10 April 2011

Ekonomi SMA X RPP5



EKONOMI X RPP 5

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 1

Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya  dengan                                                     kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.

Kompetensi Dasar     : 1.5 Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi.

Indikator                    : 1. Mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi.
2. Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi tradisional.
3. Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi pasar.
4. Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi komando.
5. Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi campuran.

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi.
b)      Siswa dapat mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi tradisional.
c)      Siswa dapat mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi pasar.
d)     Siswa dapat mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi komando.
e)      Siswa dapat mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi campuran.
B. Materi Pokok
            Sistem ekonomi

C. Uraian Materi
a)      Pengertian sistem skonomi
b)      Sistem ekonomi tradisional
c)      Sistem ekonomi pasar
d)     Sistem ekonomi komando
e)      Sistem ekonomi campuran

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan
F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberi penjelasan tentang pentingnya sistem ekonomi, macam-macam sistem ekonomi, dan cara memecahkan masalah ekonomi melalui sistem ekonomi yang dianut.
b. Motivasi
            Sistem ekonomi berpengaruh pada kegiatan produksi, konsumsi dan distribusi.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang sistem ekonomi tradisional.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang sistem ekonomi pasar.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang sistem ekonomi komando.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang sistem ekonomi campuran.
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol




Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: