09 April 2011

Fisika SMA XI RPP9



FISIKA XI RPP 9

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah             : SMA
Kelas / Semester           : XI (Sebelas) / Semester II
Mata Pelajaran            : FISIKA

Standar Kompetensi
 2.   Menerapkan konsep dan prinsip mekanika klasik sistem kontinu dalam menyelesaikan masalah.

Kompetensi Dasar
    2.2  Menganalisis hukum-hukum yang berhubungan dengan fluida statik dan dinamik serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator
l  Menganalisis hukum dasar fluida statik.
l  Mengaplikasikan hukum dasar fluida statik pada masalah fisika sehari-hari.
l  Menganalisis hukum dasar fluida dinamik.
l  Mengaplikasikan hukum dasar fluida dinamik pada masalah fisika sehari-hari.

A. Tujuan Pembelajaran
            Peserta didik dapat:
l  Menjelaskan pengertian massa jenis.
l  Mengukur massa jenis fluida.
l  Menjelaskan perubahan massa jenis fluida akibat pencampuran fluida dan pengaruh suhu.
l  Menghitung massa jenis suatu zat dan massa jenis campuran fluida.
l  Menjelaskan pengertian tekanan hidrostatik.
l  Menjelaskan faktor yang mempengaruhi besarnya tekanan hidrostatik.
l  Menyebutkan sifat tekanan hidrostatik.
l  Menunjukkan pengaruh tekanan atmosfer terhadap tekanan hidrostatik.
l  Menjelaskan tekanan hidrostatik yang terjadi pada pipa-U.
l  Menunjukkan aplikasi dari pengetahuan tentang tekanan hidrostatik pada kehidupan sehari-hari.
l  Menjelaskan tekanan gas dalam ruang tertutup.
l  Menghitung tekanan gas dalam ruang tertutup.
l  Menjelaskan faktor yang mempengaruhi besarnya gaya angkat Archimedes.
l  Membuktikan berlakunya hukum Archimedes.
l  Membedakan konsep tenggelam, melayang, dan terapung.
l  Menunjukkan aplikasi dari hukum Archimedes pada kehidupan sehari-hari.
l  Menyebutkan bunyi hukum Pascal.
l  Menunjukkan aplikasi dari hukum Pascal dalam teknologi.
l  Menjelaskan tegangan permukaan pada suatu fluida.
l  Membedakan konsep adhesi dan kohesi.
l  Membedakan syarat terjadinya fluida dengan permukaan cekung dan cembung.
l  Menjelaskan pengertian laju aliran fluida.
l  Menjelaskan pengertian debit aliran fluida.
l  Menghitung laju dan debit aliran fluida.
l  Menjelaskan persamaan kontinuitas.
l  Menjelaskan pengertian kompresibilitas.
l  Membedakan aliran laminer dan aliran turbalen.
l  Menjelaskan hukum Bernoulli yang didasarkan pada hukum kekekalan energi mekanik dalam fluida.
l  Menerapkan dan memanfaatkan hukum Bernoulli untuk mengukur laju aliran fluida.
l  Menjelaskan aplikasi hukum Bernoulli dalam kehuidupan sehari-hari.
l  Menjelaskan pengertian viskositas.
l  Menyebutkan faktor yang mempengaruhi viskositas.
l  Menjelaskan manfaat persamaan Poiseulle dan hukum Stokes.
l  Menjelaskan pengertian bilangan Reynolds.
l  Menunjukkan fenomena gesekan udara pada benda yang bergerak.

B. Materi Pembelajaran
            Statika Fluida dan Dinamika Fluida

C. Metode Pembelajaran
   1.  Model      :   -  Direct Instruction (DI)
                                        -  Cooperative Learning
               2.  Metode    :  -  Diskusi kelompok
                                        -  Observasi
                                        -  Eksperimen
                                        -  Ceramah

D. Langkah-langkah Kegiatan

PERTEMUAN PERTAMA

         a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-      Faktor apakah yang mempengaruhi massa jenis suatu zat?
-      Mengapa para penyelam yang menyelam di laut cukup dalam melengkapi
diri mereka dengan alat penutup telinga?
l  Prasyarat pengetahuan:
-      Apakah yang dimaksud dengan massa jenis?
-      Apakah yang dimaksud dengan tekanan hidrostatik?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian massa jenis.
l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan faktor yang mempengaruhi massa jenis suatu zat.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengukur massa jenis fluida.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan massa jenis suatu zat yang disampaikan oleh guru.
-         Peserta didik memperhatikan perubahan massa jenis fluida akibat pencampuran fluida dan pengaruh suhu yang disampaikan oleh guru.
-         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan massa jenis campuran fluida yang disampaikan oleh guru.
-         Guru memberikan beberapa soal menentukan massa jenis suatu zat dan massa jenis campuran fluida untuk dikerjakan oleh peserta didik.
-         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
-         Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian tekanan hidrostatik.
-         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai faktor yang mempengaruhi tekanan hidrostatik.
-         Perwakilan peserta didik dalam setiap kelompok diminta untuk menyebutkan sifat tekanan hidrostatik.
-         Peserta didik memperhatikan pengaruh tekanan atmosfer terhadap tekanan hidrostatik yang disampaikan oleh guru.
-         Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai tekanan hidrostatik yang terjadi pada pipa-U.
-         Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan tekanan hidrostatik  yang disampaikan oleh guru.
-         Guru memberikan beberapa soal menentukan tekanan hidrostatik untuk dikerjakan oleh peserta didik.
-         Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

         c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEDUA

         a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
l Berapa kedalaman maksimum air sumur yang dapat disedot oleh mesin pompa air listrik?
l Bagaimana membuktikan berlakunya hukum Archimedes?
l  Prasyarat pengetahuan:
l  Bagaimana aplikasi konsep tekanan hidrostatik dalam kehidupan
sehari-hari?
l  Faktor apakah yang mempengaruhi gaya angkat Archimedes?
l  Pra eksperimen:
-      Berhati-hatilah dalam melakukan praktikum.

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan aplikasi konsep tekanan hidrostatik dalam kehidupan sehari-hari.
-         Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.

l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai tekanan gas dalam ruang tertutup.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan tekanan gas dalam ruang tertutup yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan tekanan gas dalam ruang tertutup untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan gaya angkat Archimedes.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai faktor yang mempengaruhi besarnya gaya angkat Archimedes.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk mengambil benda A bermassa 100 g, benda B bermassa 500 g, neraca pegas, gelas berpancuran berisi air, gelas ukur, dan minyak tanah.
l  Guru mempresentasikan langkah kerja untuk melakukan eksperimen membuktikan berlakunya hukum Archimedes (Kegiatan 12.1 h.73).
l  Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
l  Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik menjawab beberapa pertanyaan berdasarkan hasil eksperimen dalam lembar kerja yang telah disiapkan oleh guru.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

         c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KETIGA

         a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-      Mengapa kapal laut yang terbuat dari baja dapat mengapung di atas laut?
-      Mengapa hanya dengan putaran yang ringan sebuah dongkrak dapat mengangkat mobil yang bobotnya sangat besar?
l  Prasyarat pengetahuan:
-      Bagaimana aplikasi konsep hukum Archimedes dalam kehidupan
sehari-hari?
-      Bagaimana aplikasi konsep hukum Pascal dalam teknologi?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perbedaan konsep tenggelam, melayang, dan terapung.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal aplikasi konsep tenggelam, melayang, dan terapung yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal aplikasi konsep tenggelam, melayang, dan terapung untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan aplikasi hukum Archimedes dalam kehidupan sehari-hari.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum Pascal.
l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan bunyi hukum Pascal.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai aplikasi konsep hukum Pascal dalam teknologi.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal aplikasi hukum Pascal yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal aplikasi hukum Pascal untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan tegangan permukaan pada suatu fluida.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai perbedaan konsep adhesi dan kohesi.
l  Peserta didik memperhatikan syarat terjadinya fluida dengan permukaan cekung dan cembung yang disampaikan oleh guru.

          c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEEMPAT

         a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-      Bagaimana mekanisme kerja alat SPBU?
-      Mengapa air yang keluar dari kran makin ke bawah laju air makin besar?
l  Prasyarat pengetahuan:
1.    Apakah yang dimaksud dengan debit aliran?
2.    Bagaimana bentuk persamaan kontinuitas?
b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian laju aliran fluida.
l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menjelaskan pengertian debit aliran.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mendapatkan persamaan debit aliran.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan laju dan debit aliran yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan laju dan debit aliran untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan persamaan kontinuitas.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal aplikasi persamaan kontinuitas yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal aplikasi persamaan kontinuitas untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian kompresibilitas.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perbedaan aliran laminer dan aliran turbalen.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

          c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KELIMA

         a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-      Mengapa pesawat bisa naik dan bisa turun meskipun mesin pesawat hanya
menghasilkan daya dorong ke arah depan?
-      Mengapa perahu layar yang memiliki dua buah layar dapat bergerak ke
arah yang berlawanan dengan arah angin?
l  Prasyarat pengetahuan:
-      Sebutkan bunyi hukum Bernoulli.
-      Bagaimana aplikasi konsep hukum Bernoulli dalam kehidupan sehari-hari?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan hukum Bernoulli.
l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan bunyi hukum Bernoulli.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mendapatkan persamaan hukum Bernoulli.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan penerapan hukum Bernoulli dalam kehidupan sehari-hari.
l  Guru membagi tugas kelompok:
l  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan penerapan hukum Bernoulli pada venturimeter.
l  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan penerapan hukum Bernoulli pada tabung pitot.
l  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan penerapan hukum Bernoulli pada gaya angkat pada pesawat terbang.
l  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan penerapan hukum Bernoulli pada penyemprot parfum.
l  2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan penerapan hukum Bernoulli pada perahu layar.
1.      Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
2.      Setiap kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.
3.      Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
4.      Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.


PERTEMUAN KEENAM

         a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
-      Faktor apakah yang mempengaruhi besarnya viskositas ?
-      Apakah fungsi parasut yang digunakan penerjun payung?
l  Prasyarat pengetahuan:
-      Apakah yang dimaksud dengan viskositas?
-      Faktor apakah yang mempengaruhi besarnya gesekan udara pada benda yang bergerak?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian viskositas.
l  Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan faktor yang mempengaruhi viskositas.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai manfaat persamaan Poiseuille dan hukum Stokes.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal aplikasi persamaan Poiseuille yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal aplikasi persamaan Poiseuille untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian bilangan Reynolds.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan bilangan Reynolds yang disampaikan oleh guru.
l  Guru memberikan beberapa soal menentukan bilangan Reynolds untuk dikerjakan oleh peserta didik.
l  Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan gesekan udara.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan fenomena gesekan udara pada benda yang bergerak.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

          c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
  a. Buku Fisika SMA dan MA Jl. 2B (Esis) halaman 60-128
  b. Buku referensi yang relevan
  c. Lembar kerja
  d. Alat dan bahan praktikum

F. Penilaian Hasil Belajar
        a. Teknik Penilaian:
l  Tes tertulis          
l  Tes unjuk kerja
        b. Bentuk Instrumen:
l  Tes PG
l  Tes uraian
l  Tes isian
l  Uji petik kerja produk

        c. Contoh Instrumen:
1.    Contoh tes PG
Peristiwa berikut terjadi karena adanya gaya angkat oleh fluida, kecuali ....
A. posisi pesawat makin lama makin tinggi
B. kapal selam bisa naik atau turun dalam air
C. balon udara dapat naik ke atas
D. kapal laut bisa terapung
E. orang dapat mengambang di laut Mati
1.    Contoh tes isian
Air terjun setinggi 10 meter dengan debit 50 m3s-1 dimanfaatkan untuk memutar turbin yang menggerakkan generator listrik. Jika 25% energi air dapat berubah menjadi energi listrik dan g = 10 m/s2, maka daya keluaran generator adalah ....  
2.    Contoh tes uraian
Berapakah gaya angkat yang disebabkan oleh prinsip Bernoulli pada sebuah sayap seluas 80 m2 bila laju udara pada sisi atas sayap adalah 340 m/s dan di bawah sayap 290 m/s?


                                  ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                                       Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                   ..............................
NIP.                                                                                                    NIP.

No comments: