23 April 2011

Biologi SMP VII RPP 10



BIOLOGI VII RPP 10
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                         :    SMP
Kelas / Semester           :    VII (tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran            :    IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi     :    7.   Memahami saling ketergantungan dalam ekosistem.

Kompetensi Dasar        :    7.4  Mengaplikasikan peran manusia dalam pengelolaan lingkungan un-tuk mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Indikator                      :    1.    Menjelaskan konsekuensi penebangan hutan dan pengaruhnya terha-dap kerusakan lingkungan serta upaya mengatasinya.
                                           2.    Menjelaskan pengaruh pencemaran air, udara, dan tanah kaitannya dengan aktivitas manusia dan upaya mengatasinya.
                                           3.    Mengusulkan cara penanggulangan pencemaran dan kerusakan ling-kungan.
Tujuan Pembelajaran  :    Peserta didik dapat:
1.          Menjelaskan pengertian pencemaran lingkungan.
2.          Menyebutkan ciri-ciri lingkungan alami.
3.          Menyebutkan ciri-ciri lingkungan tercemar.
4.          Membedakan lingkungan alami dan lingkungan tercemar
5.          Menyebutkan sumber-sumber pencemaran lingkungan.
6.          Menjelaskan pengertian pencemaran air.
7.          Menjelaskan sumber-sumber pencemaran air.
8.          Menjelaskan pengertian pencemaran udara.
9.          Menyebutkan bahan-bahan pencemar udara.
10.      Menjelaskan pengertian pencemaran tanah.
11.      Menjelaskan akibat yang ditimbulkan oleh pencemaran tanah.
12.      Menjelaskan pengertian pencemaran suara.
13.      Menyebutkan sumber-sumber pencemaran suara.
14.      Menjelaskan akibat pencemaran terhadap makhluk hidup secara global.
15.      Menjelaskan kegunaan hutan hujan tropis.
16.      Menjelaskan kerugian akibat penebangan hutan.
17.      Menjelaskan usaha-usaha mencegah dan mengatasi pencemaran.
18.      Menjelaskan usaha-usaha mencegah dan mengatasi kerusakan lingkungan akibat penebangan hutan.
Materi Pembelajaran   :    Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan
Metode Pembelajaran  :    Model
                                           -      Problem Based Instruction (PBI)
                                           -      Direct Instruction
                                                  -                                  Cooperative Learning
                                           Metode
                                           -      Diskusi kelompok
                                           -      Observasi
                                           -      Ceramah
 
Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA

a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
-    Mengapa sungai di perkotaan airnya berubah warna, berbau busuk dan penuh sampah?
              -    Mengapa limbah industri tidak boleh langsung dibuang ke sungai?
       .      Prasyarat pengetahuan
              -    Apakah ciri-ciri lingkungan yang tercemar?
              -    Sebutkan sumber-sumber pencemaran air?
b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
       .      Peserta didik (bersama guru) pergi ke halaman sekolah untuk mengamati lingkungan sekitar.
       .      Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan pengertian pencemaran lingkungan.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan lingkungan alami dan lingkungan tercemar.
       .      Wakil dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan ciri-ciri lingkungan alami dan  lingkungan tercemar.
       .      Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan sumber-sumber pencemaran lingkungan.
       .      Wakil dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
       .      Guru membagi tugas kelompok:
              -     2 kelompok diberi tugas untuk mengamati pencemaran air di sekitar lingkungan sekolah.
              -     2 kelompok diberi tugas mengamati pencemaran udara di sekitar lingkungan sekolah.
              -     2 kelompok diberi tugas mengamati pencemaran tanah di sekitar lingkungan sekolah.
              -     2 kelompok diberi tugas mengamati pencemaran suara di sekitar lingkungan sekolah.
       .      Tugas kelompok minimal 1 minggu sebelum proses pembelajaran sudah diberikan.
       .      Setiap kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.
       .      Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok lain.
       .      Guru memberikan penghargaan atau komentar tentang pekerjaan peserta didik.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
       .      Peserta didik (bersama guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
       .      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEDUA

      
a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
              -   Ceritakan apa yang dimaksud dengan efek rumah kaca?
              -   Bolehkah kita melakukan penebangan hutan secara liar?
       .      Prasyarat pengetahuan
              -    Bagaimana terjadinya efek rumah kaca?
              -    Apakah kegunaan hutan hujan tropis?

b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Peserta didik (bersama guru) pergi ke halaman sekolah untuk mengamati lingkungan sekitar.
       .      Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan akibat pencemaran terhadap makhluk hidup secara global.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan efek rumah kaca dan hujan asam.
       .      Wakil dari tiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan kegunaan hutan hujan tropis.
       .      Peserta didik (bersama guru) memperhatikan foto atau gambar-gambar yang didapat dari majalah, koran atau media lain yang memuat akibat pencemaran dan kerusakan lingkungan.
       .      Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan kerugian akibat penebangan hutan secara liar dan tidak bertanggung jawab.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan usaha-usaha mencegah dan mengatasi pencemaran dan kerusakan lingkungan.
       .      Setiap kelompok diminta mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.


c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
       .      Peserta didik (bersama guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
       .      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a.    Buku IPA Terpadu Jl.1B (Esis) halaman 183-207
b.    Buku referensi yang relevan
c.    Lingkungan
d.    Artikel
e.    Gambar

Penilaian Hasil Belajar
a.    Teknik Penilaian:
       -      Tes tertulis
       -      Penugasan
b.    Bentuk Instrumen:
        -     Uraian
        -     PG
       -      Tugas rumah
c.    Contoh Instrumen:
       -      Contoh tes uraian
              Sebutkan empat sumber yang dapat mencemari ekosistem perairan.
       -      Contoh tes PG
              Salah satu usaha agar hutan dapat dilestarikan adalah....
              a.  menebang pohon jenis-jenis tertentu
              b.       memberantas hama tanaman di hutan
              c.       mengubah hutan menjadi tanah pertanian
              d.       mengadakan reboisasi
       -      Contoh tugas rumah
              Pada saat libur, pergilah ke sekeliling tempat tinggal kalian. Lihat kerusakan-kerusakan lingkungan yang mungkin terjadi. Buatlah poster yang isinya menghimbau agar kerusakan lingkungan tersebut dapat diatasi atau dihindari. Kalian dapat mendiskusikannya terlebih dahulu dengan orang tua kalian.


                                      ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                     Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                               ..................................
NIP.                                                                                                                 NIP.

No comments: