BIOLOGI XII SILABUS 1
SILABUS
TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN : SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS / Semester : XII (Duabelas) / I
Alokasi waktu : 10 × 45 menit
STANDAR KOMPETENSI : Melakukan percobaan pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
Kompetensi Dasar | Kompetensi Sebagai Hasil Belajar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
1.1 Merencanakan percobaan pengaruh luar terhadap pertumbuhan tumbuhan 1.2 Melaksanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan ![]() 1.3 Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan | · Melengkapi peta konsep · Merumuskan pengertian pertumbuhan dan perkembangan · Mengumpulkan informasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan · Menemukan adanya gejala pertumbuhan · Merumuskan masalah · Merumuskan hipotesis · Menyusun variabel penelitian · Membuat rencana penelitian tertulis · Membuat unit-unit penelitian · Memberi perlakuan · Mengukur kecepatan pertumbuhan · Mencatat hasil pengukuran dalam tabel pengamatan · Mengolah data hasil pengamatan · Menarik kesimpulan berdasarkan data yang diolah · Melaporkan hasil penelitian · Menyusun hasil penelitian dalam bentuk laporan tertulis · Menyusun laporan penelitian untuk presentasi · Mempresentasikan hasil penelitian | · Pengertian pertumbuhan dan perkembangan · Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan 1. Faktor internal 2. Faktor eksternal · Menyusun rencana penelitian · Melaksanakan penelitian · Tehnik menyusun laporan hasil penelitian · Tehnik presentasi | · Studi membaca dan diskusi untuk memahami konsep pertumbuhan dan perkembangan serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan · Tugas kegiatan 1.1 Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan · Diskusi menyusun rencana penelitian · Presentasi rencana penelitian · Pelaksanaan penelitian kelompok di luar jam pelajaran · Presentasi laporan hasil penelitian oleh masing-masing kelompok | · Menemukan adanya gejala pertumbuhan dan perkembangan · Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pada tumbuhan · Merumuskan masalah berdasarkan gejala pertumbuhan yang ditemukan · Merumuskan hipotesis dari rumusan masalah yang sudah dirumuskan · Merumuskan variabel penelitian untuk menguji hipotesis · Menyusun unit-unit penelitian · Membuat tabel pengamatan · Menyususun rencana penelitian tertulis · Menyiapkan alat dan bahan · Memberikan perlakuan · Mengukur hasil dan mencatat dalam tabel pengamatan · Menganalisis data hasil pengamatan · Menyimpulkan hasil penelitian · Menyusun laporan tertulis hasil penelitian · Mempresentasikan hasil penelitian secara lesan | · Jenis tagihan: 1. Tugas kelompok penyusunan proposal 2. Presentasi 3. Uji kompetensi tertulis · Bentuk instrumen: 1. Lembar penilaian proposal 2. Lembar penilaian presentasi 3. Soal uji kompetensi · Jenis tagihan: 1. Tugas kelompok laporan hasil penelitian · Bentuk instrumen: 1. Lembar penilaian hasil penelitian · Jenis tagihan: 1. Presentasi · Bentuk instrumen 1. Lembar penilaian presentasi | 6 X 45 menit 0 X 45 menit 4 X 45 menit | · Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis · Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono, Esis · Alat bantu presentasi · Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis · Buku kerja siswa IIIA. Ign. Khristiyono. Esis · Buku Bologi kelas XII, Dyah aryulina. Esis · Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono · Alat-alat presentasi |
SILABUS
TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN : SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS : XII (Duabelas) / I
Alokasi waktu : 16 × 45 menit
STANDAR KOMPETENSI : Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme
Kompetensi Dasar | Kompetensi Sebagai Hasil Belajar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
2.1 Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme | · Menguji kerja enzim dengan eksperimen · Menyimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim · Mendeskripsikan prinsip kerja enzim | · Struktur enzim · Prinsip kerja enzim | · Membaca buku, mengumpulkan informasi dan diskusi tentang struktur enzim dan prinsip kerja enzim · Melakukan eksperimen kerja enzim | · Mendeskripsikan struktur enzim · Menguji kerja enzim dengan enzim · Menyimpulkan prinsip kerja enzim | · Jenis tagihan: 1. Laporan Praktikum 2. Uji Kompetensi tertulis · Bentuk instrumen: 1. Lembar penilaian laporan 2. Soal tes tertulis | 4 X 45 menit | · Buku teks siswa kelas XII. Dyah aryulina · Buku kerja siswa IIIA. Khristiyono, Esis |
2.2 Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat | · Membuktikan reaksi respirasi · Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi respirasi · Membedakan reaksi respirasi anaerob dengan reaksi aerob berdasarkan energi yang dihasilkan | · Proses respirasi · Tahap-tahap reaksi respirasi · Proses fotosintesis · Tahap-tahap reaksi fotosintesis | · Melakukan diskusi cara membuktikan reaksi respirasi · Mendiskusikan tahap-tahap reaksi respirasi · Mendiskusikan perbedaan reaksi respirasi aerob dan anaerob · Melakukan eksperimen untuk membuktikan reaksi fotosinteisis · Mendiskusikan tahap-tahap reaksi fotosintesis · Penugasan membuat bagan proses metabolisme | · Diskusi menunjukkan adanya reaksi respirasi · Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi respirasi · Membandingkan respirasi aerob dan anerob berdasarkan ATP yang dihasilkan · Menguji proses fotosintesis dengan eksperimen · Mendeskripsikan tahap-tahap reaksi fotosintesis · Penugasan membuat bagan metabolisme | · Jenis tagihan: 1. Hasil eksperimen 2.2 2. Uji Kompetensi 3. Tugas skema metabolisme · Bentuk instrumen: 1. Lembar penilaian laporan 2. Soal uji kompetensi tertulis 3. Lembar penilaian bagan metabolisme | 10 X 45 menit | · Buku Bologi kelas XII, Dyah aryulina. Esis · Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono. Esis |
2.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein | · Mendeskripsikan proses katabolisme lemak · Mendeskripsikan proses katabolisme protein · Mendeskripsikan hubungan katabolisme karbohidrat, lemak, dan protein | · Proses katabolisme lemak · Proses katabolisme protein · Hubungan proses katabolisme lemak, protein, dan karbohidrat | · Mendiskusikan hubungan metabolisme lemak, protein, dan karbohidrat | · Mendeskripsikan hubungan katabolisme lemak, protein, dan karbohidrat | · Jenis tagihan: 1. Uji Kompetensi · Bentuk instrumen 1. Soal uji kompetensi tertulis | 2 X 45 menit | · Buku Bologi kelas XII, Dyah aryulina. Esis · Buku kerja siswa IIIA, Ign. Khristiyono. Esis |
SILABUS
TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN : SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
MATA PELAJARAN : BIOLOGI
KELAS/ Semester : XII (Duabelas) / I
Alokasi waktu : 26 × 45 menit
STANDAR KOMPETENSI : Memahami penerapan konsep dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada salingtemas
Kompetensi Dasar | Kompetensi Sebagai Hasil Belajar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
3.1 Menjelaskan konsep gen, DNA, dan kromosom ![]() 3.2 Menjelaskan hubungan gen, DNA-RNA-Polipeptida dan proses sintesis protein ![]() 3.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat ![]() 3.4 Menerapkan prinsip hereditas dalam mekanisme pewarisan sifat ![]() 3.5 Menjelaskan peristiwa mutasi dan implikasinya dalam Salingtemas | · Menyimpulkan hubungan antara kromosom, gen, dan DNA dengan mengamati gambar · Mendeskripsikan beberapa eksperimen untuk menemukan struktur penyusun gen · Menggambar struktur molekul DNA · Mendeskripsikan eksperimen untuk menemukan struktur 3 dimensi DNA · Mendeskripsikan eksperimen untuk menunjukkan hubungan antara sifat gen dan sifat fenotip · Mendeskripsikan proses sintesis protein · Menggambar tahap-tahap pembelahan sel berdasarkan foto mikroskopis sel yang sedang membelah · Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan berdasarkan gambar sel · Membedakan pembelahan mitosis dan meiosis · Mendeskripsikan proses pembelahan meiosis. · Menggamabar tahap-tahap pembelahan meiosis · Memahami proses penemuan hukum Mendel · Memamahmi berbagai pola hereditas · Menyusun rangkaian basa nitrogen dan jenis asam amino yang dihasilkan · Menentukan jenis perubahan susunan basa nitogen dan dampaknya · Mengamati gambar genom manusia · Menentukan perubahan kromosom dan dampaknya | · Struktur sel dan kromosom · Hubungan kromosom, gen dan DNA · Struktur DNA · Replikasi DNA · Kode genetik · Sintesis protein · Siklus sel · Mitosis · Meiosis · Gametogenesis · Hukum Mendel · Pola-pola hereditas · Genetika manusia · Pengertian mutasi · Macam-macam mutasi: 1. Mutasi gen 2. Mutasi kromosom | · Membaca buku dan mengumpulkan informasi untuk membuat peta konsep · Diskusi hubungan antara kromosom, gen, dan DNA · Diskusi struktur DNA dan RNA · Diskusi replikasi DNA · Diskusi hubungan antara genotip dan fenotip · Diskusi pengaturan kode genetika (kodon) · Diskusi proses sintesis protein · Membaca dan mengumpulkan informasi untuk membuat peta konsep · Diskusi proses pembelahan sel · Diskusi proses pembelahan meiosis · Diskusi gametogenesis · Diskusi memahami hukum Mendel · Diskusi berbagai pola-pola hereditas · Diskusi penerapan genetika pada manusia · Penugasan kegiatan · Diskusi pengertian mutasi · Diskusi mutasi gen · Diskusi mutasi kromosom · Penugasan menyusun kertas kerja | · Mendeskripsikan hubungan sel, kromosom gen, dan DNA · Mendeskripsikan struktur DNA · Mendeskripsikan proses replikasi DNA · Mendeskripsikan struktur RNA · Membedakan DNA dan RNA · Menjelaskan kode genetik (Kodon) · Mendeskripsikan proses sintesis protein · Menggambar siklus sel · Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan mitosis berdasarkan foto sel yang sedang membelah · Mengamati pembelahan sel · Membedakan pembelahan mitosis dan meiosis · Mendeskripsikan tahap-tahap pembelahan meiosis · Menerapkan pola umum hereditas menurut Mendel · Menguji hukum Mendel dan model perkawinan monohigrid dan dihibrid · Menerapkan beberapa pola penurunan sifat · Menerapkan pola-pola hereditas pada manusia · Mendeskripsikan pengertian mutasi · Mendeskripsikan berbagai model mutasi gen · Mendeskripsikan berbagai model mutasi kromosom · Menghubungkan mutasi dan evolusi | · Jenis tagihan: 1 Uji kompetensi · Bentuk instrumen: 1. Soal uji kompetensi tertulis · Jenis tagihan: 1 Uji Kompetensi · Bentuk instrumen: 1. Soal uji kompetensi tertulis · Jenis tagihan: 1.Laporan hasil pengamatan 2.Uji kompetensi · Bentuk instrumen: 1.Lembar penilaian laporan 2.Soal uji kompetensi tertulis · Jenis tagihan: 1.Uji kompetensi 2.Lembar hasil kegiatan · Bentuk instrumen: 1.Soal uji kompetensi tertulis Lembar penilaian laporan · Jenis tagihan: 1.Uji kompetensi · Bentuk instrumen: 1.Soal uji kompetensi tertulis | 6 X 45 menit 2 X 45 menit 6 X 45 menit 8 X 45 menit 4 X 45 menit | · Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis · Buku kerja siswa IIIA. Khristiyono. Esis · Model DNA · Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis · Buku kerja siswa IIIA. Khristiyono. Esis · Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis · Buku kerja siswa IIIA. Khristiyono. Esis · Foto mikroskopis sel · Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis · Buku kerja siswa IIIB. Ign. Khristoyono. Esis · Buku Biologi kelas XII, Dyah aryulina, Esis · Buku kerja siswa IIIB. Ign. Khristoyono. Esis |
No comments:
Post a Comment