23 April 2011

Biologi SMP VIII RPP 6



BIOLOGI VIII RPP 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         : SMP
Kelas                             : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran            : IPA BIOLOGI


Standar Kompetensi
               1.   Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.

Kompetensi Dasar
             1.6.  Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan                                      kesehatan.

Indikator
1.      Membandingkan macam organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia.
2.      Menjelaskan fungsi jantung, pembuluh darah, dan darah dalam sistem peredaran darah.
3.      Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem peredaran darah yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya.

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian tentang darah.
2.      Menyebutkan fungsi darah.
3.      Menyebutkan komponen darah.
4.      Menyebutkan macam-macam sel darah.
5.      Menjelaskan karakteristik, fungsi, dan mekanisme dari macam-macam sel darah.
6.      Menjelaskan proses pembekuan darah.
7.      Menjelaskan karakteritik, fungsi, dan mekanisme dari plasma darah.
8.      Menyebutkan alat peredaran darah.
9.      Menjelaskan karakteristik, fungsi, dan mekanisme jantung.
10.  Menyebutkan macam-macam pembuluh darah.
11.  Menjelaskan karakteristik, fungsi, dan mekanisme pembuluh darah.
12.  Membedakan sistem peredaran darah kecil dan sistem peredaran darah besar.
13.  Menyebutkan golongan darah berdasarkan perbedaan aglutinogen dan aglutinin yang terkandung dalam darah.
14.  Menjelaskan proses transfusi darah.
15.  Menyebutkan kelainan dan penyakit pada sistem peredaran darah.
16.  Menjelaskan kelainan dan penyakit pada sistem peredaran darah.
17.  Menjelaskan sistem peredaran darah pada hewan vertebrata.

B. Materi Pembelajaran
          Sistem Peredaran Darah

C. Metode Pembelajaran
             1.  Model   : -  Direct Instruction (DI)
                                  -  Cooperative Learning
             2.   Metode : -  Diskusi kelompok
                                   -  Observasi
                         -  Ceramah

D. Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
      -   Mengapa darah ada di semua bagian tubuh kita?
      -   Pernahkah kalian menghitung berapa kali denyut jantung kita setiap hari?
l  Prasyarat pengetahuan:
     -   Apakah fungsi darah bagi manusia?
     -   Bagaimana mekanisme jantung dalam mengedarkan darah? 

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian darah.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai fungsi darah.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil model atau carta untuk mengamati komponen darah pada manusia.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan komponen darah pada manusia (sel-sel darah dan plasma darah).
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan macam-macam sel darah.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan karakteristik, fungsi, dan mekanisme dari macam-macam sel darah (sel darah merah, sel darah putih, dan keping darah).
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Guru menjelaskan proses terjadinya pembekuan darah.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan karakteristik, fungsi, dan mekanisme dari plasma darah.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil model atau carta untuk mengamati alat-alat peredaran darah.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan alat-alat peredaran darah pada manusia.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan karakteristik, fungsi, dan mekanisme jantung.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan macam-macam pembuluh darah.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai karakteristik, fungsi, dan mekanisme pembuluh darah.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KEDUA

  a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
     -  Pernahkah kalian mengalami transfusi darah?
     -  Alat apakah yang digunakan serangga untuk mengedarkan sari-sari makanan?
l  Prasyarat pengetahuan:
     -  Apakah syarat-syarat transfusi darah?
     -  Apakah fungsi darah pada serangga?

  b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan sistem peredaran darah pada manusia.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan sistem peredaran darah kecil dan sistem peredaran darah besar.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan macam-macam golongan darah berdasarkan perbedaan aglutinogen (antigen) dan aglutinin (antibodi) yang terkandung dalam darah.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan syarat-syarat transfusi darah.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan kelainan dan penyakit pada sistem peredaran darah manusia.
l  Guru menjelaskan kelainan dan penyakit pada sistem peredaran darah manusia.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan sistem peredaran darah pada hewan vertebrata.
l  Guru membagi tugas kelompok:
        -  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem peredaran darah pada                  serangga.
        -  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem peredaran darah pada ikan.
     -  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem peredaran darah pada                      amfibi.
  -  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem peredaran darah pada           reptil.
     -  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem peredaran darah pada                      burung.
  -  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan sistem peredaran darah pada      mamalia.
l  Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
l  Setiap kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.
l  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik memperhatikan tayangan video mengenai sistem peredaran darah pada manusia dan hewan vertebrata yang telah dipersiapkan oleh guru.

   c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
a. Buku IPA Biologi Jl.2 (Esis) halaman 119-140
b. Video sistem peredaran darah
       c. Carta atau model sistem peredaran darah
        
F. Penilaian Hasil Belajar
             a. Teknik Penilaian:
                    -   Tes tertulis
                    -   Penugasan
             b. Bentuk Instrumen:
   -   Tes PG
   -   Tes uraian
   -   Tugas rumah
            c. Contoh Instrumen:
-  Contoh tes PG
Bagian darah yang berfungsi menjaga tubuh dari infeksi penyakit adalah ....
  a. sel darah merah                          c. keping-keping darah
  b. sel darah putih                           d. plasma darah
-  Contoh tes uraian
                                Apa perbedaan antara pembuluh nadi dan pembuluh balik?                                          -  Contoh tugas rumah 
Kalian telah belajar mengenai pentingnya jantung bagi kehidupan kita. Buatlah sebuah poster berwarna mengenai jantung berukuran 50 cm x 40 cm dan tempelkan di “mading” (majalah dinding) sekolah. Kalian dapat memberi keterangan dan hiasan yang menarik agar poster kalian lebih “hidup”. Kalian dapat mempresentasikan poster tersebut. Tujuannya agar teman kalian pun memiliki pengetahuan baru mengenai pentingnya jantung bagi tubuh kita.

                                                      ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                          Guru Mata Pelajaran


.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.    

No comments: