09 April 2011

Biologi SMA X RPP 9




BIOLOGI X RPP 9

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Mata Pelajaran          : Biologi
Kelas/ Semester          : X (Sepuluh)/ 2
Pertemuan                  : 3 dan 4
Alokasi Waktu            : 3 jam pelajaran
Standar Kompetensi   : 3.   Memahami  manfaat keanekaragaman hayati
Kompetensi Dasar      : 3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio dalam Dunia     
                                                            Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
Tujuan                        : Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri, siklus hidup, dan peranan tumbuhan lumut bagi manusia



I.       Indikator
·         Mendiskripsikan ciri umum dunia tumbuhan
·         Menyusun klasifikasi dunia tumbuhan
·         Mendeskripsikan ciri-ciri umum tumbuhan lumut (Bryophyta)
·         Menggambar struktur tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan
·         Menggambar siklus hidup tumbuhan lumut
·         Mengumpulkan informasi tentang peranan lumut bagi manusia

II.    Materi Ajar
·         Ciri umum dunia tumbuhan
·         Klasifikasi tumbuhan
·         Ciri-ciri  dan struktur tubuh tumbuhan lumut (Bryophyta)
·         Klasifikasi tumbuhan lumut (Bryophyta)
·         Siklus hidup tumbuhan lumut (Bryophyta)
·         Peranan Bryophyta bagi manusia

III.             Metode Pembelajaran
·         Pengamatan – Diskusi

IV.  Langkah-Langkah Pembelajaran

Pertemuan 3 (2 jam pelajaran)

A.     Kegiatan awal (10 menit)
·         Guru bersama  siswa berdiskusi tentang dunia tumbuhan (Plantae).
·         Guru membagi siswa menjadi enam  kelompok.
·         Guru memberi petunjuk lokasi di sekolah yang banyak terdapat lumut (atau guru bersama siswa menyiapkan lumut segar).
·         Guru meminta siswa melakukan pengamatan tumbuhan lumut dengan menggunakan Kegiatan 8.1.
B.     Kegiatan inti (70 menit)
·         Siswa mengamati  tumbuhan lumut secara berkelompok.
·         Siswa menyelesaikan laporan kegiatan pengamatan tumbuhan lumut.
C.     Kegiatan akhir (10 menit)
·         Siswa mengumpulkan laporan hasil pengamatan dengan mengumpulkan buku kerja.
·         Guru  meyimpulkan hasil kegiatan pengamatan.

Pertemuan 4 (1 jam pelajaran)

A.  Kegiatan awal (5 menit)
·         Guru memberi komentar umum laporan hasil kegiatan pengamatan sebelumnya.
B.   Kegiatan inti (35 menit)
·         Guru bersama siswa mendiskusikan ciri-ciri tumbuhan lumut berdasarkan pengamatan.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan reproduksi dan siklus hidup tumbuhan lumut.
·         Guru bersama siswa mendiskusikan peranan lumut bagi manusia.
C.   Kegiatan akhir (5 menit)
·         Guru bersama siswa mengambil kesimpulan tentang ciri umum tumbuhan lumut.

V.     Alat/ Bahan/ Sumber
·         Buku Kerja Biologi IB, Esis
·         Buku Biologi SMA I kelas X, Esis, Bab VIII
·         Spesimen tumbuhan lumut
·         Loupe

VI.              Penilaian
·         Laporan hasil pengamatan
·         Uji kompetensi tertulis

No comments: