04 April 2011

Pendidikan Kewarganegaraan SMA X RPP5




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 005 / RPP
I.         IDENTITAS
       1.    Mata Pelajaran             :    PKn
       2.    Materi Pokok                :    Sistem hukum dan lembaga peradilan
       3.    Kelas/Program              :    X
       4.    Pertemuan Minggu ke    :    6
       5.    Alokasi Waktu              :    2 x 45 Menit

II.        STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
       1.    Standar Kompetensi
              2.    Menampilkan sikap positif terhadap sistem hukum dan peradilan nasional
       2.    Kompetensi Dasar
         2.1. Mendeskripsikan pengertian sistem hukum dan peradilan nasional

III.    INDIKATOR
1.        Mendeskripsikan pengertian hukum
2.        Menentukan macam-macam penggolongan hukum
3.        Mendeskripsikan sumber hukum formal dan material
4.        Menjelaskan sistim tata hukum Indonesia
5.        Mendeskripsikan pengertian dan dasar hukum lembaga peradilan nasional

IV.   STRATEGI PEMBELAJARAN     
No.
Kegiatan Belajar
Waktu ( Menit )
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-  Penjelasan materi
-  Tanya jawab
-  Latihan
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri



V.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
       1.    Buku Paket PKn Kelas X
       2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen
       3.    Buku-Buku Sumber yang Relevan
       4.    Lembar Kerja Siswa

VI.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
       1.    Penilaian Kognitif
       2.    Penilaian Afektif


                                                                                      ........., ....... 20..
Mengetahui                                                                      
Kepala SMA/MA .........                                                      Guru Mata Pelajaran






NIP.                                                                        NIP

No comments: