23 April 2011

Fisika SMP IX RPP 2



FISIKA XI RPP 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah                         : SMP
Kelas                             : IX (Sembilan)
Mata Pelajaran            : IPA FISIKA

Standar Kompetensi
             3.     Memahami konsep kelistrikan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar
              3.2   Menganalisis percobaan listrik dinamis dalam suatu rangkaian serta                                     penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.
  
Indikator
1.    Menjelaskan konsep arus listrik dan beda potensial listrik.
2.    Membuat rangkaian komponen listrik dengan berbagai variasi baik seri maupun paralel.
3.    Menggambarkan arus listrik dan beda potensial dalam bentuk tabel dan grafik.
4.    Menyelidiki hubungan antara arus listrik dan beda potensial dalam suatu rangkaian (hukum Ohm).
5.    Menemukan perbedaan hambatan beberapa jenis bahan (konduktor, isolator dan semikonduktor).
6.    Menggunakan Hukum I Kirchoff untuk menghitung tegangan dan arus dalam rangkaian.
7.    Menghitung hambatan pengganti rangkaian listrik seri dan paralel.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian arus listrik.
2.      Menjelaskan pengertian kuat arus listrik.
3.      Mengukur kuat arus listrik.
4.      Menjelaskan pengertian beda potensial listrik.
5.      Membedakan rangkaian terbuka dan rangkaian tertutup.
6.      Menjelaskan fungsi saklar dan sekring.
7.      Membedakan rangkaian seri dan rangkaian pararel.
8.      Menyebutkan bunyi hukum Ohm.
9.      Menemukan hubungan antara kuat arus dengan beda potensial.
10.  Menjelaskan cara mengukur hambatan listrik.
11.  Membedakan konduktor, isolator, dan semikonduktor.
12.  Menyebutkan beberapa contoh konduktor, isolator, dan semikonduktor.
13.  Menentukan hubungan antara hambatan listrik, ukuran, dan jenis benda.
14.  Menentukan besarnya hambatan dari suatu bahan.
15.  Menyebutkan bunyi hukum I Kirchhoff.
16.  Memahami hukum I Kirchhoff pada rangkaian bercabang.
17.  Menyebutkan jenis-jenis resistor.
18.  Membedakan rangkaian resistor seri dan rangkaian resistor pararel.
19.  Memahami rangkaian resistor seri.
20.  Memahami rangkaian resistor pararel.
21.  Menentukan hambatan total dalam rangkaian resistor seri dan resistor paralel.
B. Materi Pembelajaran
        Listrik Dinamis

C. Metode Pembelajaran1
            1.  Model   : -  Direct Instruction (DI)
                                  -  Cooperative Learning
              2.   Metode :  -  Diskusi kelompok
                                   -  Eksperimen
                                   -  Observasi
                                   -  Ceramah

D. Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
       -   Mengapa burung yang duduk di kabel bertegangan tinggi tidak
  tersengat listrik?
        -   Manakah yang lebih terang dua lampu yang dirangkai secara seri ataukah        secara pararel?
·         Prasyarat pengetahuan:
      -   Apakah yang dimaksud dengan kuat arus listrik?
      -   Apakah keuntungan rangkaian seri? 
·         Pra eksperimen:
  -   Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.

b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian arus listrik.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menjelaskan pengertian kuat arus listrik.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil dua buah baterai, sebuah lampu pijar 3 V beserta dudukannya, sebuah ammeter, sebuah saklar, dan kabel secukupnya.
·         Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen mengukur kuat arus listrik (Kegiatan 2.2 h.30-31).
·         Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
·         Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian beda potensial.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk membedakan rangkaian terbuka dan rangkaian tertutup.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menjelaskan fungsi saklar dan sekring dalam rangkaian listrik.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perbedaan rangkaian seri dan rangkaian pararel.
c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEDUA

    a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
       -   Apakah fungsi hambatan listrik pada rangkaian elektronika?
                     -   Mengapa konduktor (logam) mudah menghantarkan arus listrik?
·         Prasyarat pengetahuan:
      -   Faktor apakah yang mempengaruhi besar kecilnya hambatan listrik?
      -   Apakah yang dimaksud dengan konduktor?
·         Pra eksperimen:
  -   Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.

b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum Ohm.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil lima buah baterai, sebuah lampu beserta dudukannya,sebuah ammeter, sebuah voltmeter, dan  kabel secukupnya.
·         Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen menemukan hubungan antara kuat arus dengan beda potensial listrik
(Kegiatan 2.12 h.45).
·         Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
·         Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik memperhatikan contoh soal penerapan hukum Ohm yang disampaikan oleh guru.
·         Guru memberikan beberapa soal penerapan hukum Ohm untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan cara mengukur hambatan listrik.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan kegunaan hambatan listrik dalam rangkaian elektronika.
·         Peserta didik memperhatikan perbedaan konduktor, isolator, dan semikonduktor yang disampaikan oleh guru.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan beberapa contoh konduktor, isolator, dan semikonduktor.

·         Guru memberikan instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen menentukan hubungan antara hambatan listrik, ukuran, dan jenis bahan (Kegiatan 2.16 h.50).
·         Peserta didik secara berkelompok melakukan eksperimen dengan menggunakan dua batang kawat nikrom dan kawat konstantan masing-masing berdiameter 1 mm dan 2 mm sepanjang 3 m, sebuah voltmeter, sebuah ammeter,sebuah baterai, sebuah meter gulung, sebuah mikrometer, dan kabel secukupnya.
·         Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KETIGA

           a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
        -  Apakah besar arus yang masuk ke titik percabangan sama dengan arus           yang keluar dari titik percabangan?
                      -  Sebutkan macam-macam resistor variabel.
·         Prasyarat pengetahuan:
      -  Sebutkan bunyi hukum I Kirchhoff. 
      -  Apakah yang dimaksud dengan resistor variabel?
·         Pra eksperimen:
 -  Berhati-hatilah menggunakan alat dan bahan praktikum.

b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan Hukum I Kirchhoff.
·         Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil empat buat ammeter, beberapa buah hambatan, sebuah baterai, sebuah saklar, dan kabel secukupnya.
·         Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen memahami hukum I Kirchhoff pada rangkaian bercabang (Kegiatan 2.19 h.55).
·         Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
·         Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik memperhatikan contoh soal penerapan hukum I Kirchhoff yang disampaikan oleh guru.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan jenis-jenis resistor.

·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perbedaan rangkaian resistor seri dan rangkaian resistor pararel.
·         Guru memberikan instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen memahami rangkaian resistor seri dan rangkaian resistor pararel.
(Kegiatan 2.20 h.60 dan Kegiatan 2.21 h. 61).
·         Peserta didik secara berkelompok melakukan eksperimen dengan menggunakan tiga buah ammeter, tiga buah voltmeter, dua buah resistor, dua buah lampu, beberapa buah baterai, dan sebuah saklar.
·         Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
·         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan hambatan total dalam rangkaian resistor seri dan rangkain resistor paralel yang disampaikan
oleh guru.
·         Guru memberikan beberapa soal menentukan hambatan total dalam rangkaian resistor seri dan rangkain resistor paralel untuk dikerjakan oleh peserta didik.
·         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
  a. Buku IPA Fisika Jl.3 (Esis) halaman 27-76
  b. Buku referensi yang relevan
        c. Alat dan bahan praktikum
        
F. Penilaian Hasil Belajar
             a. Teknik Penilaian:
-      Tes unjuk kerja
-      Tes tertulis
-      Penugasan
             b. Bentuk Instrumen:
    -   Uji petik kerja produk
    -   Tes isian
         -   Tes uraian
   -   Tes identifikasi
   -   Tugas rumah
            c. Contoh Instrumen:
                    -  Contoh tes isian          
Besaran yang menyatakan jumlah muatan listrik yang mengalir setiap detik disebut ....
-  Contoh tes uraian
Tiga buah hambatan masing-masing 4 ohm, 6 ohm, dan 8 ohm dirangkai secara pararel. Tentukan hambatan totalnya.
-  Contoh tes identifikasi
Tentukan bahan-bahan yang termasuk ke dalam konduktor, isolator, dan semikonduktor dari bahan-bahan yang tersedia berikut: kertas, besi, karet, baja, arsen, silikon, plastik, dan perak.
       -  Contoh tugas rumah
Buatlah grafik yang menunjukkan hubungan antara besarnya arus listrik dan beda potensial.


                                                                     ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                            Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.

No comments: