04 April 2011

Pendidikan Kewarganegaraan SMA X RPP9,




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 009 / RPP

I.         IDENTITAS
       1.    Mata Pelajaran             :    PKn
       2.    Materi Pokok                :    Peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia
       3.    Kelas/Program              :    X
       4.    Pertemuan Minggu ke    :    10
       5.    Alokasi Waktu              :    2 x 45 Menit

II.        STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
       1.    Standar Kompetensi
              2. Menampilkan sikap positif terhadap hukum dan peradilan nasional
       2.    Kompetensi Dasar
              2.5. Peran serta dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia

III.    INDIKATOR
1.        Menunjukkan contoh sikap anti korupsi
2.        Menunjukkan contoh gerakan atau organisasi anti korupsi
3.        Menganalisis macam-macam perbuatan anti korupsi
4.        Manampilkan sikap anti korupsi

IV.   STRATEGI PEMBELAJARAN     
No.
Kegiatan Belajar
Waktu ( Menit )
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-  Penjelasan materi
-  Tanya jawab
-  Latihan
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


V.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
       1.    Buku Paket PKn Kelas X
       2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen
       3.    Buku-Buku Sumber yang Relevan
       4.    Lembar Kerja Siswa

VI.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
       1.    Penilaian Kognitif
       2.    Penilaian Afektif


                                                                                      ........, ........ 20..
Mengetahui                                                                      
Kepala SMA/MA .........                                                      Guru Mata Pelajaran





                                                                                     
NIP.                                                                                 NIP.

No comments: