09 April 2011

Biologi SMA X RPP 10



BIOLOGI X RPP10

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan                  : 5 dan 6
Alokasi Waktu            :  3 jam pelajaran
Standar Kompetensi   : 3.   Memahami  manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar      : 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri divisio dalam Dunia     
                                                Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan                        : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup dan peranan tumbuhan paku bagi manusia



I.                   Indikator
·         Mendeskripsikan ciri umum tumbuhan paku (Pteridophyta)
·         Mengklasifikasikan tumbuhan paku (Pteridophyta)
·         Menggambar struktur tubuh tumbuhan paku berdasarkan pengamatan
·         Menggambar siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
·         Mengumpulkan informasi tentang peranan paku (Pteridophyta)  bagi manusia

II.                Materi Ajar
·         Ciri-ciri tumbuhan paku (Pteridophyta)
·         Klasifikasi tumbuhan paku  (Pteridophyta)
·         Struktur tubuh tumbuhan paku  (Pteridophyta)
·         Siklus hidup tumbuhan paku (Pteridophyta)
·         Peranan tumbuhan paku (Pteridophyta) bagi manusia

III.             Metode Pembelajaran
·         Pengamatan – Diskusi

IV.              Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 5 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru membagi siswa menjadi enam  kelompok.
·         Guru memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak terdapat paku (atau guru bersama siswa menyiapkan berbagai contoh paku).
·         Guru meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan dengan dengan menggunakan Kegiatan 8.2.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa mengamati  tumbuhan paku secara berkelompok.   
·         Siswa menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan paku.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan mengumpulkan buku kerja.
·         Guru  meyimpulkan ciri-ciri tumbuhan paku berdasarkan hasil pengamatan.


Pertemuan 6 (1 jam pelajaran)

A. Kegiatan awal
·         Guru menanyakan kembali ciri-ciri tumbuhan paku.
B.   Kegiatan Inti
·         Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan paku.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan peranan tumbuhan paku bagi manusia.
C.   Kegiatan Akhir
·         Guru bersama siswa mengambil kesimpulan hasil diskusi.

V.                 Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku Kerja Biologi IB, Esis
·         Buku Biologi SMA kelas X, Esis, Bab VIII
·         Spesimen tumbuhan paku  
·         Loupe

VI.              Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan
·         Uji kompetensi tertulis

No comments: