FISIKA XII SILABUS 1
Silabus
Sekolah                        : SMA ..............................
Kelas / Semester          : XII (Dua belas) / I (Satu)
Mata Pelajaran           : FISIKA
Standar Kompetensi: 1. Menerapkan konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah
|      |          Kompetensi  Dasar  |          Materi Pembelajaran  |          Kegiatan    Pembelajaran  |          Indikator  |          Penilaian  |          Alokasi Waktu  |          Sumber  Belajar  |    |||||||||||||||||||||||||||
|      |           Teknik  |          Bentuk Instrumen  |          Contoh  Instrumen  |    |||||||||||||||||||||||||||||||
|     |        1.1  Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri gelombang   secara umum.  |        Gejala dan Ciri-ciri Gelombang  |        ·  Mendemonstrasikan gelombang transversal dan   longitudinal. ·  Mengkaji literatur untuk membedakan   karakteristik gelombang mekanik dan elektromagnetik. ·  Meneunjukkan sifat-sifat umum gelombang   (pemantulan, pembiasan, superposisi, interferensi, difraksi, polarisasi, dan   dispersi) melalui percobaan. ·  Merumuskan persamaan gelombang (simpangan,   kecepatan, fase, dan energi) melalui diskusi kelas.  |        -        Mengidentifikasi karakteristik gelombang   transversal dan gelombang longitudinal. -            -        Mengidentifikasi karakteristik gelombang mekanik   dan gelombang elektromagnetik. -        Menyelidiki sifat-sifat gelombang (pemantulan,   pembiasan, superposisi, interferensi,, difraksi, polarisasi dan dispersi)   serta penerapannnya dalam kehidupan sehari-hari. -        Mengidentifikasi persamaan gelombang berjalan dan   gelombang stasioner.  |        Tes   tertulis Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis  |        Tes   isian Tes uraian  Tes PG Tes uraian  |        Gelombang dengan arah osilasi tegak lurus   arah rambatan gelombang dinamakan .... Apakah perbedaan   antara  gelombang mekanik dan   elektromagnetik? Berikan contohnya masing-masing. Gelombang y1   dan y2 mempunyai panjang gelombang yang sama yaitu 0,25 m.   Jika posisi gelombang y1 terlihat 2 m dari posisi awal   perambatan, maka posisi y2 jika interferensi   konstruktif adalah .... A. 2 dan 1,8 m   D. 2 dan 2,05 m B. 2 dan 1,9 m   E. 2 dan 2,15 m  C. 2 dan 1,75 m Sebuah tali bermassa 100   g digetarkan dengan laju 10 m/s dan amplitudo 0,1m. Massa jenis tali 100 kg/m3   dan luasnya 2 cm3. Jika dalam perambatan dihasilkan energi sebesar   5 J/s, tentukan persamaan gelombangnya.  |        8x40’  |        Buku Fisika SMA dan MA   Jl.3A (Esis)  h. 1-44, buku   referensi yang relevan dan lingkungan  |   |||||||||||||||||||||||||
|      Kompetensi  Dasar  |          Materi Pembelajaran  |          Kegiatan Pembelajaran  |          Materi Pembelajaran  |          Penilaian  |          Alokasi Waktu  |          Sumber  Belajar  |    ||||||||||||||||||||||||||||
|      Teknik  |        Bentuk Instrumen  |        Contoh  Instrumen  |   ||||||||||||||||||||||||||||||||
|      1.2  Mendeskripsikan    gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi dan cahaya.  |          Gelombang Bunyi dan Gejala Gelombang    Elektromagnetik  |          ·  Melakukan    percobaan atau pengamatan gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi (misalnya,    resonansi, interferensi, dan efek Doppler). ·  Mendiskusikan gejala dan ciri gelombang bunyi (    termasuk nada dan taraf intensitas) dan cahaya berdasarkan kajian literatur. ·  Melakukan    percobaan gejala dan ciri gelombang cahaya (misalnya: interferensi,    difraksi, dan lain-lain)  |          -         Mendeskripsikan    gejala dan ciri-ciri gelombang bunyi -         Mendeskripsikan    gejala dan ciri gelombang cahaya  |          Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis  |          Tes    urain Tes    isian Tes    PG  |          Sebuah kereta    api sedang bergerak mendekati stasiun dengan laju 31,8 m/s. Kereta tersebut    membunyikan sirine dengan frekuensi 136 Hz. Berapakah frekuensi yang    didengar oleh anak yang sedang duduk di stasiun? Intensitas bunyi    dapat ditingkatkan dengan cara ....  Busa sabun  tampak berwarna-warni bila terkena sinar    matahari merupakan peristiwa ....  A. difraksi        D. polarisasi   B.    dispersi        E. Interferensi   C. refraksi  |          8x40'  |          Buku Fisika SMA dan    MA Jl. 3A (Esis) h. 45-88, buku    referensi yang relevan, dan lingkungan.  |    ||||||||||||||||||||||||||
|      Kompetensi  Dasar  |          Materi Pembelajaran  |          Kegiatan    Pembelajaran  |          Indikator  |          Penilaian  |          Alokasi Waktu  |          Sumber  Belajar  |    ||||||||||||||||||||||||||||
|       Teknik  |          Bentuk Instrumen  |          Contoh  Instrumen  |    ||||||||||||||||||||||||||||||||
|     1.3. Menerapkan konsep dan prinsip gelombang   bunyi dan cahaya dalam teknologi.  |        Gelombang Bunyi dan Gejala Gelombang   Elektromagnetik  |        ·     Melakukan kajian literatur pemanfaatan bunyi dan   gelombang cahaya dalam kehidupan secara individu melalui berbagai sumber. ·   Memaparkan   pemanfaatan bunyi dalam teknologi melalui kajian literatur (misalnya pada NDT   atau USG). ·     Memaparkan pemanfaatan cahaya dalam teknologi   (misalnya pada teknologi mesin    fotokopi, CD, OHP dan scanner).  |        -        Menerapkan   konsep dan prinsip gelombang bunyi dalam teknologi. -      Menerapkan konsep   dan prinsip gelombang cahaya dalam teknologi.  |        Tes tertulis Tes tertulis Penugasan  |        Tes   PG Tes uraian  Tugas rumah   |        Warna biru di langit terjadi karena cahaya matahari   mengalami .... A. difraksi       D dispersi B. refraksi        E. polarisasi C. interferensi C.             Suatu bunyi ultrasonik dengan frekuensi 2,5 Mhz dikirim ke darah dalam   pembuluh darah. Darah tersebut bergerak mendekati sumber ultrasonik dengan   laju  20 cm/s. -      Berapakah frekuensi   ultrasonik yang diterima oleh darah? -      Berapakah frekuensi yang   diterima sumber? Buatlah artikel tentang pemanfaatan gelombang   elektromagnetik pada produk teknologi dalam keseharian.  |        8x40'  |        Buku Fisika SMA dan MA   Jl.3A (Esis) h. 44-88, buku   referensi yang relevan, dan lingkungan.  |   ||||||||||||||||||||||||||
Standar Kompetensi: 2. Menerapkan konsep kelistrikan dan kemagnetan dalam berbagai penyelesaian masalah dan produk teknologi.
|      Kompetensi  Dasar  |          Materi Pembelajaran  |          Kegiatan    pembelajaran  |          Indikator  |          Penilaian  |          Alokasi Waktu  |          Sumber  Belajar  |     |||||||||||||||||
|       Teknik  |          Bentuk Instrumen  |          Contoh  Instrumen  |     |||||||||||||||||||||
|     2.1 Memformulasikan gaya listrik, kuat medan   listrik, fluks, potensial listrik, dan energi potensial listrik serta   penerapannya pada keping sejajar.  |        Hukum Coulomb, Hukum Gauss, Potensial Listrik,   dan Kapasitor  |        ·    Mengidentifikasi   karakteristik gaya elektrostatik dan medan listrik melalui peragaan secara   klasikal. ·    Merumuskan   gaya Coulomb, medan listrik, potensial listrik, dan hukum kekekalan energi   mekanik dalam medan listrik, serta kapasitor melalui diskusi kelas. ·   Melakukan kajian   literatur tentang hubungan antara energi potensial listrik dengan medan   listrik dan potensial listrik. ·    Menghitung   gaya Coulomb, medan listrik, potensial dan energi potensial, kapasitor   rangkaian, serta energi kapasitor dalam diskusi pemecahan masalah.  |        -        Mendeskripsikan   gaya elektrostatik (hukum Coulomb) pada muatan titik. -        Mengaplikasikan   hukum Coulomb dan Gauss untuk mencari medan listrik bagi distribusi muatan   kontinyu. -        Memformulasikan   energi potensial listrik dan kaitannya dengan gaya , medan listrik, dan   potensial listrik. -        Memformulasikan   prinsip kerja kapasitor keping sejajar.  |        Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis Penugasan  |        Tes   PG Tes uraian Tes isian Tugas rumah  |        Jari-jari lintasan elektron terdalam pada atom besi   adalah 1,5x10-12 m. besar gaya Coulomb antara inti besi (q = 26e)   dan elektron dilintasan terdalam adalah .... A. 4 x 10-14 N        D. 2,7 x 10-3 N B. 6 x 10-8 N          E. 7 x 10-2 N C. 1 x 10-4 N             Bola konduktor yang berdiameter  d = 15 cm membawa muatan   netto q = 6,4 μC yang tersebar merata di permukaan. Tentukan medan   listrik pada jarak 5 cm dari pusat bola dan 17 cm dari permukaan bola. Sebuah cincin tipis berjari-jari  24 cm mengandung muatan yang terdistribusi kontinyu   sebesar  350 nC. Pada jarak 28 cm tepat di depan sumbu   cincin, terdapat muatan uji sebesar 85 nC. Besarnya energi yang dibutuhkan   untuk memindahkan muatan uji ini sejauh 57 cm dari posisi mula-mula adalah ....  Buatlah artikel tentang pemanfaatan kapasitor dalam   peralatan elektronika.  |        8x40'  |        Buku Fisika SMA dan MA  Jl. 3A (Esis) h. 107-112, buku   referensi yang relevan, alat dan bahan praktikum.  |    |||||||||||||||
|      Kompetensi  Dasar  |          Materi Pembelajaran  |          Kegiatan    pembelajaran  |          Indikator  |          Penilaian  |          Alokasi Waktu  |          Sumber  Belajar  |    |||||||||||||||||
|       Teknik  |          Bentuk Instrumen  |          Contoh  Instrumen  |    |||||||||||||||||||||
|     2.2. Menerapkan induksi magnetik dan gaya   magnetik pada beberapa produk teknologi.  |        Kemagnetan, Hukum Biot-Savart, dan Hukum Ampere  |        ·         Melakukan percobaan untuk mengidentifikasi   karakteristik medan listrik di sekitar kawat berarus dan gaya magnetik. ·         Memformulasikan kuat medan magnetik dan gaya   magnetik pada berbagai keadaan (alat) dalam diskusi kelas. ·         Merancang dan membuat motor listrik sederhana   secara berkelompok.  |        -      Mendeskripsikan induksi magnetik sekitar kawat   berarus. ] -        Mendeskripsikan gaya magnetik pada kawat berarus   dan muatan bergerak. -        Menerapkan prinsip induksi magnetik dan gaya   magnetik dalam teknologi.  |        Tes tertulis Tes tertulis Penugasan  |        Tes   PG Tes   uraian Tugas   rumah  |        Besarnya kuat   medan magnet yang dihasilkan pada jarak 1 cm oleh kawat lurus yang dialiri   arus sebesar 12 A adalah .... A. 2,4 x 10-4   T         D. 2,4 x 10-5 T B. 1,8 x 10-4   T         E. 1,2 x 10-5   T C. 1,4 x 10-4   T C.            Sebuah   muatan positif 0,2 C bergerak dengan laju 2 m/s dalam medan magnet yang   besarnya 5 Wb/m2. Arah kecepatan itu sejajar dengan arah medan   magnet. Tentukan besarnya gaya yang dialami muatan tersebut. Buatlah   artikel tentang aplikasi gaya Lorentz pada produk teknologi dalam kehidupan  sehari-hari.  |        8x40'  |        Buku Fisika SMA dan MA  Jl. 3A (Esis)  h.143-190, buku   referensi yang relevan, alat dan bahan praktikum.  |   |||||||||||||||
|      Kompetensi  Dasar  |          Materi Pembelajaran  |          Kegiatan    pembelajaran  |          Indikator  |          Penilaian  |          Alokasi Waktu  |          Sumber  Belajar  |    |||||||||||||||||
|       Teknik  |          Bentuk Instrumen  |          Contoh  Instrumen  |    |||||||||||||||||||||
|     2.3 Memformulasikan konsep induksi Faraday dan   arus bolak-balik serta penerapannya.  |        GGL Induksi, Induktansi, dan Arus Bolak-Balik  |        ·   Mendemonstrasikan karakteristik induksi   elektromagnetik dan pengukuran arus bolak-balik. ·   Mendiskusikan   formulasi induksi Faraday dalam berbagai keadaan dan karakteristik   pengukurannya. ·   Melakukan kajian   literatur tentang arus induksi dan ggl induksi.  ·   Menghitung   ggl dan arus induksi dalam berbagai keadaan serta  parameter arus bolak-balik dalam berbagai   pemecahan masalah.  |        -      Memformulasikan konsep induksi elektromagnetik. -      Menerapkan konsep induksi elektromagnetik pada   teknologi. -      Memformulasikan konsep arus induksi dan ggl   induksi. -      Memformulasikan konsep arus dan tegangan   bolak-balik.  |        Tes tertulis Tes unjuk kerja Tes tertulis Tes tertulis  |        Tes   uraian Uji   petik kerja produk Tes   isian Tes   PG  |        Sebuah kumparan   yang terdiri dari 100 lilitan mempunyai jari-jari 5 cm dan hambatan 25 Ω.   Hitunglah laju perubahan medan magnet agar menghasilkan arus sebesar 4 A. Eksperimen membuat dinamo mini     (Proyek Ilmiah h.197). Kumparan kawat dengan jari-jari 5 cm   diletakkan tegak lurus pada suatu medan magnet yang fluksnya berubah dari 1,5   Wb/m2 menjadi 2,1 Wb/m2 dalam waktu ½ Π menit. GGL yang   terjadi pada kumparan adalah .... Sebuah kumparan memiliki hambatan R = 1 Ω dan   induktansi L = 0,3 H. Arus listrik dalam kumparan jika   dihubungkan dengan tegangan  20 volt DC adalah .... A. 10 A                             D. 28,6 A B. 15,4 A                          E. 30 A C. 20 A  |        12x40'  |        Buku Fisika SMA dan MA   Jl. 3A (Esis)  h. 191-246, buku   referensi yang  relevan, alat dan bahan   praktikum  |   |||||||||||||||
                                                                                                                                                                                                ........................,.........................
Mengetahui 
Kepala SMA .................                                                                                                                                                           Guru Mata Pelajaran
.....................................                                                                                                                                                              .....................................
NIP.                                                                                                                                                                                          NIP.                            

No comments:
Post a Comment