14 April 2011

Ekonomi SMA XI RPP10


EKONOMI XI RPP 10

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XI (sebelas) / 1

Standar Kompetensi : 3. Mengenal pasar modal

Kompetensi Dasar     : 3.2 Mendeskripsikan mekanisme kerja bursa efek

Indikator                    : 1. Mendeskripsikan mekanisme transaksi Bursa Efek Jakarta.
                                      2. Menjelaskan pengertian sekuritas serta membedakan saham
    dan obligasi.
3. Menjelaskan proses investasi pada sekuritas.

Alokasi Waktu           : 6 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan mekanisme transaksi Bursa Efek Jakarta.
b)      Siswa dapat menjelaskan pengertian sekuritas serta membedakan saham dan obligasi.
c)      Siswa dapat menjelaskan proses investasi pada sekuritas.

B. Materi Pokok
            Mekanisme kerja bursa efek

C. Uraian Materi
a)      Pasar Modal di Indonesia
b)      Investasi pada sekuritas

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok
F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengajak siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan transaksi di bursa efek. Kemudian guru memberi pengarahan agar siswa mencatat hal-hal yang berkaitan dengan kompetensi dasar.
b. Motivasi
            Pemahaman mengenai mekanisme kerja bursa efek sangat penting karena siswa dapat memperoleh gambaran tentang prosedur apa saja yang harus dilakukan jika terlibat dalam transaksi di bursa efek.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mensimulasi mekanisme transaksi Bursa Efek Jakarta.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan proses investasi pada sekuritas.
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks, OHP dan spidol

Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: