07 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XI RPP12




Bahasa dan Sastra Indonesia XI

RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  12

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
STANDAR KOMPETENSI
Memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/novel terjemahan
KOMPETENSI DASAR
Menemukan unsur-unsur intrinsik  dan ekstrinsik hikayat
INDIKATOR
Mengidentifikasi ciri hikayat sebagai bentuk karya sastra lama
Menemukan unsur-unsur intrinsik ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat) dalam hikayat
Menceritakan kembali isi hikayat dengan bahasa sendiri
ALOKASI WAKTU
4 x  45 menit ( 2 pertemuan)

TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu menemukan unsur-unsur intrinsik  dan ekstrinsik hikayat

MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks hikayat
Ciri-ciri hikayat sebagai bentuk kesusasteraan lama
Unsur-unsur intrinsik ( alur, tema,  penokohan, sudut pandang, latar, dan amanat)
Unsur-unsur ekstrinsik (a.l. : latar belakang budaya  yang memengaruhi kelahiran dan perkembangan suatu hikayat)

METODE PEMBELAJARAN

v
Presentasi

v
Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab


Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru menceritakan  cuplikan sebuah hikayat yang menarik dan cukup terkenal, misalnya salah satu bagian cerita Hikayat Seribu Satu Malam. Kemudian siswa diminta untuk menebak judul ceritanya, pengarangnya, negara asal cerita, budaya yang mempengaruhi,  dan kelanjutan/akhir ceritanya.
Dengan melontarkan beberapa pertanyaan, Guru menuntun pengetahuan siswa untuk mengidentifikasi bentuk cerita tersebut adalah sebuah hikayat, sebuah bentuk  sastra  lama yang memiliki kekhasan. 


INTI
Pertemuan ke-1 ( 90’) 
Siswa membaca secara intensif hikayat, misalnya berjudul  Tikus dan Kucing Hutan seperti yang tersaji di buku teks.
Guru menunjuk beberapa siswa untuk menceritakan kembali hikayat yang dibacanya dengan kata-kata sendiri
Guru menjelaskan latar belakang atau sejarah  kelahiran hikayat  tersebut.
Guru  membagikan artikel dari surat khabar/internet yang membahas tentang cerita hikayat dan meminta siswa untuk mempelajarinya.
Berdasarkan hasil pengkajiannya, siswa  diajak brain storming   mengidentifikasi  dan merumuskan   ciri-ciri hikayat.
Dengan berdiskusi kelompok, siswa menjawab sejumlah pertanyaan untuk mengidentifikasi ciri-ciri  hikayat Tikus dan Kucing Hutan  sebagai bentuk kesusasteraan lama.
Secara bergantian, setiap kelompok ke depan kelas untuk mempresentasikan hasil berdiskusinya.
Guru mengulas, merangkum, dan menyimpulkan tampilan presenstasi seluruh kelompok.
Pertemuan ke-2 ( 90’)
Guru menjelaskan unsur-unsur yang membangun  hikayat, yaitu unsur intrinsik dan ekstrinsik.
Guru menjelaskan karakteristik unsur ekstrinsik yang membentuk hikayat.
Siswa menjawab pertanyaan Guru seputar unsur intrinsik dan ekstrinsik  pada hikayat Tikus dan Kucing Hutan.
Guru menyampaikan tugas Geladi Kelompok: secara berkelompok siswa membaca sendiri sebuah hikayat, menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsiknya,  dan mengidentifikasi ciri-cirinya sebagai bentuk kesusasteraan lama.
Secara bergantian, setiap kelompok   mempresentasikan hasil berdiskusinya di depan kelas untuk ditanggapi bersama.
PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting   yang telah dipelajari
Siswa  diajak  merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
Guru mengajak siswa untuk tidak melupakan hikayat sebagai warisan budaya nenek moyang yang mengandung nilai-nilai hidup yang sangat luhur. 
 SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman 63-68
Hikayat Kalilah dan Dimnah karya Baidaba terjemahan Abdullah Ibnul Muqaffa terbitan Balai Pustaka halaman 152-156
Menggali Khazanah Sastra Melayu Klasik karya Edwar Djamaris terbitan Balai Pustaka 
Cerita Rekaan dan Seluk Beluknya karya Frans Mido terbitan Nusa Indah halaman 13-95.

Material: VCD, kaset, poster


V
Mediacetak dan elektronik
artikel di koran atau majalah yang mengupas hikayat
V
Website internet
website  yang memuat hikayat dari berbagai bangsa, artikel yang mengupas hikayat

Narasumber


Model peraga

V
Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 
V
Observasi Kinerja/Demontrasi

Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL


Tugas untuk membaca dan mengidentifikasi unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik sebuah hikayat.
Tugas untuk mengidentifkasi ciri-ciri yang terdapat dalam sebuah hikayat yang menunjukkan bahwa hikayat tersebut merupakan bentuk kesusasteraan lama.
Tugas mandiri untuk membaca hikayat, mendiskusikan unsur dan ciri-cirinya, serta mempresentasikan di depan kelas
Daftar pertanyaan Kuis uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa  atas konsep-konsep seputar hikayat yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI

-

No comments: