14 April 2011

Ekonomi SMA XII RPP12



EKONOMI XII RPP 12

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 2

Standar Kompetensi : 4. Memahami pengelolaan koperasi dan kewirausahaan

Kompetensi Dasar     : 4.1 Mendeskripsikan cara pengembangan koperasi dan koperasi
                                            sekolah

Indikator                    :
1.      Menjelaskan koperasi sebagai badan usaha yang paling cocok di Indonesia.
2.      Menjelaskan proses pendirian dan operasionalisai koperasi sekolah.
3.      Menganalisis perbedaan koperasi dengan badan usaha yang lain.

Alokasi Waktu           : 8 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat menjelaskan koperasi sebagai badan usaha yang paling cocok di Indonesia.
b)      Siswa dapat menjelaskan proses pendirian dan operasionalisasi koperasi sekolah.
c)      Siswa dapat menganalisis perbedaan koperasi dengan badan usaha yang lain.

B. Materi Pokok
            Koperasi dan koperasi sekolah

C. Uraian Materi
a)      Pengertian serta landasan, asas, tujuan, fungsi, peran, dan prinsip koperasi
b)      Organisasi dan pengelolaan koperasi
c)      Kehidupan dan usaha pengembangan koperasi
d)     Koperasi sekolah

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan



F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang badan usaha. Kemudian guru mengaitkan materi tersebut dengan materi yang baru, yakni koperasi sebagai badan usaha yang paling cocok di Indonesia.
b. Motivasi
            Siswa dapat memahami  tentang arti penting koperasi pada umumnya dan arti penting koperasi sekolah pada khususnya. Kemudian diharapkan dengan pemahaman tersebut, siswa termotivasi untuk aktif dalam kegiatan koperasi sekolah.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menjelaskan koperasi sebagai badan usaha yang paling cocok di Indonesia.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menjelaskan proses pendirian dan operasionalisasi koperasi sekolah.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk menganalisis perbedaan koperasi dengan badan usaha yang lain.
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi Esis

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …


…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: