07 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XI RPP1


Bahasa dan Sastra Indonesia XI


RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  1

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
STANDAR KOMPETENSI
Memahami berbagai informasi dari sambutan/khotbah dan  wawancara
KOMPETENSI DASAR
Menemukan  pokok-pokok isi sambutan/   khotbah  yang didengar
INDIKATOR
Mencatat pokok-pokok isi sambutan atau khotbah yang didengarkan
Menuliskan pokok-pokok isi sambutan  ke dalam beberapa kalimat
Menyampaikan (secara lisan) ringkasan sambutan atau khotbah
ALOKASI WAKTU
 4 x  45 menit ( 2 pertemuan)

TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu  menemukan  pokok-pokok isi sambutan/   khotbah  yang  didengar
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Sambutan atau khotbah
 Pokok-pokok isi sambutan
Cara membuat   ringkasan sambutan/ khotbah

METODE PEMBELAJARAN


Presentasi

V
Diskusi Kelompok

v
Inquari

V
Tanya Jawab

V
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru mengajak siswa untuk mengingat dan  mencermati  berbagai peristiwa bencana alam di tanah air.  Guru memperlihatkan foto-foto atau film dokumenter  kondisi lingkungan alam yang rusak.   Siswa  diajak    menemukan benang merah yang menghubungkan antara dua hal tersebut.
Guru  mengajak siswa    peduli terhadap  kelestarian lingkungan alam melalui berbagai cara, misalnya dengan menyimak baik-baik pidato/sambutan/khotbah yang mengangkat topik isu-isu lingkungan hidup.


INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’)  
Siswa diminta untuk memikirkan dan merumuskan perbedaan antara mendengarkan dan mendengar.
Guru menanyakan kepada siswa  perbedaan /persamaan antara pidato, khotbah, dan sambutan.
Siswa mendengarkan pembacaan/rekaman khotbah/sambutan/pidato  bertopik lingkungan.
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan pemahaman isi khotbah/sambutan/pidato  yang didengarkannya.
Secara berkelompok, siswa mengidentifikasi pokok-pokok pikiran penting khotbah yang didengar.
Siswa  membuat rangkuman isi khotbah yang didengar.
Siswa menanggapi  beberapa pernyataan penting  yang terdapat dalam khotbah.
Pertemuan ke-2   (90’)
Siswa mengerjakan Geladi Kelompok:  mendengarkan rekaman khotbah, menjawab pertanyaan, mengidentifikasi pokok-pokok penting,  meringkas/merangkum, dan menanggapi isi khotbah,
Guru menyampaikan tugas Geladi Diri: mendengarkan khotbah di luar sekolah baik secara langsung  di  rumah-rumah ibadah atau melalui siaran di media elektronik dan melaporkan hasil simakannya.
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
Siswa  diajak  merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
Guru menghimbau siswa untuk dapat menjadi pendengar yang baik, cerdas, dan kritis saat mendengarkan khotbah       
 SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 1-8
Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman  261-269
Strategi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah, penyunting Slamet Soewandi, dkk.  terbitan Universitas Sanata Dharma   
V
Material: VCD, kaset, poster
Flim dokumenter yang memperlihatkan eksploitasi alam dan dampak yang ditimbulkan
Gambar perusakan  alam dan bencana-bencana alam yang disebabkan kerusakan lingkungan
V
Mediacetak dan elektronik
rekaman / tayangan   khotbah/pidato/sambutan   dari radio atau televisi

Website internet


Narasumber


Model peraga

V
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk menyimak/mendengarkan khotbah/pidato.
Daftar pertanyaan  pemahaman isi khotbah.
Tugas untuk merangkum dan menanggapi isi khotbah.
Tugas geladi diri untuk menyimak khotbah/pidato di rumah (baik langsung maupun rekamannya)
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atau konsep-konsep yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Rubrik Penilaian Merangkum/meringkas isi pidato  (terlampir di bawah)

No comments: