10 April 2011

Biologi SMA XII RPP10



BIOLOGI XII RPP 10

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : XII (Duabelas)/ 1
Pertemuan                  : 21, 22, 23, dan 24
Alokasi Waktu            : 8 × 45 menit
Standar Kompetensi   : 3.   Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada saling temas
Kompetensi Dasar      : 3.4    Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat
Tujuan                        : Siswa memahami prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat

 ======================================================================                                             

I.       Indikator
·        Menerapkan pola umum hereditas menurut Mendel
·        Menguji hukum mendel dan model perkawinan monohibrid dan dihibrid
·        Menerapkan beberapa pola penurunan sifat
·        Menerapkan pola-pola hereditas pada manusia

I.       Materi Ajar
·         Hukum Mendel
·         Pola-pola hereditas
·         Genetika manusia

II.    Metode Pembelajaran
Eksperimen-Diskusi

III. Langkah-langkah pembelajaran

Pertemuan 21 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali pengertian gen kepada siswa.
·         Guru menjelaskan latar belakang penelitian Mendel dengan menggunakan kacang kapri.

B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip hukum Mendel I (hukum segregasi).
·         Siswa menerapkan prinsip hukum Mendel I dalam pembentukan gamet.
·         Siswa menerapkan prinsip hukum Mendel I dengan beberapa kasus perkawinan monohibrid pada pada kacang kapri
·         Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip hukum Mendel II ( Law of Independent Assortment).
·         Siswa menerapkan Hukum Mendel II dalam pembentukan gamet.
·         Siswa menerapkan prinsip hukum Mendel II pada beberapa beberapa kasus perkawinan dihibrid pada kacang kapri.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan prinsip Testcross, Backcross, dan persilangan resiprok.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa bersama guru menyimpulkan hukum Mendel dan implementasinya pada pewarisan sifat.

Pertemuan 22 (2 × 45 menit)

A.    Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali prinsip hukum Mendel.
·         Guru meminta guru menguji kebenaran hukum Mendel dengan model persilangan menggunakan kancing genetika dengan Kegiatan 5.1.

B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa menyiapkan Kegiatan 5.1 dengan mengambil seperangkat kancing genetika.
·         Siswa melakukan pengujian hukum Mendel I dengan model  perkawinan monohibrid dengan menggunakan Kegiatan 5.1.
·         Siswa melanjutkan dengan dengan menguji hukum Mendel II dengan model perkawinan dihibrid dengan menggunakan petunjuk yang diberikan guru.
·         Siswa mencatat hasil penghitungan dan membulatkan perbandingan.
·         Siswa menyimpulkan hasil penghitungan dengan hasil teoritik menurut hukum Mendel.
·         Siswa menyusun laporan hasil kegiatan.

C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru mengumpulkan hasil kegiatan setiap kelompok, kemudian menghitung hasil kelas.
·         Siswa menyimpulkan perbandingan antara hasil kelompok dan hasil kelas.
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil kegiatan.

Pertemuan 23 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·        Guru menanyakan kemungkinan perbandingan fenotip keturunan pada perkawinan monohibrid heterozigot (F2).
·        Guru menanyakan kemungkinan perbendingan fenotip keturunan pada perkawinan dihibrid heterozigot (F2).
·        Guru menjelaskan ada pewarisan sifat yang seolah-olah menyimpang dari hukum Mendel.

B.     Kegiatan inti (75 menit)
·         Guru memberikan contoh karakter yang bersifat intermediet (dominansi tidak sempurna) lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbendingan  yang dihasilkan.
·         Guru memberikan contoh karakter yang bersifat kodominan, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab terjadinya perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·         Guru memberikan contoh karakter yang bersifat alel ganda, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·         Guru memberikan contoh karakter yang bersifat alel letal, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·         Guru memberikan contoh karakter yang bersifat atavisme, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·         Guru memberikan contoh karakter yang bersifat polimeri, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan
·         Guru memberikan contoh karakter yang bersifat kriptomeri, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·         Guru memberikan contoh karakter yang bersifat epistasis dan hipotasis, lalu siswa menghitung perbandingan fenotif pada F2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·         Guru memberikan contoh karakter yang bersifat komplementer, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·         Guru memberikan contoh terjadinya tautan dan pindah silang, lalu siswa menghitung perbandingan fenotip keturunannya.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.
·         Guru memberikan contoh gen yang tertaut kelamin (Sex linked genes), lalu siswa menghitung perbandingan fenotip pada F2.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan perbedaan perbandingan yang diperoleh dengan perbandingan menurut hukum Mendel dan menyimpulkan penyebab perbedaan perbandingan yang dihasilkan.

C.     Kegiatan akhir (5 menit)
·         Siswa bersama menyimpulkan hubungan hukum Mendel dengan berbagai pola penurunan sifat.

Pertemuan 24 (2 × 45 menit)

A.     Kegiatan awal (15 menit)
·         Guru menanyakan kepada siswa apakah prinsip-prinsip hukum Mendel dapat diterapkan dengan mudah pada manusia.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan kesulitan mempelajari genetika pada manusia.
·         Siswa bersama guru mendiskuikan penggunaan peta silsilah untuk mempelajari genetika manusia.

B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru menjelaskan prinsip pewarisan sifat golongan sistem ABO, MN, dan Rh.
·         Guru memberikan beberapa contoh permasalahan golongan darah pada manusia dan siswa memecahkan permasalahan tersebut.
·         Guru menjelaskan beberapa kelainan genetis pada manusia.
·         Guru memberikan beberapa persoalan gangguan/penyakit genetis pada manusia dan siswa memecahkan persoalan tersebut.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan upaya perbaikan keturunan pada tumbuhan dan hewan.
·         Siswa bersama guru mendiskusikan upaya perbaikan keturunan pada manusia.

C.   Kegiatan akhir (5 menit)
·         Bersama siswa menyimpulkan prinsip penerapan genetika pada manusia.
·         Guru menugaskan siswa untuk mengerjakan Kegiatan 5.3 dan 5.4. Hasil pengkajian disusun dalam kertas kerja yang dijilid dan dikumpulkan.

IV.  Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku  Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis   
·         Buku kerja siswa IIIB, Ign. Khristiyono, Esis

V.     Penilaian
·    Laporan hasil kegiatan
·    Uji kompetensi tertulis

No comments: