22 March 2011

Silabus Economi Cambidge Terjemahan


Silabus







Cambridge IGCSE Ekonomi

Silabus kode 0455




AGUS SUHENDI, S.Pd
NIP: 196708071991031006





Untuk pemeriksaan pada bulan Juni dan November 2011





Catatan untuk Pengawas Ujian

Sebelum membuat Final Entries, periksa ketersediaan kode untuk komponen dan pilihan dalam buku kecil E3 ( titled “Procedures for the Submission of Entries”)  yang relevan dengan sesi ujian . Perlu diketahui bahwa komponen dan kode pilihan dapat berubah.
Isi

Cambridge IGCSE Economics Cambridge IGCSE

Ekonomi

Silabus kode 0455


1 Pendahuluan ................................................. ............................................................................. 2

1.1 Mengapa memilih 1,1 Cambridge?
1.2 Mengapa memilih 1,2 Cambridge IGCSE Ekonomi?
1.3 Cambridge International Certificate of Education (ICE)
1.4 Bagaimana saya bisa mengetahui lebih banyak?


2. .Penilaian sekilas ................................................................................................. .................... 5


3.  Silabus dan penilaian bertujuan .................................................................................... ......... 6

3.1 Tujuan
3.2 Assesment tujuan dan mereka weightings
3.3 Ujian kombinasi


4.  Silabus konten ......................................................................................................................... 9
4.1  Dasar ekonomi masalah: pemilihan dan alokasi sumber daya
4.2  Alokasi sumber daya: bagaimana pasar bekerja; pasar kegagalan
4.3 Iindividu sebagai produsen, konsumen dan peminjam
4.4 The firma swasta sebagai produsen dan majikan
4.5 Peranan pemerintah dalam perekonomian
4.6 Indikator Ekonomi
4.7 Dikembangkan dan pengembangan ekonomi: tren produksi, dan standar hidup penduduk
4.8 International aspek


5. Lampiran: Grade penjelasan .............................................. …………………………........... 13

1 Pendahuluan



1.1 Mengapa memilih Cambridge?


 University of Cambridge International Examinations (CIE) yang terbesar di dunia internasional penyedia . Sekitar 1,5 juta siswa dari 150 negara memasukkan Cambridge ujian setiap tahun.
 Apa yang membuat pendidik di seluruh dunia memilih Cambridge?


Pengakuan

Cambridge IGCSE internasional yang diakui oleh sekolah, perguruan tinggi dan pengusaha sebagai setara dengan Inggris
GCSE Cambridge IGCSE adalah persiapan yang sangat baik untuk A / AS Level, Pendidikan (AICE), US Advanced Penempatan dan program Internasional Baccalaureate (IB) Diploma. Pelajari lebih lanjut di www.cie.org.uk/recognition


 Mendukung

CIE menyediakan kelas dunia layanan dukungan bagi para guru dan petugas ujian. Kami menawarkan berbagai guru untuk bahan utama, ditambah pelatihan guru (online dan tatap muka) siswa dan dukungan material.
Petugas ujian dapat diandalkan kepercayaan, efisien administrasi ujian masuk dan sangat baik, dukungan pribadi. Dari CIE Layanan Pelanggan. Pelajari lebih lanjut di www.cie.org.uk/teachers


Keunggulan dalam pendidikan

Cambridge berhasil mengembangkan kualifikasi siswa. Mereka tidak hanya membangun pemahaman dan pengetahuan diperlukan untuk kemajuan, tetapi juga kemampuan berpikir dan belajar yang membantu siswa menjadi mandiri peserta didik dan mempersiapkan mereka untuk hidup. Not-for-profit, bagian dari University of Cambridge. CIE adalah bagian dari Cambridge Assessment, yang not-for-profit dan organisasi bagian dari University of Cambridge. Kebutuhan guru dan peserta didik merupakan inti dari apa yang kami lakukan. CIE terus berinvestasi dalam meningkatkan nya kualifikasi dan jasa.. Kami membangkitkan pendidikan penelitian kami dalam mengembangkan kualifikasi.



1.2                         Mengapa memilih Cambridge IGCSE Ekonomi?


Cambridge IGCSE Ekonomi diterima oleh perguruan tinggi dan pengusaha sebagai bukti pengetahuan dan  pengertian perekonomian.: Berhasil mendapatkan calon IGCSE Ekonomi kekal keterampilan, termasuk:
• pemahaman tentang teori ekonomi, dan prinsip-prinsip terminologi
• kemampuan untuk menerapkan alat-alat analisis ekonomi
• kemampuan untuk membedakan antara fakta dan nilai judgements dalam isu-isu ekonomi
• pemahaman tentang, dan kemampuan untuk menggunakan dasar ekonomi dan keaksaraan numeracy
• kemampuan yang lebih besar untuk mengambil bagian dalam proses pengambilan keputusan dalam kehidupan sehari-hari
• pemahaman tentang ekonomi dari negara-negara maju dan berkembang
• fondasi yang sangat baik untuk studi lanjutan di bidang ekonomi


1.3                         Cambridge International Certificate of Education (ICE)


Cambridge ICE adalah kelompok penghargaan dari International General Certificate of Secondary Education (IGCSE). Memerlukan studi mata pelajaran yang diambil dari lima kelompok mata pelajaran IGCSE berbeda. Sekolah yang memberikan kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari korban yang luas dan seimbang oleh kurikulum yang mengakui prestasi siswa yang lulus ujian dalam setidaknya tujuh mata pelajaran, termasuk dua bahasa, dan satu mata pelajaran dari masing-masing kelompok mata pelajaran lainnya. The Cambridge IGCSE kualifikasi portofolio yang memberikan fondasi yang kuat untuk program-program tingkat tinggi seperti sebagai GCE A dan AS Levels dan International Baccalaureate Diploma serta persiapan yang sangat baik untuk pekerjaan. Berbagai mata pelajaran IGCSE tersedia dan ini dikelompokkan ke dalam lima bidang kurikulum.Ekonomi(. (0455) jatuh ke dalam Grup II, Insani dan Ilmu Sosial.

Pelajari lebih lanjut tentang ICE di www.cie.org.uk/qualifications/academic/middlesec/ice

1.4  Bagaimana saya bisa mengetahui lebih banyak?

 Jika anda sudah menjadi Cambridge Centre Anda dapat membuat entri untuk kualifikasi ini melalui saluran biasa, misalnya CIE langsung. Jika Anda mempunyai  permintaan, silahkan hubungi kami di international@cie.org.uk.
Jika Anda bukan Cambridge Centre  Anda dapat mengetahui bagaimana organisasi anda dapat menjadi Cambridge Centre. Email us at Email kami di international@cie.org.uk . Pelajari lebih lanjut tentang keuntungan menjadi Cambridge Centre di www.cie.org.uk.


2.   Sekilas Penilaian

 Kandidat akan menerima nilai dari A ke G. *

Kertas Kerja 1 Multiple choice
45 menit
. Kandidat terbaik tiga puluh pertanyaan pilihan ganda.
20% dari total tanda

Kertas Kerja 2 Pertanyaan Berstruktur
2 jam
Kandidat terbaik dan satu pertanyaan wajib tiga pertanyaan dari enam pilihan.
50% dari total tanda

Kertas Kerja 3 Analisis dan evaluasi kritis
1 jam 30 menit
Kandidat terbaik dua wajib pertanyaan dan diminta untuk menafsirkan dan menganalisa sebelumnya ( analyse previously )
gaib data ( unseen) yang relevan dengan situasi ekonomi yang nyata.
30% dari total tanda



3.   Tujuan silabus dan penilaian

3.1 Tujuan

Tujuan dari silabus ini menjelaskan tujuan pendidikan program studi di bidang ekonomi untuk ujian IGCSE. Tujuan adalah untuk:
1 kandidat mengembangkan pengetahuan dan pemahaman tentang prinsip-prinsip dan terminologi ekonomi, dan dasar teori ekonomi;
2 mengembangkan calon 'dasar ekonomi dan keaksaraan numeracy dan kemampuan mereka untuk menangani data sederhana termasuk grafik dan diagram;
3 kandidat mengembangkan kemampuan untuk menggunakan alat-alat analisis ekonomi dalam situasi tertentu;
4 kandidat menunjukkan cara untuk mengidentifikasi dan membedakan antara berbagai sumber informasi dan bagaimana membedakan antara fakta dan nilai judgements dalam masalah ekonomi; ( economic issues )
5  mengembangkan kemampuan Kandidat untuk menggunakan kemampuan ekonomi (dengan merujuk kepada perorangan, kelompok dan untuk lebih memahami dunia di mana mereka tinggal;
6 memungkinkan lebih banyak calon untuk berpartisipasi secara penuh dalam proses pengambilan keputusan, baik sebagai konsumen dan ; produsen dan sebagai warga lokal, nasional dan internasional;
7 mengembangkan calon 'pemahaman tentang ekonomi dari negara-negara maju dan berkembang dan hubungan antara mereka, dan untuk mengembangkan apresiasi dari hubungan tersebut dari . perspektif dari kedua negara-negara maju dan berkembang.

3.2 Tujuan penilaian dan pembobotannya

 Empat penilaian objektif dalam IGCSE Ekonomi adalah:
A: Pengetahuan dengan pemahaman
B: Analisis
C: Hukum dan pengambilan keputusan (Judgement and decision-making)
D:  Kritis evaluasi.


A: Pengetahuan dengan pemahaman

 Kandidat harus dapat:
1  menunjukkan pengetahuan dan pemahaman tentang ekonomi fakta, definisi, konsep, prinsip-prinsip dan teori;
2 menggunakan kosa kata dan terminologi ekonomi terpercaya.


B: Analisis

Kandidat harus dapat:
3 memilih, mengatur dan menafsirkan data;
4  ekonomi menerapkan pengetahuan dan pemahaman dalam verbal, numerik, dgn pendek, gambar dan grafis
formulir;
5 menggunakan data ekonomi, mengakui pola dalam data, dan menentukan hubungan.

C: Judgement and decision-making C: Hukum dan pengambilan keputusan

 Kandidat harus dapat:
6 membedakan antara bukti dan opini, membuat beralasan judgements dan mereka berkomunikasi ; judgements dalam cara yang akurat dan logis;
7 mengakui bahwa teori ekonomi memiliki berbagai batasan dan ketidakpastian;
8 mengevaluasi implikasi sosial dan lingkungan tertentu program ekonomi tindakan.

D: Critical evaluation D: Kritis evaluasi

Kandidat harus dapat:
9 menarik kesimpulan dari informasi ekonomi kritis dan mengevaluasi data ekonomi;
10 berkomunikasi dalam kesimpulan logis dan ringkas cara.

Pembobobtan (Weightings)  yang diberikan kepada penilaian objektif adalah:

Penilaian Objektif (  Assessment objective )
Kertas Kerja 1
(%)
Kertas Kerja 2
(%)
Kertas Kerja3
(%)

A:Pengetahuan dengan pemahaman
60
20
20

B:Analisis
40
40
20

C:  Hukum dan pengambilan keputusan
40
20  

D:Kritis evaluasi
40  

Penilaiandiberikan bobot bertujuan untuk memberikan indikasi mereka relatif pentingnya. Pembobotan tersebut tidak dimaksudkan untuk memberikan pernyataan tepat jumlah tanda khusus dialokasikan untuk penilaian objectives.




3.3 Ujian kombinasi

Calon ini dapat menggabungkan silabus dalam ujian sesi dengan lainnya CIE silabus, kecuali:
• syllabuses dengan judul yang sama di tingkat yang sama
• 2281 O Tingkat Ekonomi
Perlu diketahui bahwa IGCSE, Cambridge International 1/Level Tingkat 2 Sertifikat dan O syllabuses Tingkat berada di tingkat yang sama.



4.    Silabus konten



4.1  Dasar masalah ekonomi: pilihan dan alokasi sumber daya

Kandidat harus dapat:
• ( define ) menentukan sifat dari masalah ekonomi (sumber daya terbatas dan tidak terbatas ingin) (finite resources and unlimited wants);;
• ( define )  menentukan faktor-faktor produksi (tanah, tenaga kerja, modal, perusahaan); (land, labour, capital, enterprise);  
•( define) menentukan biaya dan kesempatan menganalisa keadaan tertentu untuk mengilustrasikan konsep;
• mengevaluasi dampak dari program tindakan tertentu dari segi biaya kesempatan.




4.2 Alokasi sumber daya: bagaimana pasar bekerja; pasar gagal

 Kandidat harus dapat:
• ( describe menjelaskan alokasi sumber daya di pasar dan dicampur sistem ekonomi;
• ( demonstrate)  menunjukkan prinsip keseimbangan harga dan menganalisa situasi pasar sederhana dengan perubahan dalam permintaan dan penawaran;
• ( describe ) menjelaskan penyebab perubahan permintaan dan menganalisa kondisi dan perubahan untuk menampilkan efek di pasar;
• ( define ) price menentukan harga dari elastisitas permintaan dan penawaran dan melakukan perhitungan sederhana;
• ( demonstrate ) menunjukkan manfaat elastisitas harga tertentu dalam situasi seperti perubahan pendapatan, pengeluaran konsumen;
• ( describe ) menjelaskan konsep kegagalan pasar dan menjelaskan alasan untuk kejadian;
• mengevaluasi ciri dari sistem pasar;
• menentukan biaya pribadi dan sosial dan manfaat dan mendiskusikan konflik kepentingan dalam kaitannya dengan biaya-biaya : dan manfaat dalam jangka pendek dan jangka panjang melalui studi tentang isu-isu:
•  melestarikan sumber daya versus menggunakan sumber daya;
•  pengeluaran publik versus pengeluaran swasta.
1 1
Biaya sosial yang sama dengan jumlah biaya dan swasta extermal biaya.




4.3 individu sebagai produsen, konsumen dan peminjam

Kandidat harus dapat:
• ( describe ) menjelaskan fungsi uang dan kebutuhan untuk pertukaran;
• ( describe ) fungsi bank sentral, bursa saham, bank komersial;
• ( identify ); • mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi individu dari pilihan pekerjaan (upah dan faktor non upah faktor);
• (describe likely) menjelaskan kemungkinan perubahan penghasilan sepanjang waktu ( over time ) terhadap individu;
• (describe) (menjelaskan perbedaan penghasilan di antara berbagai kelompok kerja (pria / wanita; terampil / (male/female; skilled )unskilled; private/public; agricultural/ manufacturing/ services); tdk mahir; swasta / masyarakat; pertanian / manufaktur jasa);
• ( describe ) serikat buruh ( trade unions ) dan menjelaskan peran mereka dalam perekonomian;
• ( describe )the benefits and disadvantages of specialisation for the individual; • menjelaskan keuntungan dan kelemahan dari spesialisasi bagi individu;
• ( analyse ) menganalisis berbagai motif untuk belanja, tabungan dan pinjaman;
• (discuss) membicarakan bagaimana dan mengapa berbagai kelompok pendapatan yang berbeda pola pengeluaran (pengeluaran, menyimpan dan pinjaman).(spending, saving and borrowing).


4.4 Firma swasta sebagai produsen dan majikan ( employer )

Kandidat harus dapat:
• ( describe ) menjelaskan jenis usaha organisasi di sektor publik dan swasta: proprietors tunggal , perusahaan swasta, perusahaan publik, banyak negara, koperasi, perusahaan publik the type of business organisation in the public and private sectors: sole proprietors, partnerships, private companies, public companies, multi-nationals, co-operatives, public corporations; kemitraan,
•( describe and evaluate ) menjelaskan dan mengevaluasi dampak dari perubahan struktur organisasi bisnis;
• (describe ) menjelaskan apa yang menentukan ( determines ) kebutuhan (demand )untuk faktor produksi;
• (define ) • menentukan biaya total dan rata-rata, tetap dan biaya variabel dan melakukan perhitungan sederhana;
• ( analyse particular situations ) menganalisis situasi tertentu untuk menunjukkan perubahan dalam biaya total dan rata-rata sebagai hasil perubahan;
• ( define) menentukan total dan rata-rata pendapatan dan melakukan perhitungan sederhana;
• ( describe )  menjelaskan prinsip maximisation keuntungan sebagai tujuan;
• ( describe)   menjelaskan kebijakan harga dan output ( pricing and output policies ) dalam persaingan sempurna dan monopoli;
• ( describe )); • menjelaskan alasan utama untuk berbagai ukuran perusahaan (ukuran pasar modal, organisasi); (size of market, capital, organisation);
• ( describe and evaluate ) mengevaluasi dan menjelaskan integrasi, ekonomi dan diseconomies skala; ( integration , economies and diseconomies of scale );
• ( discuss ) membicarakan kelebihan dan kekurangan ( advantages and disadvantages ) dari monopoli.


4.5 Peranan pemerintah dalam perekonomian ( Role of government )



Kandidat harus dapat:
• ( describe ) menjelaskan pemerintah sebagai produsen barang dan jasa dan sebagai majikan;( producer of goods and services and as an employer )
• ( describe ) menjelaskan tujuan dari kebijakan pemerintah, seperti penuh pekerjaan, stabilitas harga, pertumbuhan ekonomi, (full employment, price stability, economic growth )
redistribution of income, balance of payments stability; kembali pendapatan, stabilitas neraca pembayaran;
• ( discuss ) government aims; • membicarakan kemungkinan konflik antara pemerintah bertujuan; ( government aims )
• ( describe ) menjelaskan jenis pajak (langsung, tidak langsung, progresif, yg memundurkan, proporsional) dan dampak ; perpajakan; the types of taxation (direct, indirect, progressive, regressive, proportional)
• ( discuss ) membicarakan pengaruh pemerintah (regulasi, subsidi, pajak) pada produsen swasta. ( the government's influence (regulation, subsidies, taxes) on private producers )





4.6 Indikator Ekonomi

With regards to prices candidates should be able to: Dengan harga salam untuk

kandidat harus dapat:
• ( describe )  menjelaskan bagaimana harga eceran indeks dihitung; ( retail price index is calculated )
• ( discuss ) membicarakan penyebab dan konsekuensi dari inflasi.
With regards to employment candidates should be able to: Dengan salam untuk calon tenaga kerja harus dapat:
• (  describe )  menjelaskan perubahan pola dan tingkat penyerapan tenaga kerja;
• ( discuss)   membahas sebab dan akibat dari pengangguran.

With regards to output candidates should be able to: Dengan salam untuk output

 kandidat harus dapat:
• ( define ) menentukan Produk Domestik Bruto (PDB) (GDP);
• ( describe ) menjelaskan langkah-langkah sederhana dan komparatif indikator standar hidup, seperti PDB per kapita, Manusia Indeks Pembangunan (IPM) (simple measures and indicators of comparative living standards, such as GDP per head, Human • Development Index (HDI). )

4.7 Developed and developing economies: trends in production, population and living standards Dikembangkan dan pengembangan ekonomi: tren produksi, dan standar hidup penduduk



Kandidat harus dapat:
• ( describe ) menjelaskan mengapa beberapa negara-negara yang diklasifikasikan ( classified ) sebagai dikembangkan dan lain-lain tidak;
• ( recognise and discuss ) mengakui dan mendiskusikan kebijakan untuk mengurangi kemiskinan; ( alleviate poverty )
• ( describe ) (birth rate, death rate, fertility rate, net migration) and • menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi ( affect ) pertumbuhan penduduk (tingkat kelahiran, tingkat kematian, tingkat kesuburan, migrasi bersih) (birth rate, death rate, fertility rate, net migration) dan
 alasan untuk membahas berbagai tingkat pertumbuhan di negara yang berbeda;
• ( analyse ) menganalisis masalah dan konsekuensi dari perubahan ini untuk penduduk negara-negara di berbagai tahapan ( stages ) pembangunan;
• ( describe ) • menjelaskan pengaruh mengubah ukuran dan struktur penduduk pada ekonomi;
• ( discuss) developed and • mendiskusikan perbedaan dalam standar hidup dalam negara dan di antara negara-negara, baik yang dikembangkan dan
. belum kembang.(  developed and developing )






4.8 International aspects ( International aspek )

: Kandidat harus dapat:
• describe the benefits and disadvantages of specialisation at regional and national levels; menjelaskan keuntungan dan kelemahan dari spesialisasi di tingkat regional dan nasional;
• describe the structure of the current account of the balance of payments; menjelaskan struktur sekarang rekening keseimbangan pembayaran;
• define menentukan nilai tukar;
• discuss membahas sebab dan akibat dari fluktuasi nilai tukar;
• describe menjelaskan metode perlindungan;
• discuss the merits of free trade and protection. mendiskusikan ciri perdagangan bebas dan perlindungan.






5. Lampiran: Grade penjelasan

CIE menyediakan kelas untuk memberikan penjelasan umum indikasi tentang apa yang harus dicapai untuk kandidat tertentu ( particular )grade Nilai yang sebenarnya diberikan kepada calon akan bergantung pada seberapa baik mereka telah bertemu dengan penilaian (objectives overall ). Tujuan keseluruhan. kandidat kelemahan di satu aspek ujian mungkin seimbang oleh rata-rata di atas . performa dalam beberapa aspek lainnya.


Grade A

Untuk mencapai grade A, calon harus menunjukkan keahlian yang kurikulum dan kinerja yang luar biasa lebih pada masalah-masalah akademik. Terpisah di dalam penilaian objektif, yang diberikan calon A : grade harus menunjukkan:

A: Pengetahuan dengan pemahaman
• kemampuan yang sangat baik untuk mengidentifikasi rinci fakta dan prinsip-prinsip yang berkaitan dengan isi silabus;
• kemampuan yang sangat baik untuk menjelaskan jelas grafik, diagram, tabel;
• kemampuan yang menyeluruh untuk menentukan konsep dan ide dari silabus.

B: Analisis
• kemampuan yang sangat baik untuk mengklasifikasikan dan komentar tentang informasi;
• sebuah kemampuan untuk menerapkan informasi ini dalam logis dan baik untuk mengilustrasikan cara aplikasi analisis ekonomi untuk situasi tertentu.

C: Hukum dan pengambilan keputusan
• ( a sound ability )  suara kemampuan untuk membedakan antara kompleks dan beragam sumber-sumber informasi dan untuk membedakan jelas antara fakta dan pendapat;
• ( a sound ability ) suara kemampuan untuk membuat jelas, masuk akal untuk berkomunikasi dan judgements mereka yang akurat dan ( logical manner.) secara logis.

D: Kritis evaluasi
• ( thorough ability ) kemampuan yang menyeluruh untuk mengklasifikasikan informasi dan ketertiban;
• suara kemampuan untuk membentuk kesimpulan dari informasi ini dan untuk menunjukkan kesimpulan ini jelas dan logis.






Grade C

grade C, calon harus menunjukkan yang baik dari kurikulum dan kemampuan untuk
. pertanyaan-pertanyaan yang bernada di tingkat yang lebih akademis. a Terpisah di dalam penilaian objektif, yang
( candidate awarded a C grade must show) : calon diberikan C grade harus menunjukkan:

A: Pengetahuan dengan pemahaman
• suara rinci kemampuan untuk mengidentifikasi fakta dan prinsip-prinsip yang berkaitan dengan isi silabus;
• suara yang jelas untuk menjelaskan kemampuan grafik, diagram, tabel;
• suara kemampuan untuk menentukan konsep dan ide dari silabus.

B: Analisis
• suatu kemampuan untuk menggunakan dan memberikan komentar tentang informasi yang ada di non-lisan maupun secara lisan manner;
• sebuah kemampuan untuk menerapkan informasi ini untuk menjelaskan penerapan analisis ekonomi untuk tertentu situasi.

C. Hukum dan pengambilan keputusan
• sebuah kemampuan untuk membedakan antara informasi yang lebih kompleks dan jelas untuk membedakan antara fakta dan pendapat;
• suatu kemampuan untuk menilai dan membuat judgements beralasan.

D: Kritis evaluasi
• kemampuan untuk menggunakan sebuah bukti akurat dan menarik kesimpulan;
• kemampuan untuk menampilkan sebuah kesimpulan dalam cara yang jelas, menggunakan metode yang tepat.



Grade F

Untuk mencapai sebuah kelas F, calon harus menunjukkan keakraban dengan beberapa pusat konsep dan ide dalam
kurikulum. Terpisah di dalam penilaian objektif, calon yang diberikan F grade harus menunjukkan:

A: Pengetahuan dengan pemahaman
• kemampuan untuk mengidentifikasi beberapa fakta atau prinsip-prinsip tertentu dalam kaitannya dengan isi silabus;
• kemampuan untuk menjelaskan beberapa grafik, diagram, tabel.

B: Analisis
• beberapa kemampuan untuk membagi data dengan cara yang mudah dan kemampuan untuk memilih beberapa informasi yang relevan dari set data;
• beberapa kemampuan untuk menerapkan alat-alat analisis ekonomi untuk situasi tertentu.

C: Hukum dan pengambilan keputusan
• keterbatasan kemampuan untuk membedakan antara berbagai sumber informasi dan menggambarkan antara fakta dan pendapat.

D: Kritis evaluasi
• beberapa kemampuan untuk menggunakan informasi yang berkaitan dengan topik tertentu dan dasar untuk menarik kesimpulan.








University of Cambridge International Examinations University of Cambridge International Examinations
1 Hills Road, Cambridge, CB1 2EU, United Kingdom Tel: +44 (0)1223 553554 Fax: +44 (0)1223 553558 Email: international@cie.org.uk Website: www.cie.org.uk © University of Cambridge International Examinations 2008 iws_niws_niws_wiws_eiws_siws_siws_c
iw_niw_niw_wiw_eiw_s0iw_s0iw_c
logo_smallest
Teks asli berbahasa Inggris:
1 develop candidates' knowledge and understanding of economic terminology and principles, and
zippy_plus_smSarankan terjemahan yang lebih baik


No comments: