10 April 2011

Biologi SMA XI RPP 10



BIOLOGI XI RPP 10

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas / Semester         : XI (Sepuluh)/ II
Pertemuan                  : 7, 8, dan 9
Alokasi Waktu            : 6 jam pelajaran
Standar Kompetensi  : 3.   Memahami hakekat Biologi sebagai ilmu Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia dan hewan tertentu , kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada Salingtemas
Kompetensi Dasar      :  3.5    Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan hewan (misalnya pada ikan dan serangga)
Tujuan                       :  Siswa dapat mendeskripsikan struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang terjadi pada sistem ekskresi 


I.       Indikator
·         Membedakan pengertian ekskresi, sekresi, dan defekasi
·         Menggambar struktur ginjal dan menjelaskan proses pembentukan urine
·         Mengidentifikasi penyakit/gangguan pada alat ekskresi manusia
·         Mendeskripsikan struktur dan fungsi hati sebagai alat ekskresi
·         Mendeskripsikan struktur dan fungsi paru-paru sebagai alat ekskresi
·         Mendeskripsikan struktur dan fungsi kulit sebagai alat ekskresi
·         Menyimpulkan pengaturan fungsi osmoregulasi dalam tubuh manusia
·         Mengidentifikasi alat ekskresi pada hewan
·         Mengidentifikasi alat ekskresi serangga berdasarkan hasil pengamatan

II.    Materi Ajar
·         Pengertian ekskresi, sekresi dan defekasi
·         Organ-organ ekskresi pada manusia dan fungsinya antara lain:
1.      Ginjal                           3.   Kulit
2.      Paru-paru                     4.   Hati
·         Proses pembentukan urine  
·         Kelainan dan penyakit yang terjadi pada sistem ekskresi manusia
·         Sistem ekskresi hewan

III. Metode Pembelajaran
·         Diskusi- Penugasan- Pengamatan

IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 7 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (20 menit)
·    Guru memberikan pertanyaan tentang pengertian ekskresi dan alat ekskresi pada manusia  kepada siswa untuk di cari jawabannya di dalam buku teks.
·    Siswa membaca buku teks, mencari jawaban, dan menuliskan jawabannya dalam buku catatan.
B.     Kegiatan inti (60 menit)
·         Siswa bersama siswa mendiskusikan pengertian sistem ekskresi dan membandingkan dengan sistem pengeluaran yang lain, misalnya sekresi dan defekasi.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan alat-alat ekskresi yang terdapat dalam tubuh manusia dan fungsinya.
·         Guru meminta siswa mendeskripsikan sifat urine yang biasa dikeluarkan oleh siswa.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan struktur ginjal dan proses pembentukan urine yang terjadi di dalamya.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan urine.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·    Guru meminta siswa mengidentikasi berbagai penyakit yang terjadi pada ginjal.
·    Guru menugaskan siswa untuk mengumpulkan informasi tentang cuci darah dengan menggunakan Kegiatan 8.1 dan mengumpulkannya pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 8 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru mengecek dan mengumpulkan Tugas 8.1 dari siswa.
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian, fungsi, dan proses cuci darah berdasarkan informasi yang sudah dikumpulkan.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi paru-paru sebagai alat ekskresi.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi hati sebagai alat ekskresi.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan struktur dan fungsi kulit sebagai alat ekskresi.
·         Guru menjelaskan pengaturan fungsi osmoregulasi pada tubuh manusia.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru mengecek pemahaman siswa tentang sistem ekskresi manusia dengan memberikan pertanyaan umpan balik secara lisan kepada siswa.
·         Guru membentuk kelompok dan menugaskan setiap kelompok membawa belalang dan mempelajari Kegiatan 8.3.

Pertemuan 9 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Siswa menyiapkan alat dan bahan sesuai dengan Kegiatan 8.3.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa melakukan pembedahan belalang.
·         Siswa mengamati dan menggambar pembuluh malpighi pada belalang.
·         Siswa menyusun laporan hasil pengamatan.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil praktikum.
·         Guru mengecek pemahaman tentang alat ekskresi pada serangga dan hewan pada umumnya dengan memberikan pertanyaan umpan balik.

V.     Alat/Bahan/Sumber
·         Buku Kerja Biologi 2B, Ign. Khristiyono, Esis
·         Buku Biologi SMA Jilid II, Dyah Aryulina , Esis, Bab VIII
·         Berbagai informasi tentang cuci darah dari berbagai sumber
·         Belalang
·         Alat bedah

VI.  Penilaian
·         Makalah tentang cuci darah
·         Laporan hasil pengamatan alat ekskresi serangga
·         Uji kompetensi tertulis

No comments: