10 April 2011

Ekonomi SMA X RPP19



EKONOMI X RPP 19

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 2

Standar Kompetensi : 5. Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan Pendapatan Nasional (PN).

Kompetensi Dasar     : 5.4 Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi.

Indikator                    : 1. Mendeskripsikan pengertian indeks harga dan indeks harga konsumen
                                      2. Menghubungkan indeks harga dengan inflasi
                                      3. Mendeskripsikan pengertian dan jenis-jenis inflasi
                                      4. Mengidentifikasi penyebab, dampak, dan cara-cara mengatasi inflasi
                                      5. Menghitung angka inflasi

Alokasi Waktu           : 3 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan pengertian indeks harga dan indeks harga konsumen
b)      Siswa dapat menghubungkan indeks harga dengan inflasi
c)      Siswa dapat mendeskripsikan pengertian dan jenis-jenis inflasi
d)     Siswa dapat mengidentifikasi penyebab, dampak, dan cara-cara mengatasi inflasi
e)      Siswa dapat menghitung angka inflasi

B. Materi Pokok
            Indeks harga dan inflasi

C. Uraian Materi
a)      Pengertian indeks harga dan indeks harga konsumen
b)      Hubungan indeks harga dengan inflasi
c)      Pengertian dan jenis-jenis inflasi
d)     Penyebab, dampak, dan cara-cara mengatasi inflasi
e)      Perhitungan angka inflasi

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
            Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan indikator pencapaian kompetensi dasar. Kemudian siswa dipersilahkan melihat tayangan yang berhubungan dengan inflasi.           
b. Motivasi
            Indeks harga dan inflasi adalah salah satu indikator perekonomian suatu negara yang senantiasa menjadi perhatian seluruh masyarakat.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian indeks harga, indeks harga konsumen, dan inflasi.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menghubungkan indeks harga dengan inflasi.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mendeskripsikan jenis-jenis inflasi dan mengidentifikasi penyebab, dampak, dan cara-cara mengatasi inflasi.
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk menghitung angka inflasi.
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi Esis.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks, OHP dan spidol

Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

No comments: