04 April 2011

Pendidikan Kewarganegaraan SMA X RPP11




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 011 / RPP

 I.        IDENTITAS
       1.    Mata Pelajaran             :    PKn
       2.    Materi Pokok                :    Peran serta dalam penegakan HAM di Indonesia
       3.    Kelas/Program              :    X
       4.    Pertemuan Minggu ke    :    13
       5.    Alokasi Waktu              :    2 x 45 Menit

II.        STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR :
       1.    Standar Kompetensi
              3. Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan perlindungan HAM

       2.    Kompetensi Dasar
       3.2. Menampilkan peran serta dalam upaya pemajuan, penghormatan dan penegakkan HAM di Indonesia

III.    INDIKATOR
1.        Menguraikan proses dalam upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan HAM
2.        Mengilustrasikan berbagai kasus pelanggaran HAM
3.        Menyimpulkan contoh perilaku yang dengan upaya pemajuan, penghormatan, dan penegakan  HAM di Indonesia

IV.   STRATEGI PEMBELAJARAN     
No.
Kegiatan Belajar
Waktu ( Menit )
Aspek lifeskill yang dikembangkan
1.
Pendahuluan
-  Memberikan salam siswa
-  Mengabsen dan mengetahui kondisi siswa
15’
-  Disiplin
-  Kerjasama
-  Keterampilan
2.
Kegiatan Inti
-  Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
-  Penjelasan materi
-  Tanya jawab
-  Latihan
55’
-  Kerjasama
-  Kesungguhan
-  Disiplin
-  Uji diri
3.
Penutup
-  Evaluasi / Tanya jawab
-  Penenangan
20’
-  Pengendalian diri


V.    PERANGKAT PEMBELAJARAN
       1.    Buku Paket PKn Kelas X
       2.    UUD 1945 yang Telah Diamandemen
       3.    Buku-Buku Sumber yang Relevan
       4.    Lembar Kerja Siswa

VI.   PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
       1.    Penilaian Kognitif
       2.    Penilaian Afektif


                                                                                      ........., ........ 20..
Mengetahui                                                                      
Kepala SMA/MA .........                                                      Guru Mata Pelajaran





                                                                                     
NIP.                                                                                 NIP.

No comments: