08 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XII RPP14




BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP

RENCANA PEMBELAJARAN
 Nomor  14

IDENTITAS SEKOLAH,  SK, KD, INDIKATOR, ALOKASI WAKTU

NAMA SEKOLAH

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM

ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan infomasi dalam bentuk   surat dinas, laporan, resensi 

KOMPETENSI DASAR
Menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku

INDIKATOR
Mencatat identitas buku
Mendaftar pokok-pokok isi
Mencatat keunggulan dari isi buku
Mencatat kekurangan dari isi buku
Menulis resensi buku dengan memperhatikan kelengkapan unsur-unsur resensi
Mendiskusikan resensi yang telah dibuat

ALOKASI WAKTU
3 x  45 menit ( 2 pertemuan)


TUJUAN PEMBELAJARAN

TUJUAN
Siswa mampu  menulis resensi buku pengetahuan berdasarkan format baku


MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Contoh resensi buku pengetahuan
unsur-unsur resensi antara lain: identitas buku, isi yang penting/menarik, bahasa pengarang, keunggulan, kelemahan, kesimpulan

METODE PEMBELAJARAN


Presentasi


Diskusi Kelompok

v
Inquari

v
Tanya Jawab

v
Penugasan


Demontrasi /Pemeragaan Model


KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
 Guru menunjukkan sebuah buku terbitan baru dan menanyakan siswa apakah ada yang sudah membacanya. Bila ingin membeli/membacanya, Guru menyarankan untuk membaca resensinya.
Guru menunjukkan resensi buku yang dibicararakan  tersebut yang terdapat di koran / majalah dan membacakannya.



INTI
Pertemuan ke-1   (45’)
Guru menjelaskan definisi  dan fungsi resensi buku.
Siswa mencermati contoh resensi buku yang tersaji di buku teks.
Berdasarkan sajian contoh tersebut, siswa mengidentifikasi    sistematika/struktur isi resensi buku   dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan panduan yang diajukan Guru
Siswa diajak ke perpustakaan untuk memilih dan menetapkan buku yang akan diresensi.  Atau siswa menyiapkan buku yang sudah  dibawanya dari rumah.
Siswa   mengidentifikasi  garis besar isi, kelebihan/kekurangan, dan manfaat buku yang diresensinya.

Pertemuan ke-2   ( 90’)
Guru menjelaskan tahap-tahap dan hal-hal  penting yang harus diperhatikan dalam menulis resensi.
Siswa menginventaris dan menyiapkan bahan-bahan yang akan ditulis dalam resensi buku.
Siswa menulis sebuah resensi buku.
Siswa mengedit  resensi buku yang telah ditulisnya dan mengumpulkan kepada Guru untuk diperiksa.
Guru menunjukkan kepada kelas beberapa resensi buku yang sudah diketahui bagus dengan memberikan penjelasan/ ulasan.

PENUTUP
(Internalisasi dan  refleksi)

Siswa menjawab soal-soal Kuis Uji Teori untuk mereview konsep-konsep penting tentang penulisan resensi buku yang telah dipelajarinya
Guru  memacu siswa untuk terus berlatih menulis resensi buku dan mendorong  mengirimkannya ke media massa bilamana sudah merasa  karangannya sudah cukup bagus
Siswa  diajak  merefleksikan nilai-nilai  serta kecakapan hidup (live skill) yang bisa dipetik dari pembelajaran
                                                                                               
 SUMBER BELAJAR

V
Pustaka rujukan
Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA kelas X karya Alex Suryanto dan Agus Haryanto terbitan ESIS 2007 halaman
Komposisi karangan Gorys Keraf terbitan Nusa Indah halaman  274 -280
Jurnalistik untuk Remaja  karya Bambang Trimansyah halaman 49 -52
V
Material: VCD, kaset, poster


V
Mediacetak dan elektronik
Contoh resensi buku di koran atau majalah
V
Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan
Lingkungan   masyarakat  sekitar siswa

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK

Tes  Lisan
V
Tes Tertulis 

Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
V
Pengukuran Sikap

Penilaian diri

INSTRUMEN /SOAL

Tugas untuk meresensi buku
Daftar pertanyaan Kuis Uji Teori untuk mengukur pemahaman siswa  atas konsep-konsep yang telah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
Rubrik penilaian tulisan resensi buku (terlampir di bawah)

No comments: