23 April 2011

Fisika SMP IX RPP 12



FISIKA XI RPP 12
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                         : SMP
Kelas                             : IX (Sembilan)
Mata Pelajaran            : IPA FISIKA


Standar Kompetensi
              5.   Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya.

Kompetensi Dasar
              5.5   Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi di lapisan litosfer dan atmosfer                           dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan.

Indikator
1.      Menjelaskan proses pelapukan dilapisan bumi yang berkaitan dengan masalah lingkungan.
2.      Menjelaskan proses pemenasan global dan pengaruhnya pada lingkungan di bumi.
3.      Menjelaskan pengaruh proses-proses di lingkungan terhadap kesehatan manusia.
4.      Menyadari pengaruh negatif proses-proses lingkungan karena ulah manusia terhadap kesehatan manusia.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.      Menjelaskan pengertian ozon.
2.      Menjelaskan dampak dan penanggulangan berlubangnya lapisan ozon.
3.      Menjelaskan dampak penebangan hutan.
4.      Menjelaskan cara meminimalkan dampak negatif penebangan hutan.
5.      Menjelaskan pengertian desertifikasi.
6.      Menjelaskan cara menanggulangi terjadinya desertifikasi.
7.      Menjelaskan pengertian erosi.
8.      Menyebutkan faktor yang menyebabkan erosi.
9.      Menjelaskan pengertian polusi.
10.  Menyebutkan macam-macam polusi.
11.  Menjelaskan cara menanggulangi masalah polusi.
12.  Menjelaskan pengertian hujan asam.
13.  Menyebutkan penyebab terjadinya hujan asam.
14.  Menjelaskan cara menanggulangi terjadinya hujan asam.
15.  Menjelaskan pengertian pemanasan global.
16.  Menyebutkan faktor penyebab terjadinya pemanasan global.
17.  Menjelaskan dampak dan penanggulangan pemanasan global.
18.  Menjelaskan pengertian El Nino dan La Nina.
19.  Menyebutkan tanda-tanda terjadinya El Nino.
20.  Menjelaskan dampak terjadinya El Nino dan La Nina.

B. Materi Pembelajaran
        Lapisan Ozon dan Masalah Lingkungan Hidup
C. Metode Pembelajaran1
1.  Model    :   -   Direct Instruction (DI)
                                      -   Cooperative Learning                      
   2.  Metode  :   -   Diskusi kelompok    
                           -   Ceramah
                            -   Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan

                                                           PERTEMUAN PERTAMA
            a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
-      Bagaimana chlorofiuorocarbon (CFC )dapat merusak lapisan ozon?
-      Bagaimana cara menanggulangi efek rumah kaca?
·         Prasyarat pengetahuan:
-      Apakah yang dimaksud dengan ozon?
-      Apakah yang dimaksud dengan efek rumah kaca?

b. Kegiatan Inti
·         Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok,
masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian ozon.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai dampak dan penanggulangan berlubangnya lapisan ozon.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan masalah lingkungan hidup.
·         Guru membagi tugas kelompok:
-     2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan pengertian, dampak, dan penanggulangan penebangan hutan.
-     2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan pengertian, dampak, dan penanggulangan desertifikasi.
-     2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan pengertian, dampak, dan penanggulangan polusi.
-     2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan pengertian, dampak, dan penanggulangan hujan asam.
-     2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan pengertian, dampak, dan penanggulangan efek rumah kaca.
·         Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
·         Setiap kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.
·         Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
·         Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai pengertian pemanasan global.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan faktor penyebab terjadinya pemanasan global.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan mengenai dampak dan penanggulangan pemanasan global yang disampaikan oleh guru.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian El Nino dan
La Nina.
·         Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan tanda-tanda terjadinya
El Nino.
·         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai dampak terjadinya
El Nino dan La Nina.

c. Kegiatan Penutup
·         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
·         Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
·         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.  

E. Sumber Belajar
  a. Buku IPA Fisika Jl.3 (Esis) halaman 225-232
  b. Buku referensi yang relevan
        c. Lingkungan
        
F. Penilaian Hasil Belajar
             a. Teknik Penilaian:
-      Tes tertulis
-      Penugasan
             b. Bentuk Instrumen:
-      Tes PG
-      Tes uraian
-      Tugas rumah
            c. Contoh Instrumen:
-  Contoh tes PG
Berikut ini merupakan faktor yang menimbulkan pelapukan secara biologi, kecuali ....
 a. akar tumbuhan yang menerobos batuan
 b. titik-titik air yang membeku dalam batuan
 c. lumut yang tumbuh di permukaan batuan
 d. bakteri yang menghancurkan batuan

                -  Contoh tes uraian
                    Apakah dampak dari menipisnya lapisan ozon bagi kesehatan manusia?
                    -  Contoh tugas rumah   
Buatlah artikel tentang masalah lingkungan hidup yang disebabkan oleh ulah manusia dan akibat yang ditimbulkannya bagi kesehatan manusia.

                                                                                                ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                            Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                       ..............................
NIP.                                                                                        NIP.

No comments: