14 April 2011

Ekonomi SMA XI RPP16,



EKONOMI XI RPP 16

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XI (sebelas) / 2

Standar Kompetensi : 5. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa 

Kompetensi Dasar     : 5.3 Mencatat transaksi berdasarkan mekanisme debit dan kredit

Indikator                    : 1. Menjelaskan ciri-ciri perusahaan jasa.
                                      2. Membedakan antara bukti transaksi keuangan internal dan
                                          eksternal

Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit


A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat menjelaskan ciri-cri perusahaan jasa.
b)      Siswa dapat membedakan antara bukti transaksi keuangan internal dan eksternal.

B. Materi Pokok
            Transaksi keuangan di perusahaan jasa

C. Uraian Materi
a)      Definisi dan ciri-ciri perusahaan jasa
b)      Transaksi keuangan

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang persamaan akuntansi. Kemudian guru mengembangkan pengetahuan siswa dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan perusahaan jasa serta memberi penjelasan tentang transaksi keuangan.
b. Motivasi
            Pemahaman mengenai perusahaan jasa dan transaksi keuangan akan mempermudah pemahaman materi selanjutnya.
           
2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mengidentifikasi ciri-ciri perusahaan jasa.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk membedakan antara bukti transaksi keuangan internal dan eksternal.
c. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
d. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol

Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: