23 April 2011

Biologi SMP VII RPP 1



BIOLOGI VII RPP 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                         :    SMP
Kelas / Semester           :    VII (tujuh)/Semester II
Mata Pelajaran            :    IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi     :    5.   Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan.

Kompetensi Dasar        :    5.1  Melaksanakan pengamatan objek secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik.

Indikator                      :    1.    Membedakan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek abiotik melalui pengamatan.
                                           2.    Membedakan gejala alam kebendaan dan kejadian pada objek biotik melalui pengamatan.

Tujuan Pembelajaran  :    Peserta didik dapat:

1.          Menjelaskan pengertian komponen biotik.
2.          Menyebutkan beberapa contoh dari komponen biotik.
3.          Menjelaskan pengertian komponen abiotik.
4.          Menyebutkan beberapa contoh dari komponen abiotik.
5.          Menjelaskan gejala alam biotik yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
6.          Menjelaskan gejala alam abiotik yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
Materi Pembelajaran   :    Gejala Alam Biotik dan Abiotik

Metode Pembelajaran  :    Model

                                           -      Direct Instruction (DI)

                                    -      Cooperative Learning
                                    Metode
                                    -      Diskusi kelompok
                                   -      Ceramah
                                               

Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
              -      Hewan tergolong komponen biotik atau abiotik?
              -      Mengapa eceng gondok dapat tumbuh subur di perairan dekat persawahan?
       .      Prasyarat pengetahuan
              -      Apakah yang dimaksud dengan komponen biotik dan abiotik?
              -      Bagaimana eceng gondok dapat tumbuh subur di perairan dekat persawahan?
b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan pengertian komponen biotik.
       .      Peserta didik berdiskusi kelompok menyebutkan beberapa contoh dari komponen biotik.
       .      Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan pengertian komponen abiotik.
       .      Peserta didik berdiskusi kelompok menyebutkan beberapa contoh dari komponen abiotik.
       .      Peserta didik berdiskusi kelompok membedakan komponen biotik dan komponen abiotik.
       .      Peserta didik (bersama guru) mendiskusikan gejala alam biotik maupun gejala alam abiotik yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
       .      Peserta didik berdiskusi kelompok membedakan gejala alam biotik dan  gejala alam abiotik.
       .      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
       .      Peserta didik (bersama guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
       .      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar

a.    Buku IPA Terpadu Jl.1B (Esis) halaman 25-29
b.         Lingkungan

Penilaian Hasil Belajar
a.    Teknik Penilaian:
       -          Tes tertulis
       -          Observasi
b.    Bentuk Instrumen:
                -      PG
       -      Lembar observasi
c.    Contoh Instrumen:
       -      Contoh tes PG
              Berikut ini manakah yang termasuk gejala alam kejadian pada objek biotik....
              a.     bau                                             c.     warna
              b.    tumbuh                                       d.     ukuran



                                      ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                     Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                               ..................................
NIP.                                                                                                                 NIP.

No comments: