14 April 2011

Ekonomi SMA XII RPP10



RENCANA PELAKSANA EKONOMI XII RPP 10
AN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 2

Standar Kompetensi : 3. Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian
                                          nasional

Kompetensi Dasar     : 3.2 Menjelaskan fungsi manajemen dalam pengelolaan badan
                                            usaha

Indikator                    :
1.      Mendeskripsikan fungsi-fungsi manajemen.
2.      Menjelaskan teori-teori manajemen.
3.      Mengidentifikasi bidang-bidang manajemen.


Alokasi Waktu           : 3 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan fungsi-fungsi manajemen.
b)      Siswa dapat menjelaskan teori-teori manajemen.
c)      Siswa dapat mengidentifikasi bidang-bidang manajemen.

B. Materi Pokok
            Fungsi manajemen

C. Uraian Materi
a)      Fungsi-fungsi manajemen
b)      Teori-teori manajemen
c)      Bidang-bidang manajemen

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengajak siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan mengenai berbagai kegiatan di masing-masing bidang manajemen. Kemudian guru memberi pengarahan agar siswa mencatat hal-hal yang berkaitan dengan kompetensi dasar.
b. Motivasi
            Pemahaman mengenai fungsi manajemen dalam pengelolaan badan usaha  sangat penting karena siswa dapat memperoleh gambaran tentang apa yang harus dilakukan jika terlibat dalam pengelolaan suatu badan usaha kelak.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok (disesuaikan dengan jumlah siswa).
  b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan fungsi-fungsi manajemen.
  c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mencari informasi tentang teori-teori manajemen.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengidentifikasi bidang-bidang manajemen.
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi Esis

G. Sumber dan Alat
            Buku teks, OHP, dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: