10 April 2011

Ekonomi SMA X RPP23




EKONOMI X RPP 23

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 2

Standar Kompetensi : 7. Memahami uang dan perbankan

Kompetensi Dasar     : 7.2 Membedakan peran bank umum dan bank sentral

Indikator                    : 1. Mendeskripsikan pengertian bank
  2. Menguraikan fungsi bank sentral
  3. Menguraikan fungsi bank umum
  4. Menguraikan fungsi bank syariah
  5. Menguraikan fungsi bank perkreditan rakyat
  6. Mengidentifikasi peran bank umum dan bank sentral
  7. Mengidentifikasi produk-produk perbankan
  8. Menyebutkan jenis dan fungsi lembaga keuangan
  9. Menguraikan 5C
10. Mendeskripsikan kebaikan dan keburukan kredit bagi nasabah

Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan pengertian bank
b)      Siswa dapat menguraikan fungsi bank sentral
c)      Siswa dapat menguraikan fungsi bank umum
d)     Siswa dapat menguraikan fungsi bank syariah
e)      Siswa dapat menguraikan fungsi bank perkreditan rakyat
f)       Siswa dapat mengidentifikasi peran bank umum dan bank sentral
g)      Siswa dapat mengidentifikasi produk-produk perbankan
h)      Siswa dapat menyebutkan jenis dan fungsi lembaga keuangan
i)        Siswa dapat menguraikan 5C
j)        Siswa dapat mendeskripsikan kebaikan dan keburukan kredit bagi nasabah

B. Materi Pokok
            Bank dan lembaga keuangan bukan bank

C. Uraian Materi
a)      Pengertian bank
b)      Fungsi bank
c)      Peran bank umum dan bank sentral
d)     Produk-produk perbankan
e)      5C
f)       kebaikan dan keburukan kredit

D. Pendekatan
            Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
            Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan indikator pencapaian kompetensi dasar. Kemudian guru mempersilahkan siswa untuk melihat tayangan yang berhubungan dengan kegiatan bank.
b. Motivasi
            Bank sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari dan memiliki fungsi yang sangat penting dalam kegiatan ekonomi.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi enam kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian dan fungsi bank
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan perbedaan peran bank umum dan bank sentral.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengidentifikasi produk-produk perbankan.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mendeskripsikan jenis dan fungsi lembaga keuangan.
f. Kelompok kelima diberi tugas untuk menguraikan 5C.
g. Kelompok keenam diberi tugas untuk mendeskripsikan kebaikan dan keburukan kredit bagi nasabah.
h. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
i. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks, OHP dan spidol

Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: