23 April 2011

Fisika SMP VII RPP 2



FISIKA VII RPP 2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                         :    SMP
Kelas / Semester           :    VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran            :    IPA Fisika
Standar Kompetensi     :    1.     Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan.
Kompetensi Dasar        :    1.2   Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukurannya.
Indikator                      :    1.     Menggunakan termometer untuk mengukur suhu zat.
                                           2.     Membandingkan skala termometer Celsius dengan termometer yang lain.
Tujuan Pembelajaran  :    Peserta didik dapat:
                                           1.     Menjelaskan pengertian suhu.
                                           2.     Menjelaskan bagian-bagian dari termometer.
                                           3.     Menyebutkan jenis-jenis termometer.
                                           4.     Menggunakan termometer untuk mengukur suhu suatu benda.
                                           5.     Membaca skala pada termometer.
                                           6.     Membandingkan skala pada termometer Celsius dengan termometer skala Kelvin, Reamur dan Fahrenheit.
Materi Pembelajaran   :    Suhu
Metode Pembelajaran  :    Model
                                           -    Direct Instruction (DI)
                                           -    Cooperative Learning
                                           Metode
                                           -    Diskusi kelompok
                                           -    Eksperimen

Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA
a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
             -     Apakah hubungan suhu dengan panas atau dingin?
             -     Alat apakah yang dipakai untuk mengukur bila suhu tubuhmu terasa panas?
       .      Prasyarat pengetahuan
             -     Apakah yang dimaksud dengan suhu?
             -     Apakah Satuan Internasional dari besaran suhu?
       .      Pra eksperimen
             -     Berhati-hatilah menggunakan peralatan yang terbuat dari kaca.

b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Secara kelompok peserta didik mendiskusikan pengertian suhu, kemudian membuat kesim-pulan sementara, lalu anggota masing-masing kelompok mengkomunikasikannya.
       .      Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
       .      Setiap kelompok diberi tugas dengan memanfaatkan indera peraba sebagai alat ukur suhu dan mendiskusikan kekurangannya.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok memasukkan tangan ke dalam mangkuk yang berisi es, air hangat dan campuran antara es dengan air hangat.
       .      Setiap kelompok diberikan sebuah termometer untuk mendiskusikan prinsip kerja termometer dan menunjukkan bagian-bagian dari termometer tersebut.
       .      Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya
       .      Guru menunjukkan bagian-bagian termometer kepada peserta didik.
       .      Peserta didik (dibimbing guru) melakukan diskusi kelas dari hasil eksperimen kelompok.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Peserta didik (dibimbing guru) membuat kesimpulan hasil belajar
       .      Guru memberikan tes untuk mengetahui daya serap materi yang telah disampaikan
       .      Guru memberi tugas rumah untuk mencari informasi mengenai macam-macam termometer.

PERTEMUAN KEDUA
a     Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
              -     Hasil pengukuran suhu harus dinyatakan dengan satuan; satuan apakah yang dipakai?
              -     Apakah satuan suhu dalam Standar Internasional (SI)?
       .      Prasyarat pengetahuan
             -     Guru menunjukkan sebuah termometer, peserta didik diminta untuk membaca skala.

b.    Kegiatan Inti
       .      Guru mendiskusikan cara membaca skala termometer yang benar.
       .      Guru mendemonstrasikan langkah-langkah penggunaan, pengukuran suhu suatu objek, dan pembacaan skala pada termometer.
       .      Melalui diskusi kelompok, peserta didik diberi tugas membandingkan skala pada termometer Celsius dengan termometer Kelvin, Reamur dan Fahrenheit.
       .      Guru memberikan informasi cara menentukan skala termometer Celsius dengan termometer Kelvin, Reamur dan Fahrenheit dengan perbandingan sebagai berikut
                           TC : TK : TR : (TF - 32) = 5 : (TC + 273) : 4 : 9.
       .      Guru memberikan contoh soal latihan mengenai cara menghitung skala termometer Celsius, Kelvin, Reamur, dan Fahrenheit.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Peserta didik (dibimbing guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
       .      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a.    Buku IPA Fisika Jl.1 (Esis) halaman 25-40
b.    Buku kerja
c.    Termometer

Penilaian Hasil Belajar
a.    Teknik Penilaian: 
       -      Tes tertulis
b.    Bentuk Instrumen:
       -      Isian dan PG
c.    Contoh Instrumen:
       -      Instrumen tes Isian
             Mengapa tangan manusia tidak dapat dijadikan alat ukur suhu, padahal tangan dapat membedakan panas dan dingin?
       -      Contoh tes PG
             Bila termometer Celsius menunjukkan skala 80, maka skala Reamur akan menunjukkan....
             a.  64°                                           c.  100°                 
             b.  96°                                           d.  150°

...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                     Guru Mata Pelajaran



......................                                                                                                  ... ..............................
NIP.                                                                                                                 NIP.

No comments: