09 April 2011

Fisika SMA XII RPP9



FISIKA XII RPP 9

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah             : SMA
Kelas / Semester           : XII (Dua belas) / Semester II
Mata Pelajaran            : FISIKA

Standar Kompetensi
3.   Menganalisis berbagai besaran fisis pada gejala kuantum dan batas-batas berlakunya relativitas Einstein dalam paradigma fisika modern.

        Kompetensi Dasar
3.3  Memformulasikan teori relativitas khusus untuk waktu, panjang, dan massa, serta kesetaraan massa dengan energi yang diterapkan dalam teknologi.

Indikator
-         Memformulasikan relativitas khusus untuk massa, panjang, dan waktu.
-         Menganalisis relativitas panjang, waktu, massa, energi, dan momentum.
-         Mendeskripsikan penerapan kesetaraan massa dan energi pada teknologi nuklir.

A. Tujuan Pembelajaran
         Peserta didik dapat:
l  Menerangkan percobaan Michelson-Morley untuk membuktikan ada-tidaknya eter.
l  Menjelaskan syarat terjadinya transformasi Galileo.
l  Menjelaskan ketidakabsahan penggunaan transformasi Galileo dalam mengukur laju benda yang bergerak mendekati kecepatan cahaya.
l  Menjelaskan postulat Einstein.
l  Menjelaskan syarat terjadinya transformasi Lorentz.
l  Menjelaskan pengertian kontraksi Lorentz.
l  Menunjukkan perubahan panjang sebuah benda yang bergerak dengan laju  mendekati kecepatan cahaya oleh seorang pengamat.
l  Menjelaskan syarat terjadinya dilatasi waktu.
l  Menjelaskan relativitas massa.
l  Menjelaskan relativitas momentum.
l  Menjelaskan relativitas energi.
l  Menjelaskan penerapan kesetaraan massa dan energi pada teknologi nuklir.

B. Materi Pembelajaran
            Teori Relativitas Khusus

C. Metode Pembelajaran
-         Model  :  -  Direct Instruction (DI)
                                  -  Cooperative Learning
              2.  Metode  : -  Diskusi kelompok
   -  Ceramah



D. Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
l  Apakah cahaya merambat ke segala arah dengan kecepatan yang sama?
l  Apakah syarat terjadinya kontraksi panjang?
l  Prasyarat pengetahuan:
l  Bagaimana kesimpulan percobaan Michelson dan Morley?
l  Apakah yang dimaksud dengan kontraksi Lorentz?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan percobaan Michelson dan Morley.
Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai percobaan Michelson-Morley untuk membuktikan ada-tidaknya eter.
l  Peserta didik memperhatikan syarat terjadinya transformasi Galileo yang disampaikan oleh guru.
C.     Guru menjelaskan ketidakabsahan penggunaan transformasi Galileo dalam mengukur laju benda yang bergerak mendekati kecepatan cahaya.
CI.  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan postulat Einstein.
CII.                      Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan kecepatan relatif sebuah benda yang disampaikan oleh guru.
CIII.                   Guru memberikan beberapa soal menentukan kecepatan relatif sebuah benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
CIV.                   Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
CV.                      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan syarat terjadinya transformasi Lorentz.
CVI.                   Perwakilan peserta didik diminta untuk menjelaskan pengertian kontraksi Lorentz. 
CVII.                Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan perubahan panjang sebuah benda yang bergerak dengan laju  mendekati kecepatan cahaya oleh seorang pengamat.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan kontraksi Lorentz yang disampaikan oleh guru.
CVIII.             Guru memberikan beberapa soal menentukan kontraksi Lorentz untuk dikerjakan oleh peserta didik.
CIX.                   Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.

         c. Kegiatan Penutup
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
-         Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
-         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

PERTEMUAN KEDUA

  a. Kegiatan Pendahuluan
l  Motivasi dan Apersepsi:
1.    Siapakah yang mengalami dilatasi waktu? Pengamat yang bergerak relatif terhadap proses relativistik atau pengamat yang berada di dalam proses relativistik?
2.    Agar partikel foton bergerak dengan kecepatan cahaya, berapa nilai massa partikel foton tersebut?
l  Prasyarat pengetahuan:
l  Apakah syarat terjadinya dilatasi waktu?
l  Apakah syarat terjadinya relativitas massa?

  b. Kegiatan Inti
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan syarat terjadinya dilatasi waktu.
Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan dilatasi waktu sebuah benda yang disampaikan oleh guru.
-         Guru memberikan beberapa soal menentukan dilatasi waktu sebuah benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
CX.                      Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
CXI.                   Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan syarat terjadinya relativitas massa.
l  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai relativitas momentum.
-         Peserta didik memperhatikan penjelasan relativitas energi yang disampaikan oleh guru.
CXII.                Peserta didik memperhatikan contoh soal menentukan massa, momentum, dan energi relativistik dari sebuah benda yang disampaikan oleh guru.
CXIII.             Guru memberikan beberapa soal menentukan menentukan massa, momentum, dan energi relativistik dari sebuah benda untuk dikerjakan oleh peserta didik.
CXIV.             Guru mengoreksi jawaban peserta didik apakah sudah benar atau belum. Jika masih terdapat peserta didik yang belum dapat menjawab dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
CXV.                Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai penerapan kesetaraan massa dan energi pada teknologi nuklir.

         c. Kegiatan Penutup
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
-         Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

E. Sumber Belajar
  a. Buku Fisika SMA dan MA Jl. 3B (Esis) halaman 63-86
  b. Buku referensi yang relevan
  c. Lingkungan
F. Penilaian Hasil Belajar
        a. Teknik Penilaian:
l  Tes tertulis
l  Penugasan
        b. Bentuk Instrumen:
l  Tes PG
l  Tes uraian
l  Tugas rumah
       c. Contoh Instrumen:
-      Contoh tes PG
Sebuah pesawat luar angkasa bergerak dengan kecepatan 0,1 c. Jika penumpang berjalan sejauh 50 m, maka jarak menurut pengamat di bumi adalah ....
A. 49,8 m                                           D. 42,8 m
B. 39,8 m                                           E. 41,8 m
C. 39,9 m
l Contoh tes uraian
Sebuah partikel bergerak sedemikian cepat sehingga energi totalnya mencapai 1,1 kali energi diamnya. Hitunglah:
a. kecepatan gerak partikel
b. energi kinetik partikel
l Contoh tugas rumah
Buatlah artikel tentang penerapan kesetaraan massa dan energi pada teknologi nuklir.


                                                 ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMA                                                                                      Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                   ..............................
NIP.                                                                                                    NIP.

No comments: