04 April 2011

Pendidikan Kewarganegaraan SMA XII RPP4




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 004/RPP


I.         IDENTITAS
       1.    Mata Pelajaran             :    PKn
       2.    Materi Pokok                :    Sistem Pemerintahan
       3.    Kelas/Program              :    XII
       4.    Pertemuan Minggu ke    :    5
       5.    Alokasi Waktu              :    3 x 45 (3 jam pelajaran)

II.        STANDAR KOMPETENSI/KOMPETENSI DASAR
       1.    Standar Kompetensi
              1.1. Mengevaluasi berbagai sistem pemerintahan
       2.    Kompetensi Dasar
              2.1. Menganalisis sistem pemerintahan di berbagai negara

III.    INDIKATOR
       1.    Mengklasifikasikan  sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer di berbagai Negara
       2.    Mengidentifikasi ciri sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer
       3.    Menguraikan kelebihan dan kekurangan sistem pemerintahan Presidensial dan Parlementer

IV.   STRATEGI PEMBELAJARAN
      
No.
Kegiatan Belajar
Waktu (Menit)
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerja sama
-  Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-  Penjelasan materi
-  Tanya jawab
55’
-  Kerja sama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi/Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


V.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
       1.    Buku Paket PKn Kelas XII
       2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen
       3.    Buku-Buku Sumber yang Relevan
       4.    Lembar Kerja Siswa

VI.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
       1.    Penilaian Kognitif
       2.    Penilaian Afektif


                                                                                      .........., ......... 20..
Mengetahui                                                                      
Kepala SMA/MA                                                                 Guru Mata Pelajaran





                                                                                     
NIP.                                                                                 NIP.

No comments: