07 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XI RPP7


Bahasa dan Sastra Indonesia XI

RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  7

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan secara lisan informasi hasil membaca dan  wawancara

KOMPETENSI DASAR
Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu 
INDIKATOR
Mencatat pokok-pokok hasil wawancara topik tertentu
Membuat rangkuman  hasil wawancara  dengan kalimat yang efektif
Menyampaikan rangkuman hasil wawancara

ALOKASI WAKTU
4  x  45 menit ( 2 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu  melakukan wawancara dan menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu 
Siswa mampu membuat rangkuman  hasil wawancara  dengan kalimat yang efektif

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks dialog    tanya jawab wawancara
Daftar pertanyaan wawancara
Contoh rangkuman hasil wawancara
Cara membuat rangkuman

METODE PEMBELAJARAN

v
Presentasi

v
Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru mengomentari salah satu gaya hidup yang sedang tren di masyarakat atau kalangan remaja pada umumnya. Misalnya,   banyak remaja  putri yang menggilai dunia sepakbola,   artis yang menikah dalam usia muda, pejabat melakukan poligami.     Guru meminta pendapat beberapa siswa tentang fenomena tersebut.
Guru mengajak siswa untuk mendengarkan tanggapan pakar atau tokoh masyarakat tentang persoalan tersebut yang terungkap dalam suatu wawancara. (Guru memperdengarkan/membacakan penggalan  dialog wawancara)


INTI
Pertemuan ke-1   ( 90)
Siswa menyaksikan simulasi adegan wawancara dan mencermati pertanyaan serta jawaban narasumber.
Siswa menjawab beberapa pertanyaan seputar topik dan latarbelakang jalannya wawancara.
Siswa ditugasi   mencari contoh  artikel dialog wawancara  dan membuat rangkuman tanggapan narasumber atas topik  yang dibicarakan
Siswa membaca penggalan-penggalan teks wawancara dan mendiskusikan maksud tanggapan narasumber terhadap pertanyaan yang diajukan.  Setelah selesai, secara bergantian wakil kelompok ke depan kelas untuk mempresentasikan jawabannya.
Secara berkelompok siswa  membuat persiapan wawancara: menentukan topik, narasumber, dan membuat daftar pertanyaan    wawancara.
Siswa melakukan wawancara ( dilakukan di luar jam)
Pertemuan ke-2   (  90’)
Siswa mempersiapkan rekaman/transkrip dialog hasil wawancara.
Siswa membuat rangkuman hasil wawancara dengan menjelaskan tanggapan narasumber tentang topik-topik tertentu
Wakil setiap kelompok ke depan kelas untuk mempresentasikan rangkuman dan tanggapan narasumber tentang topik-topik tertentu dari hasil wawancara yang dilakukan
Guru memberikan apresiasi dan ulasan atas presentasi hasil kerja setiap kelompok.
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
Siswa   diajak merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
                                                                                               
 SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 44-47
Komposisi karya Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman  261-269
Jurnalistik untuk Remaja  karya Bambang Trimansyah halaman  55-66
6 Langkah Jitu agar Tulisan Anda Makin Hidup dan Enak Dibaca karangan Wahyu Wibowo
V
Material: VCD, kaset, poster
rekaman wawancara dengan seorang tokoh masyarakat atau publik figur


Mediacetak dan elektronik


Website internet


Narasumber

V
Model peraga
siswa yang memeragakan/menyimulasikan adegan wawancara
V
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk menjelaskan maksud  jawaban narasumber dalam menanggapi pertanyaan wawancara tentang suatu topik tertentu.
Tugas untuk melakukan wawancara dan menjelaskan maksud tanggapan narasumber tentang topik tertentu yang dibicarakan
Tugas untuk membuat rangkuman hasil wawancara
 Daftar pertanyaan Kuis uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa atas konsep-konsep yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI

Rubrik penilaian tugas menulis rangkuman hasil wawancara (terlampir di bawah)

No comments: