04 May 2011

Produk Inovasi Sederhana 2011 ( 12 )


INOVASI CELENGAN


NAMA ANGGOTA :
  1. AKBAR MELKY VERDIANSYAH
  2. ARIO AKBAR WIRAWAN
  3. AULIA TOGU MUHARDIAN
  4. DICKY IBRAHIM
PENDAHULUAN
  Alasan kami membuat produk ini untuk memanfaatkan barang-barang bekas atau tidak terpakai menjadi barang yang bisa berguna bagi masyarakat.semoga masyarakat dapat menerima dan memakai barang yang telah kami buat
Kegunaan Dari ini
Untuk menyimpan uang dengan design yang unik.

JENIS BARANG
  Jenis barang yang kami buat berbrntuk sebuah celengan yang sangat sederhana. Dengan bahan-bahan yang tidak terlalu memakan banyak uang. Dan sebagian alat yang di gunakan adalah barang bekas.

Bahan-Bahan


Cara kerja
  1.lem seluruh bagian kaleng, dengan lem fox secara merata.
  2.lalu taburkan pernak-pernik kerang nya di seluruh tubuh kaleng secara merata .lalu tempelkan setiap kerang dengan kreasi mu sendiri.
  3.setelah semua sudah di hias dengan rapi.setelah itu baru kita ke tahap terakhir, yaitu bolongkan bagian bawah kaleng .berbentuk garis lurus.

Dan jadilah seperti ini


Daftar Pengeluaran
No
Barang
Harga
Ket.
1
kaleng bekas
-
Tersedia
2
lem fox
RP 3.500,00
1 botol
3
pernak-pernik kerang
RP 4.000,00
perbungkus
4
cutter
 -
tersedia

total
RP 7.500,00



Tabel Harga
NO
P
Q
TFC
TVC
TR
AR
MR
TC
AFC
AVC
TC
MC
P/L
1
25,000
5
2
2
125000
25000
 
4
0.4
0.4
0.8
 
124996
2
24,500
10
2
2.5
245000
24500
24000
4.5
0.2
0.25
0.45
-0.07
244995.5
3
24,000
15
2
3
360000
24000
23000
5
0.13
0.2
0.33
-0.02333
359995
4
23,500
20
2
3.5
470000
23500
22000
5.5
0.1
0.175
0.275
-0.01167
469994.5
5
23,000
25
2
4
575000
23000
 
6
0.08
0.16
0.24
 
574994

Tujuan Pemasaran
Celengan ini akan dipasarkan ke :
·         toko souvenir
·         toko alat tulis
·         pedagang kaki lima


Belinya lewat bekasi
Gak mau banyak canda

Produk Inovasi Sederhana 2011 ( 11 )


Usefull raket cover


Nama Anggota Kelompok :
Kelas x.6
§  Dina Amalia Santika
§  Jemmy
§  Muharlan Al-hafiz
§  Puji Dinanty







Alat yang digunakan

v Gunting
v Jarum
v Mesin Jahit

Bahan yang digunakan

Ø Kain
Ø  Benang
Ø  Resleting
Ø  Busa

Langkah-langkah pembuatan

1.    siapkan bahan dan alat
2.    potong busa  dan kain sesuai dengan pola sarung raket
3.    jahit busa dan kain menjadi satu
4.   pasang resleting (dengan dijahit)
5.    setelah itu pasang kancing dan bunga sebagai hiasan dengan dijahit

PEMASARAN :

v Ditoko Olahraga
v  Ditoko Aksesoris
v  Ditoko Pernak Pernik

harga produksi

§  kain                 ½ m         Rp 20.000
§   jarum            1        Rp   1.500
§   benang                   1        Rp   1.500
§   kancing                 6       Rp   2.000
§   bunga hiasan    1        Rp         0
                               ________________ +
                                     Rp 25.000

KEGUNAAN BARANG :
Untuk tempat raket bulutangkis


keuntungan
Harga jual – Biaya
40.000 – 25.000 = 15.000

03 May 2011

Kimia SMP VIII RPP 8



KIMIA vIii RPP 8
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah                       : SMP
Kelas                           : VIII (delapan)
Mata Pelajaran          : IPA KIMIA

Standar Kompetensi
4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan.

Kompetensi Dasar
4.5 Menghindarkan diri dari pengaruh zat adiktif dan zat psikotropika.

Indikator
1.      Menjelaskan cara menghindarkan diri dari zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan zat psikotropika.
2.      Mendata zat adiktif dan zat psikotropika yang digunakan di bidang kesehatan.

Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat:
1.    Membedakan tujuan penggunaan zat adiktif dan zat psikotropika untuk medis dan non-medis.
2.    Menjelaskan pengertian overdosis.
3.    Menjelaskan masalah yang diakibatkan oleh penyalahgunaan zat adiktif dan zat psikotropika.
4.    Menjelaskan cara mencegah penyalahgunaan zat adiktif dan zat psikotropika.
5.    Menyebutkan contoh zat adiktif dan zat psikotropika yang dimanfaatkan dalam bidang kesehatan.
6.    Menuliskan contoh zat adiktif dan zat psikotropika yang dimanfaatkan dalam bidang kesehatan.
7.    Menjelaskan pemanfaatan zat adiktif dan zat psikotropika dalam bidang kesehatan.

Materi Pembelajaran: Cara Menghindari Diri dari Pengaruh Zat Adiktif dan Zat Psikotropika

Metode Pembelajaran
1.  Model      :  - Direct Instruction (DI)
                                  -  Cooperative Learning
              2.  Metode : -  Diskusi kelompok
 -  Ceramah

Langkah-langkah Kegiatan

                                                             PERTEMUAN PERTAMA

a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
-    Mengapa overdosis zat psikotropika dapat menyebabkan kematian?
-    Mengapa kloroform tidak digunakan lagi sebagai obat anestesi?
·         Prasyarat pengetahuan:
-    Apa yang dimaksud dengan overdosis?
-    Apa yang dimaksud dengan obat anestesi?

b. Kegiatan Inti
l  Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan tujuan penggunaan zat adiktif dan zat psikotropika untuk medis dan non-medis.
l  Perwakilan dari tiap kelompok diminta untuk menjelaskan pengertian overdosis.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan masalah yang diakibatkan oleh penyalahgunaan zat adiktif dan zat psikotropika.
l  Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai cara mencegah penyalahgunaan zat adiktif dan zat psikotropika.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan contoh zat adiktif dan zat psikotropika yang dimanfaatkan dalam bidang kesehatan.
l  Peserta didik diminta untuk menuliskan masing-masing lima contoh zat adiktif dan zat psikotropika yang dimanfaatkan dalam bidang kesehatan.
l  Guru memeriksa penulisan masing-masing lima contoh zat adiktif dan zat psikotropika yang dimanfaatkan dalam bidang kesehatan yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melakukannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
l  Peserta didik dalam setiap kelompok mendiskusikan pemanfaatan zat adiktif dan zat psikotropika dalam bidang kesehatan.
l  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
l  Guru menanggapi jawaban peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c. Kegiatan Penutup
l  Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik.
l  Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
l  Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a. Buku IPA Kimia Jl.2 (Esis) halaman 58-64
b. Buku referensi yang relevan

Penilaian Hasil Belajar
a. Teknik Penilaian:
- Tes tulis
- Penugasan
b. Bentuk Instrumen:
- Tes uraian
- Tugas rumah
c. Contoh Instrumen:
- Contoh tes uraian
Apa yang dapat kita lakukan agar terhindar dari penyalahgunaan zat adiktif dan zat psikotropika?
- Contoh tugas rumah
Buatlah data tentang zat-zat adiktif dan zat-zat psikotropika yang digunakan dalam bidang kesehatan.



                                                                                                                        ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                     Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                                           ..............................
NIP.                                                                                                                 NIP.