14 April 2011

Kimia SMA X RPP 7



KIMIA X RPP 7

                                    RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMA
Kelas                                       : X (sepuluh)  
Mata Pelajaran          : KIMIA


Standar Kompetensi
4.    Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar fungsi gugus dan senyawa makromolekul.

Kompetensi Dasar
4.1  Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon.

Indikator
1.        Mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon melelui percobaan.
2.        Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon.
3.        Membedakan atom C primer, sekunder, tertier, dan kuarterner.

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.        Menjelaskan pengertian senyawa karbon.
2.        Menyebutkan contoh senyawa karbon dalam kehidupan sehari-hari.
3.        Menguji keberadaan unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon.
4.        Menjelaskan karakteristik atom karbon.
5.        Menjelaskan posisi atom C dalam rantai karbon.
6.        Menyebutkan jenis ikatan kovalen antara 2 atom C dalam rantai karbon.
7.        Membedakan ikatan tunggal dan ikatan rangkap.

B. Materi Pembelajaran
Unsur Karbon dalam Senyawa Karbon

C. Metode Pembelajaran
1.    Model   :  -  Direct Instruction (DI)
                                -  Cooperative Learning
2.    Metode :  -  Diskusi kelompok
                                -  Ceramah
                                   -  Eksperimen

D. Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
      Bagaimana menguji keberadaan unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon?
     Mengapa atom C dapat membentuk 4 ikatan kovalen yang kuat?
l  Prasyarat pengetahuan:
      Apakah yang dimaksud dengan senyawa karbon?
      Bagaimana karakteristik atom karbon?
l  Pra eksperimen:
      Berhati-hatilah menggunakan peralatan laboratorium.

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian senyawa karbon.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menyebutkan contoh senyawa karbon dalam kehidupan sehari-hari.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil tabung reaksi,
      tabung U, gelas beker, pemanas, gula pasir, tepung terigu, tembaga oksida (CuO), air es, larutan Ca(OH)2, dan kertas kobalt klorida (CoCl2).
l  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk menguji keberadaan unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon (Kegiatan 10.1 halaman 278).
l  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
l  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok diminta untuk membuat kesimpulan dari eksperimen yang telah dilakukan.
l  Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan karakteristik atom karbon.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai posisi atom C dalam rantai karbon (atom C primer, sekunder, tertier, dan kuarterner).
l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan jenis ikatan kovalen antara 2 atom C dalam rantai karbon.
l  Peserta didik memperhatikan perbedaan ikatan tunggal dan ikatan rangkap yang disampaikan oleh guru.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
a. Buku Kimia SMA dan MA Jl.1 (Esis) halaman 275-281
b. Buku referensi yang relevan
c. Alat dan bahan praktikum

F. Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
      Tes tertulis
      Tes unjuk kerja
b. Bentuk Instrumen:
      Tes PG
      Tes uraian
      Uji petik kerja produk
c. Contoh Instrumen:
      Contoh tes PG
Ikatan antara atom C dan H adalah .....
a. kovalen tunggal  b. kovalen rangkap dua  c. kovalen rangkap tiga  d. ionik  e. rangkap
      Contoh tes uraian
Apa yang dimaksud dengan atom C primer, sekunder, tertier, dan kuarterner.
                                                                                             ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                                                     Guru Mata Pelajaran


.........................                                                                                                              ..............................
NIP.                                                                                                                   NIP.

No comments: