14 April 2011

Kimia SMA X RPP 8



KIMIA X RPP 8

                                    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMA
Kelas                                       : X (sepuluh)  
Mata Pelajaran          : KIMIA


Standar Kompetensi
4.    Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar fungsi gugus dan senyawa makromolekul.

Kompetensi Dasar
4.2  Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa.

Indikator
1.        Mengelompokkan senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan.
2.        Memberi nama senyawa alkana, alkena, dan alkuna.
3.        Menyimpulkan hubungan titik didih senyawa hidrokarbon dengan massa molekul relatif dan strukturnya.
4.        Menuliskan reaksi sederhana pada senyawa alkana, alkena, dan alkuna.
5.        Menentukan isomer struktur (kerangka, posisi, dan fungsi) atau isomer geometris (cis dan trans).

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.        Menjelaskan pengertian senyawa hidrokarbon.
2.        Menyebutkan jenis hidrokarbon berdasarkan bentuk rantai karbonnya.
3.        Membedakan hidrokarbon jenuh dan hidrokarbon tak jenuh.
4.        Menjelaskan rumus struktur dan rumus molekul senyawa alkana.
5.        Menjelaskan tata nama alkana.
6.        Menjelaskan sifat fisis dan sifat kimia alkana.
7.        Menjelaskan beberapa reaksi pada senyawa karbon (reaksi substitusi, reaksi adisi, reaksi eliminasi, reaksi polimerisasi, dan reaksi oksidasi).
8.        Menjelaskan reaksi oksidasi, reaksi eliminasi, dan reaksi substitusi pada alkana.
9.        Menjelaskan rumus struktur dan rumus molekul senyawa alkena.
10.    Menjelaskan tata nama alkena.
11.    Menjelaskan sifat fisis dan sifat kimia alkena.
12.    Menjelaskan reaksi adisi dan reaksi polimerisasi adisi pada alkena.
13.    Menjelaskan rumus struktur dan rumus molekul senyawa alkuna.
14.    Menjelaskan tata nama alkuna.
15.    Menjelaskan sifat fisis dan sifat kimia alkuna.
16.    Menjelaskan reaksi adisi, reaksi polimerisasi adisi, reaksi substitusi, dan reaksi oksidasi pada alkuna.
17.    Menjelaskan pengertian keisomeran.
18.    Membedakan keisomeran struktur dan keisomeran ruang.
19.    Menjelaskan keisomeran yang terkait dengan hidrokarbon.
20.    Menjelaskan keisomeran pada alkana, alkena, dan alkuna.

B. Materi Pembelajaran
Senyawa Hidrokarbon

C. Metode Pembelajaran
1.    Model   :  -  Direct Instruction (DI)
                                -  Cooperative Learning
2.    Metode :  -  Diskusi kelompok
                                -  Ceramah
                                   -  Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
  Sebutkan jenis hidrokarbon berdasarkan bentuk rantai karbonnya.
   Bagaimana rumus struktur dan rumus molekul alkana?
l  Prasyarat pengetahuan:
  Apakah yang dimaksud dengan hidrokarbon?
  Apakah yang dimaksud dengan alkana?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian senyawa hidrokarbon.
l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan jenis hidrokarbon berdasarkan bentuk rantai karbonnya.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan hidrokarbon jenuh dan hidrokarbon tak jenuh.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian alkana.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai rumus struktur dan rumus molekul senyawa alkana.
l  Peserta didik memperhatikan tata nama alkana mengikuti aturan tata nama IUPAC yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan nama IUPAC dan rumus struktur dari alkana yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan nama IUPAC dan rumus struktur dari alkana untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai sifat fisis dan sifat kimia alkana.
l  Peserta didik memperhatikan beberapa reaksi pada senyawa karbon (reaksi substitusi, reaksi adisi, reaksi eliminasi, reaksi polimerisasi, dan reaksi oksidasi) yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai reaksi oksidasi, reaksi eliminasi, dan reaksi substitusi pada alkana.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.



PERTEMUAN KEDUA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
    Bagaimana rumus struktur dan rumus molekul alkena?
      Apakah sifat fisis alkena mirip dengan sifat fisis alkana?
l  Prasyarat pengetahuan:
      Apakah yang dimaksud dengan alkena?
      Bagaimana sifat fisis alkena?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian alkena.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai rumus struktur dan rumus molekul senyawa alkena.
l  Peserta didik memperhatikan tata nama alkena mengikuti aturan tata nama IUPAC yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan nama IUPAC dan rumus struktur dari alkena yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan nama IUPAC dan rumus struktur dari alkena untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan sifat fisis dan sifat kimia alkena.
l  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik memperhatikan reaksi adisi dan reaksi polimerisasi adisi pada alkena yang disampaikan oleh guru.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.



PERTEMUAN KETIGA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
     Bagaimana rumus struktur dan rumus molekul alkuna?
        Apakah semua senyawa organik memiliki keisomeran?
l  Prasyarat pengetahuan:
      Apakah yang dimaksud dengan alkuna?
      Apakah yang dimaksud dengan keisomeran?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian alkuna.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai rumus struktur dan rumus molekul senyawa alkuna.
l  Peserta didik memperhatikan tata nama alkuna mengikuti aturan tata nama IUPAC yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan nama IUPAC dan rumus struktur dari alkuna yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan nama IUPAC dan rumus struktur dari alkuna untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai sifat fisis dan sifat kimia alkuna.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan reaksi adisi, reaksi polimerisasi adisi, reaksi substitusi, dan reaksi oksidasi pada alkuna yang disampaikan oleh guru.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian keisomeran.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perbedaan keisomeran struktur dan keisomeran ruang.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan keisomeran yang terkait dengan hidrokarbon (keisomeran kerangka, posisi, dan geometri).
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik memperhatikan keisomeran pada alkana, alkena, dan alkuna yang disampaikan oleh guru.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
a. Buku Kimia SMA dan MA Jl.1 (Esis) halaman 281- 311
b. Buku referensi yang relevan
 c. Molymood
d. Lingkungan

F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
      Tes tertulis
      Penugasan

b. Bentuk Instrumen:
      Tes PG
      Tes isian
      Tes uraian
      Tugas rumah
c. Contoh Instrumen:
      Contoh tes PG
Di antara senyawa alkana berikut, yang mempunyai titik didih paling tinggi adalah ....
    a. etana                             d. heptana                                           
    b. butana                          e. pentana
    c.  heksana
      Contoh tes isian
Alkuna dengan rumus kimia C6H10 mempunyai isomer sebanyak ....
      Contoh tes uraian
Jelaskan dasar penggolongan hidrokarbon alifatik menjadi alkana, alkena, dan alkuna.
      Contoh tugas rumah
Pada reaksi alkena dan alkuna, ada istilah halogenasi, hidrogenasi, hidrohalogenasi, dan hidrasi. Jelaskan artinya masing-masing.


                                                                                                      ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                                                    Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                                           ..............................
NIP.                                                                                                                NIP.


No comments: