04 April 2011

Pendidikan Kewarganegaraan SMA X RPP22




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 022 / RPP


 I.        IDENTITAS
       1.    Mata Pelajaran             :    PKn
       2.    Materi Pokok                :    Peran serta dalam sistem politik di Indonesia
       3.    Kelas/Program              :    X
       4.    Pertemuan Minggu ke    :    27
       5.    Alokasi Waktu              :    2 x 45 Menit

II.        STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
       1.    Standar Kompetensi
              6. Menganalisis sistem politik di Indonesia

       2.    Kompetensi Dasar
       6.3. Menampilkan peran serta dalam sistem politik di Indonesia

III.    INDIKATOR
1.        Mengidentifikasikan ciri – ciri masyarakat politik
2.        Menunjukkan perilaku politik yang sesuai aturan
3.        Mensimulasikan salah satu kegiatan politik yang diselenggarakan oleh pemerintah (Pemilu)
4.        Berperan serta secara aktif dalam sistem politik di Indonesia


IV.   STRATEGI PEMBELAJARAN

No.
Kegiatan Belajar
Waktu ( Menit )
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-  Penjelasan materi
-  Tanya jawab
-  Latihan
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


V.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
       1.    Buku Paket PKn Kelas X
       2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen
       3.    Buku-Buku Sumber yang Relevan
       4.    Lembar Kerja Siswa

VI.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
       1.    Penilaian Kognitif
       2.    Penilaian Afektif


                                                                                      ........., ......... 20..
Mengetahui                                                                      
Kepala SMA/MA .........                                                      Guru Mata Pelajaran





                                                                                     
NIP.                                                                                 NIP.

No comments: