23 April 2011

Fisika SMP VII RPP 5



FISIKA VII RPP 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                         :    SMP
Kelas / Semester           :    VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran            :    IPA Fisika
Standar Kompetensi     :    3.     Memahami wujud zat dan perubahannya
Kompetensi Dasar        :    3.2   Mendeskripsikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari
Indikator                      :    1.     Menjelaskan dari hasil percobaan bahwa massa jenis adalah salah satu ciri khas suatu zat.
                                           2.     Menghitung massa jenis suatu zat.
                                           3.     Menggunakan konsep massa jenis untuk berbagai penyelesaian masalah dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan Pembelajaran  :    Peserta didik dapat:
                                           1.     Menyimpulkan bahwa massa jenis merupakan ciri khas suatu zat.
                                           2.     Menyimpulkan pengaruh massa dan volume terhadap massa jenis suatu zat.
                                           3.     Menghitung massa jenis suatu zat.
                                           4.     Mengaplikasikan konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari.
Materi Pembelajaran   :    Massa Jenis
Metode Pembelajaran  :    Model
                                           -    Direct Instruction(DI)
                                           -    Cooperative Learning
                                           Metode
                                           -    Diskusi kelompok
                                           -    Eksperimen

Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA

a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
             -     Apakah wujud zat dapat dibedakan berdasarkan massa jenisnya?
             -     Apakah massa dan volume mempengaruhi massa jenis suatu zat?
       .      Prasyarat pengetahuan
             -     Apakah massa jenis merupakan ciri khas suatu zat?
             -     Faktor apakah yang mempengaruhi massa jenis suatu zat?
       .      Pra eksperimen
             -     Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.

b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Wakil tiap kelompok diminta untuk mengambil neraca dua lengan, mistar, kayu, besi, alumunium, busa, dan karet.
       .      Peserta didik (dibimbing guru) mendiskusikan massa jenis sebagai ciri khas suatu zat.
       .      Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen pengaruh massa dan volume benda terhadap massa jenisnya.
       .      Guru memeriksa kegiatan eksperimen yang dilakukan oleh peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
       .      Peserta didik berdiskusi kelompok untuk membuat kesimpulan dari data percobaan.
       .      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberikan penghargaan pada kelompok dengan kinerja baik
       .      Peserta didik (dibimbing guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.
PERTEMUAN KEDUA

a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
             -     Bagaimana menghitung massa jenis suatu zat?
             -     Mengapa air laut di muara sungai tidak dapat segera bercampur dengan air sungai?
       .      Prasyarat pengetahuan
             -     Apakah rumus massa jenis suatu zat?
             -     Bagaimana aplikasi konsep massa jenis dalam kehidupan sehari-hari?

a.    Kegiatan Inti
       .      Peserta didik (dibimbing guru) mendiskusikan faktor  yang mempengaruhi massa jenis zat.
       .      Guru memberikan contoh soal cara menghitung massa jenis suatu zat.
       .      Guru menunjuk salah satu peserta didik untuk menjawab soal mengenai massa jenis suatu zat di depan kelas, sedangkan peserta didik yang lain memperhatikannya.
       .      Guru memberikan beberapa soal untuk dikerjakan oleh peserta didik.
       .      Guru mengoreksi jawaban peserta didik. Jika masih ada peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
       .      Peserta didik (dibimbing guru) mendiskusikan aplikasi konsep massa jenis.
       .      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi secara klasikal.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberi penghargaan kepada peserta didik yang dapat menjawab soal dengan benar.
       .      Peserta didik (dibimbing guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman pelajaran.
       .      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a.    Buku IPA Fisika Jl.1 (Esis) halaman 77-88
b.    Buku kerja
c.    Alat-alat praktikum

Penilaian Hasil Belajar
a.    Teknik Penilaian
       -      Tes unjuk kerja
       -      Tes tertulis
b.    Bentuk Instrumen
       -      Uji petik kerja produk
       -      PG dan Uraian
c.    Contoh Instrumen
       -      Contoh tes PG:
             Jika sebatang besi dibagi menjadi dua bagian, massa jenisnya....
             a.  tetap                                                           c.   menjadi dua kali mula-mula
             b.  menjadi setengah mula-mula                     d.   menjadi seperempat mula-mula
       -      Contoh tes Uraian:
             Mengapa di muara sungai, air laut tidak dapat segera bercampur dengan air sungai?
                                          
                                                                              ...............,......................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                     Guru Mata Pelajaran



......................                                                                                                  ..................................
NIP.                                                                                                                 NIP.

No comments: