09 April 2011

Biologi SMA X RPP 2



BIOLOGI X RPP2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/Semester           : X (Sepuluh)/ 1
Pertemuan                  : 2 - 3
Alokasi Waktu            : 3 jam pelajaran

Standar Kompetensi   : 1.   Memahami hakikat Biologi sebagai ilmu

Kompetensi Dasar     :  1.2 Mendeskripsikan  objek dan permasalahan biologi pada  berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem, dan bioma
Tujuan                           :  Siswa dapat mendeskripsikan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi  ilmu biologi



I.                   Indikator
·         Menarik kesimpulan ruang lingkup biologi berdasarkan hasil pengamatan
·         Menggambar model struktur keilmuan biologi berdasarkan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan
·         Menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan dari contoh cabang ilmu biologi
·         Membuat makalah  tentang struktur keilmuan, perkembangan, dan prospek salah satu cabang ilmu biologi

II.    Materi Ajar
·         Tiga aspek keilmuan biologi meliputi:
1.      Objek
2.      Permasalahan
3.      Tingkat organisasi
·         Cabang-cabang ilmu biologi dapat di analisis berdasarkan “kue biologi”

III. Metode Pembelajaran
·         Pengamatan – Diskusi–Penugasan

IV.              Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 2 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan kembali ciri-ciri makhluk hidup sebagai objek biologi.
·         Siswa mengidentifikasi kembali ciri-ciri makhluk hidup sebagai obyek biologi.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai kelompok makhluk hidup hidup
·         Guru bersama dengan siswa mengidentifikasi berbagai tingkat organisasi kehidupan pada objek biologi.
·         Guru bersama siswa mengidentifikasi berbagai permasalahan dalam biologi.
·         Guru bersama siswa membuat gambar struktur keilmuan biologi berdasarkan aspek objek, tingkat organisasi, dan permasalahan biologi.


C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru bersama dengan siswa menyimpulkan struktur keilmuan biologi.
·         Guru minta siswa untuk mengidentifikasi beberapa cabang ilmu biologi dan struktur keilmuaannya.

Pertemuan 3 (1 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru menanyakan beberapa objek, tingkat organisasi. dan permasalahan pada beberapa cabang ilmu biologi yang sudah berhasil diidentifikasi siswa.
B.     Kegiatan inti (25 menit)
·         Guru mendiskusikan beberapa cabang ilmu biologi beserta perkembangan ilmu dan prospeknya di masa depan.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Guru menugaskan siswa untuk mengumpulkan informasi dan membuat makalah  tentang satu cabang ilmu biologi, perkembangan, dan prospeknya di masa depan.

V.                 Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku Kerja Biologi IA, Esis
·         Buku Biologi SMA Kelas X, Esis, Bab I
·         Informasi tentang berbagai cabang ilmu biologi dari berbagai sumber, misalnya, koran, majalah, jurnal, buku sumber, dan internet

VI.              Penilaian
·         Uji kompetensi tertulis (dilaksanakan bersama dengan KD 1.1)
·         Hasil makalah tentang cabang ilmu biologi


No comments: