BAHASAA INDONESIA XII SILABUS 1
SILABUS 
KELAS XII SEMESTER 1 
Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  1
Standar Kompetensi           : Mendengarkan
1.    Memahami informasi dari berbagai laporan 
| Kompetensi  Dasar | Materi  Pembelajaran | Kegiatan  Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | 
| 1.1      Membedakan  antara fakta dan opini  dari berbagai laporan  lisan | Laporan ·     laporan   kegiatan OSIS ·     laporan   kegiatan ekstrakurikuler ·     laporan   perjalanan | ·     Mendengarkan   laporan dari suatu kegiatan  ·     Mencatat pokok-pokok isi   laporan  ·     Membedakan kalimat  yang berupa fakta dan  yang berupa opini (pendapat)  ·     Menentukan kalimat yang   berupa fakta ·     Menentukan kalimat yang   berupa opini | ·     Mencatat pokok-pokok isi   laporan ·     Membedakan kalimat  yang berupa fakta dan  yang berupa opini (pendapat) ·     Menentukan kalimat yang   berupa fakta ·     Menentukan kalimat yang   berupa opini | Jenis Tagihan: ·     tugas kelompok  ·     laporan Bentuk Instrumen: ·     uraian bebas ·     pilihan ganda ·     jawaban singkat | 4 | ·        teks laporan   dari media cetak/ elektronik ·        laporan   kegiatan ekstrakuri-kuler sekolah setempat | 
| 1.2  Mengomentari berbagai laporan lisan dengan   memberikan kritik dan saran | Laporan ·     laporan   kegiatan OSIS ·     laporan   kegiatan ekstrakurikuler | ·           Mendengarkan   laporan dari suatu kegiatan  ·           Mengemukakan kritik a isi laporan secara logis  ·           Memberikan saran untuk perbaikan laporan  | ·      Mengemukakan kritik  isi laporan  ·      Memberikan saran untuk  perbaikan laporan | Jenis Tagihan: ·     tugas kelompok Bentuk Instrumen: ·     uraian bebas ·     pilihan ganda ·     jawaban singkat | 4 | ·        teks laporan   dari media cetak/ elektronik ·        laporan   kegiatan ekstrakulrikuler sekolah setempat | 
SILABUS 
Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  1
Standar Kompetensi           : Berbicara
2.       Mengungkapkan gagasan, tanggapan, dan informasi dalam diskusi
| Kompetensi  Dasar | Materi  Pembelajaran | Kegiatan  Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | 
| 2.1Menyampaikan   gagasan dan tanggapan dengan   alasan yang logis  dalam   diskusi | Percakapan dalam seminar atau gelar wicara (talk show) ·     ungkapan persetujuan atau penolakan  ·     penyambung antarkalimat: tambahan pula, di samping itu, lagi pula,   dll. | ·     Melaksanakan   diskusi ·       Mencatat siapa   yang berbicara dan apa pokok yang dibicarakan ·        Mengajukan pertanyaan atau tanggapan dengan   menggunakan alasan yang logis. ·        Mengemukakan persetujuan atau penolakan pendapat   dalam diskusi dengan alasan yang logis ·         Mengajukan   argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara  | ·    Mengajukan pertanyaan atau   tanggapan dengan menggunakan alasan yang logis. ·   Mengemukakan persetujuan   atau penolakan dengan alasan yang logis ·   Mengajukan pertanyaan dan   atau persetujuan dengan menggunakan kata sambung dalam kalimat ·     Mengajukan   argumentasi yang dapat mendukung atau menentang pendapat pembicara | Jenis Tagihan:  ·     praktik ·     tugas individu ·     tugas kelompok Bentuk Instrumen: ·     unjuk kerja ·     format   pengamatan | 4 | ·     buku yang   terkait dengan diskusi | 
| Kompetensi Dasar | Materi  Pembelajaran | Kegiatan  Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | 
| 2.2                          Menyampaikan   intisari buku nonfiksi dengan   menggunakan bahasa yang efektif dalam diskusi | Buku nonfiksi ·     intisari buku ·     penggunaan kalimat yang efektif dalam diskusi ·     hal-hal yang menarik dalam buku ·     memberikan komentar | ·          Membaca buku   nonfiksi * ·          Menulis intisari   buku ·          Menyampaikan   intisari buku nonfiksi dengan menggunakan bahasa yang efektif ·          Memberikan komentar terhadap isi penyampaian   teman  | ·   Mencatat hal-hal yang   menarik atau yang mengagumkan dalam isi buku nonfiksi ·   Menyampaikan hal-hal yang   menarik atau yang mengagumkan tentang tokoh  ·   Memberikan komentar terhadap   isi penyampaian teman  | Jenis Tagihan:  ·     tugas individu Bentuk Instrumen: ·     performansi ·     format   pengamatan | 4 | ·     buku nonfiksi ·     tuturan   langsung | 
SILABUS 
Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  1
Standar Kompetensi           : Membaca
3.       Memahami artikel dan teks pidato 
|  Kompetensi  Dasar | Materi  Pembelajaran | Kegiatan  Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | 
| 3.1          Menemukan ide pokok dan permasalahan   dalam artikel melalui kegiatan membaca intensif  | Artikel ilmiah dalam media cetak atau elektronik   (internet) ·        ide pokok ·        Masalah dalam artikel ·        rangkuman artikel ·        kalimat majemuk ·        pola kalimat | ·       Membaca artikel    ·      Menemukan ide pokok  tiap paragraf  ·   Merangkum isi seluruh   artikel  ·   Mencari permasalahan dalam   artikel ·   Membahas ide pokok dan   rangkuman isi artikel yang telah dibuat ·   Mengidentifikasi kalimat   majemuk | ·      Menemukan ide pokok  tiap paragraf ·   Menemukan kalimat pendukung   ide pokok ·   Menemukan masalah dalam   artikel ·   Membahas ide pokok dan   rangkuman isi artikel yang telah dibuat ·   Mengidentifikasi kalimat   majemuk | Jenis Tagihan: ·     tugas individu ·     tugas kelompok ·     ulangan Bentuk Instrumen: ·     uraian bebas | 4 | ·     tuturan   langsung artikel ilmiah dari media cetak/ elektronik ·     buku-buku   penunjang  | 
| 3.2   Membaca nyaring teks pidato dengan intonasi yang tepat | Naskah pidato  ·        Cara membacakan naskah pidato ·        Cara menanggapi pembacaan teks pidato | ·   Menandai bagian-bagian   informasi penting dan bagian informasi pendukung   ·     Membacakan teks pidato dengan pemakaian intonasi  dan ekspresi yang tepat  ·     Menanggapi pembacaan teks pidato yang dilakukan   teman  | ·   Menandai bagian-bagian yang   merupakan informasi penting   ·   Menandai bagian-bagian yang   merupakan informasi pendukung ·   Membacakan teks pidato   dengan  intonasi dan ekspresi yang   tepat  ·     Menanggapi   pembacaan teks pidato  | Jenis Tagihan: ·     tugas individu Bentuk Instrumen: ·           unjuk kerja ·           format   pengamatan ·           pilihan ganda ·           uraian bebas | 6 | ·  teks pidato   dari internet/ media cetak ·     buku-buku       penunjang | 
SILABUS
Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  1
Standar Kompetensi           : Menulis
                                   4. Mengungkapkan infomasi dalam bentuk   surat dinas, laporan, resensi  
| Kompetensi  Dasar | Materi  Pembelajaran | Kegiatan  Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | 
| 4.1          Menulis surat lamaran pekerjaan berdasarkan   unsur-unsur dan struktur  | Contoh surat lamaran · unsur-unsur surat lamaran pekerjaan · struktur surat lamaran pekerjaan · penggunaan bahasa dalam surat lamaran pekerjaan · penggunaan EYD dalam penulisan surat lamaran pekerjan | ·     Membaca contoh   surat lamaran pekerjaan berdasarkan iklan atau inisiatif sendiri ·       Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran   pekerjaan ·       Menyusun surat lamaran  pekerjaan berdasarkan iklan atau inisiatif   sendiri ·     Memperbaiki   surat  dari segi struktur, diksi,   kejelasan kalimat, penggunaan  EYD  | ·       Mengidentifikasi unsur-unsur dalam surat lamaran   pekerjaan  ·       Menyusun surat lamaran  pekerjaan  ·     Memperbaiki surat    dari segi struktur, diksi, kejelasan kalimat,  dan penggunaanEYD | Jenis Tagihan: ·       tugas individu ·       ulangan ·       praktik Bentuk Instrumen: ·     uraian bebas ·     pilihan ganda | 4 | ·  buku yang berhubungan dengan surat-menyurat | 
| Kompetensi  Dasar | Materi   Pembelajaran | Kegiatan  Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | 
| 4.2          Menulis surat dinas berdasarkan isi,   bahasa, dan format yang baku | Contoh surat dinas ·   unsur-unsur   surat dinas  ·   struktur surat   dinas ·   penggunaan   bahasa dalam surat dinas ·   penggunaan EYD   dalam penulisan surat lamaran pekerjan | ·     Membaca contoh   surat dinas  ·   Mengidentifikasi struktur    surat  dinas (undangan rapat)  ·   Menentukan komponen-komponen surat    undangan rapat  ·   Menulis surat undangan rapat kedinasan · Menyunting surat undangan rapat dengan   memperhatikan penggunaan EYD, diksi, dan bahasa | ·      Mengidentifikasi struktur    surat  dinas  ·      Menentukan komponen-komponen surat    undangan rapat ·      Menulis surat undangan  ·      Menyunting   surat undangan dengan memperhatikan penggunaan EyD, diksi,     dan bahasa | Jenis Tagihan: ·     tugas individu ·     tes tertulis  Bentuk Instrumen: ·     uraian bebas ·     pilihan ganda | 4 | ·     buku tentang   surat-menyurat | 
| 4.3          Menulis laporan diskusi dengan   melampirkan notulen dan daftar hadir | Contoh laporan diskusi · unsur-unsur laporan diskusi | ·     Membaca contoh   laporan diskusi  · Mengidentifikasi unsur-unsur   yang  terdapat dalam laporan hasil   diskusi  · Menyusun laporan hasil   diskusi (kelas atau seminar)  · Melengkapi laporan dengan lampiran (notulen, dan daftar   hadir peserta) · Mendiskusikan laporan diskusi | ·     Mengidentifikasi unsur-unsur   laporan hasil diskusi ·     Menyusun laporan hasil   diskusi (kelas atau seminar)  ·       Melengkapi   laporan dengan lampiran  | Jenis Tagihan: ·     tugas individu ·     tugas kelompok ·     ulangan Bentuk Instrumen: ·     uraian bebas ·     pilihan ganda | 2 | ·laporan       diskusi | 
| Kompetensi  Dasar | Materi  Pembelajaran | Kegiatan  Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | 
| 4.4          Menulis resensi buku pengetahuan   berdasarkan format baku | Resensi buku pengetahuan ·     unsur-unsur resensi antara lain: 1. identitas buku 2. isi yang penting/menarik 3. bahasa pengarang 4. keunggulan 5. kelemahan 6. kesimpulan | ·     Membaca buku  (yang dimiliki sekolah atau siswa itu   sendiri ) yang akan diresensi dan menulis intinya (di rumah)  ·     Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan   unsur-unsur resensi antara lain: 
 ·     Mendiskusikan kelengkapan unsur-  unsur resensi yang ditulis teman | ·     Mencatat identitas buku ·     Mendaftar pokok-pokok isi ·     Mencatat keunggulan dari isi buku ·     Mencatat kekurangan dari isi buku ·  Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan   unsur-unsur resensi  ·  Mendiskusikan resensi yang telah dibuat | Jenis Tagihan: ·     tugas individu ·     ulangan Bentuk Instrumen: ·     uraian bebas ·     pilihan ganda ·     jawaban singkat | 4 | ·        buku yang   terkait dengan resensi | 
SILABUS 
Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  1
Standar Kompetensi           : Mendengarkan
                                    5. Memahami pembacaan novel  
| Kompetensi  Dasar | Materi  Pembelajaran | Kegiata  Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | 
| 5.1      Menanggapi pembacaan penggalan novel   dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan      | Penggalan novel ·    penangapan segi vokal ·     intonasi ·     penghayatan | ·     Mendengarkan   pembacaan penggalan novel  ·     Menanggapi pembacaan penggalan novel dari segi   vokal, intonasi, dan penghayatan  | ·    Menanggapi pembacaan   penggalan novel dari segi vokal, intonasi, dan penghayatan | Jenis Tagihan: ·       tugas individu ·       tugas kelompok ·       ulangan ·       praktik Bentuk Instrumen: ·     performansi ·     format pengamatan | 4 | ·      buku novel ·      media setempat ·      buku-buku penun-jang | 
| 5.2      Menjelaskan unsur-unsur intrinsik dari pembacaan penggalan novel    | Penggalan novel | ·  Menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra (tema, latar,   penokohan, alur, pesan atau sudut pandang, dan konflik) dalam penggalan   novel  yang dibacakan teman  ·  Mendiskusikan unsur-unsur intrinsik  penggalan novel  | ·       Menjelaskan   unsur-unsur –unsur intrinsik dalam penggalan novel  yang dibacakan teman | Jenis Tagihan: ·     tugas individu ·     tugas kelompok ·     ulangan ·     praktik Bentuk Instrumen: ·       uraian bebas ·       pilihan ganda ·       jawaban singkat | 4 | ·      buku novel ·      media setempat ·      buku-buku penun-jang | 
SILABUS 
Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  1
Standar Kompetensi           : Berbicara
                                      6. Mengungkapkan pendapat tentang  pembacaan  puisi  
| Kompetensi  Dasar | Materi  Pembelajaran | Kegiatan  Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | 
| 6.1          Menanggapi pembacaan   puisi lama tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat | ·   puisi lama (pantun)  ·   penanggapan pembacaan puisi dari segi: ·        lafal ·        intonasi ·        ekspresi | · Mendeklamasikan/ memba-cakan   puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai  ·  Menanggapi   pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi   yang tepat · Memperbaiki cara pembacaan berdasarkan masukkan dari   teman atau guru  | · Mendeklamasikan/ memba-cakan   puisi lama (berbalas pantun) di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai  ·  Menanggapi   pembacaan puisi lama (berbalas pantun) tentang lafal, intonasi, dan ekspresi   yang tepat · Menerapkan isi pantun dalam kehidupan sehari-hari | Jenis Tagihan: ·       tugas individu Bentuk Instrumen: ·       unjuk kerja ·       format   pengamatan | 4 | ·      buku kumpul-an   puisi lama | 
| 6.2          Mengomentari   pembacaan puisi baru tentang lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat | ·        Puisi baru ·      Mengomentari pembacaan puisi dari segi 
 | · Membaca dan manandai jeda   pada puisi yang dibacakan · Mendeklamasikan/ membacakan   puisi baru  di depan teman-teman dengan   lafal,   intonasi, dan ekspresi yang   sesuai   · Memperbaiki cara pembacaan berdasarkan masukan dari   teman atau guru · Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal,   intonasi, dan ekspresi yang tepat | ·       Mendeklamasikan/ membacakan puisi baru  di depan teman-teman dengan lafal,   intonasi, dan ekspresi yang sesuai  ·        Menanggapi pembacaan puisi baru tentang lafal,   intonasi, dan ekspresi yang tepat | Jenis Tagihan: ·       tugas individu Bentuk Instrumen: ·       unjuk kerja ·       format   pengamatan | 4 | ·  buku kumpul-an puisi baru/ media cetak/ elektronik | 
SILABUS
Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  1
Standar Kompetensi           : Membaca
                                    7. Memahami  wacana sastra puisi dan cerpen 
| Kompetensi  Dasar | Materi  Pembelajaran | Kegiatan  Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | 
| 7.1  Membacakan puisi karya sendiri dengan lafal,   intonasi, penghayatan dan ekspresi yang sesuai | Puisi karya sendiri : ·     tema bebas (disesuaikan dengan situasi dan kondisi   setempat) ·     cara pembacaan puisi (lafal, intonasi, penghayatan,   gerak-gerik, ekspresi ·     makna puisi | ·       Menulis puisi dengan tema bebas (di rumah) ·       Menandai jeda puisi karya sendiri ·       Membacakan puisi karya sendiri dengan   memperhatikan : 
 ·       Menentukan makna puisi karya teman ·       Mengomentari puisi karya teman  | ·       Menandai jeda puisi karya sendiri ·       Membacakan puisi karya sendiri dengan   memperhatikan : ·     lafal dan intonasi ·     penghayatan ·     mimik/ gerak dan ekspresi yang sesuai ·       Menentukan makna puisi karya teman ·       Mengomentari puisi karya teman  | Jenis Tagihan ·     tugas individu Bentuk Instrumen ·     unjuk kerja ·     pilihan ganda | 4 | ·        puisi karya   sendiri | 
| 7.2  Menjelaskan unsur-unsur intrinsik   cerpen      | ·       Cerpen ·       Unsur-unsur   intrinsik cerpen : ·       tema, ·       latar, ·       alur, ·       penokohan/pesan | ·        Membaca cerpen  ·        Menceritakan kembali isi cerpen  ·      Menjelaskan unsur-unsur pembangun sastra (misal-nya,   tema, latar, alur, penokohan, atau pesan)     dengan data yang mendukung ·      Mendiskusikan    unsur-unsur intrinsik cerpen | ·     Menceritakan kembali isi cerpen ·     Menjelaskan unsur-unsur intrinsik cerpen | Jenis Tagihan ·     tugas individu ·     tugas kelompok ·     ulangan Bentuk Instrumen: ·     uraian bebas ·     pilihan ganda ·     jawaban singkat | 4 | ·  kumpulan cerpen  ·  media cetak/ internet ·  tape/ kaset | 
SILABUS 
Nama Sekolah                     : SMA ...
Mata Pelajaran                    : Bahasa Indonesia
Kelas                                      : XII
Semester                               :  1
Standar Kompetensi           : Menulis
                                    8. Mengungkapkan pendapat, informasi, dan pengalaman dalam bentuk resensi dan cerpen
| Kompetensi  Dasar | Materi  Pembelajaran | Kegiatan  Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat | 
| 8.1  Menulis   resensi buku kumpulan cerpen berdasarkan unsur-unsur resensi  | ·buku kumpulan cerpen  ·unsur-unsur resensi ·identitas buku ·kepengarangan ·kekurangan dan   kelebihan isi buku ·bahasa pengarang, dll | ·     Membaca buku kumpulan cerpen (yang ada di daerah   setempat)  ·       Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan   memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi: ·     identitas buku ·     kepengarangan ·     kekurangan dan kelebihan isi buku ·     bahasa   pengarang, dll  ·     mendiskusikan resensi yang telah dibuat | ·   Menulis resensi buku kumpulan cerpen dengan   memperhatikan kriteria penulisan resensi ·   Menentukan keunggulan dan kelemahan resensi buku   kumpulan cerpen | Jenis Tagihan: ·     tugas individu ·     tugas kelompok  ·      ulangan Bentuk   Instrumen: ·    uraian bebas ·    pilihan ganda ·    jawaban singkat | 4 | ·   buku kumpulan cerpen | 
| 8.2  Menulis   cerpen  berdasarkan kehidupan orang   lain (pelaku, peristiwa, latar) | ·          topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan   situasi dan kondisi setempat) ·          unsur-unsur   cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut   pandang, alur dan gaya bahasa) | ·       Menentukan   topik tentang kehidupan orang lain (berdasarkan situasi dan kondisi daerah   setempat) ·       Menulis cerpen   tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan  ·       unsur-unsur   cerpen (penokohan, konflik, latar, sudut pandang, alur dan gaya bahasa) ·       Menanggapi   cerpen yang ditulis teman | ·       Mencatat/mendaftar topik-topik tentang kehidupan orang   lain (berdasarkan situasi dan kondisi setempat) ·       Menulis cerpen   tentang kehidupan orang lain dengan memperhatikan unsur-unsur cerpen ·       Menanggapi   cerpen yang ditulis teman | Jenis Tagihan: ·     tugas Individu ·     tugas kelompok  ·      ulangan Bentuk   Instrumen: ·    uraian bebas ·    pilihan ganda ·     jawaban singkat | 4 | ·     buku yang   terkait dengan menulis cerpen ·     buku yang   terkait dengan menulis cerpen | 
 
 
 
 Posts
Posts
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
No comments:
Post a Comment