastisitas dan macam-macamnya. · menentukan elastisitas permintaan dan penawaran · pengertian harga dan output keseimbangan · menentukan harga dan output keseimbangan · pergeseran titik keseimbangan Pasar Barang · pengertian pasar barang · bentuk-bentuk pasar barang (pasar output) Pasar Input · pasar input (pasar faktor produksi) | · Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran melalui studi pustaka. · Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran terhadap barang (misal : telur menjelang hari raya). · Menggambar kurva permintaan dan penawaran dari satu daftar transaksi ( misal : telur menjelang hari raya). · Menemukan hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya melalui pengkajian referensi. · Menunjukan penerapan hukum permintaan dan penawaran terhadap barang dalam kehidupan di masyarakat (misal : jeruk pontianak). · Menemukan fungsi permintaan dan penawaran melalui pencermatan kurva permintaan dan penawaran terhadap barang (misal jeruk pontianak). · Mengkaji referensi untuk merumuskan pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas (misal : barang-barang elektronik dan barang kebutuhan pokok ). · Memberi contoh proses terbentuknya harga dan output keseimbangan dari suatu transaksi jual beli. · Menghitung elastisitas permintaan dan penawaran dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis. · Menentukan elastisitas permintaan dan penawaran melalui pengkajian referensi. · Menentukan harga dan output keseimbangan dengan menggunakan tabel, dan grafik · Mendeskripsikan pengertian dan bentuk pasar barang melalui kajian referensi · Merumuskan pasar input melalui kajian referensi · Mencari berbagai bentuk pasar melalui studi lapangan. | § Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran. § Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran. § Menggambar kurva permintaan dan penawaran. § Mendeskripsikan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi-asumsinya § Memberikan contoh penerapan hukum permintaan dan penawaran dalam kehidupan di masyarakat. § Mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan output dalam keadaan keseimbangan. § Mendeskripsikan pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas. § Menghitung elastisitas permintaan dan penawaran dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis § Mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan output keseimbangan dan menggambarkan grafiknya. § Menghitung harga dan output dalam keadaan keseimbangan § Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar output (pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna). § Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar input | Jenis tagihan: kuis, pertanyaan lisan, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu, tugas kelompok Bentuk tagihan; pilihan ganda, uraian obyektif, tes tertulis, uraian bebas, portofolio, jawaban singkat, | 2x45 menit 1x45 menit 5 x 45 menit 2 x 45 menit 2 x 45 menit | refrensi yang relevan pada sumber bahan. |
No comments:
Post a Comment