10 April 2011

Biologi SMA XII RPP 11



BIOLOGI XII RPP 11

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan                  : 25 dan 26
Alokasi Waktu            : 4 × 45 Menit
Standar Kompetensi  : 3.   Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar      : 3.4    Menjelaskan peristiwa mutasi dan implikasinya dalam Salingtemas
Tujuan                           :              Siswa mampu menjelaskan perisitwa mutasi

 ======================================================================                                             

I.       Indikator
·        Mendeskripsikan pengertian mutasi
·        Mendeskripsikan berbagai model mutasi gen
·        Mendeskripsikan berbagai model mutasi kromosom
·        Mengubungkan mutasi dan evolusi

II.  Materi Ajar
·        Pengertian mutasi
·        Macam-macam mutasi:
1.   Mutasi gen
2.   Mutasi kromosom

III. Metode Pembelajaran
   Diskusi- Penugasan-Simulasi model

IV. Langkah-Langkah pembelajaran

   Pertemuan 25 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru mengingatkan kembali adanya sifat yang dapat diwariskan (gen) dan mekanisme pengaturannya.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan hal yang akan terjadi seandainya susunan gen mengalami perubahan.

B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru meminta siswa menunjukkan beberapa gejala mutasi baik alami maupun buatan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari.
·         Siswa mendefinisikan pengertian mutasi berdasarkan gejala-gejala yang dapat ditemukan.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan mekanisme terjadinya mutasi.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan macam-macam mutasi berdasarkan tempat terjadinya.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan mutasi tingkat gen dan tingkat kromosom.
·         Dengan menggunakan gambar atau model siswa bersama mendiskusikan berbagai kemungkinan yang akan terjadi pada mutasi gen.
·         Siswa untuk membuat model mutasi pergesaran kerangka dengan menggunakan Kegiatan 6.1 dalam kelompok.
·         Siswa mendiskusikan pertanyaan pada Kegiatan 6.1.
·         Siswa membuat laporan Kegiatan 6.1.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan pengertian mutasi, macam-macam mutasi, dan berbagai kemungkinan yang terjadi pada mutasi gen.

   Pertemuan 26 (2 × 45 menit)

A.  Kegiatan awal (5 menit)
·         Guru menanyakan kembali tentang berbagai macam mutasi dilihat dari tingkat terjadinya mutasi.
·         Guru menanyakan kembali pengertian mutasi kromosom.

B.   Kegiatan inti (75 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan kemungkinan yang terjadi pada mutasi kromosom.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan berbagai kelainan yang terjadi pada manusia yang mengalami mutasi kromosom.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan peranan mutasi bagi pembentukan spesies baru dan evolusi.

C.   Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan berbagai macam mutasi kromosom dan dampaknya.
·         Siswa bersama guru menyimpulkan peranan mutasi bagi proses evolusi.
·         Guru menugaskan siswa untuk menyusun ketas kerja dengan Kegiatan 6.3  atau diskusi Salingtemas.

V.  Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis   
·         Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis

VI. Penilaian
·    Ujian kompetensi tertulis
·    Tugas kertas kerja


No comments: