08 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XII RPP24




BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP

RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor  24

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
3  x  45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola
KOMPETENSI DASAR
Menulis karangan melalui mekanisme dan langkah-langkah mengarang
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu menjelaskan mekanisme mengarang
Mampu menjelaskan langkah-langkah mengarang
Mampu menetapkan langkah persiapan (menetapkan gagasan dan pola pengembangan karangan)
Mampu membuka karangan dengan paragraf yang memikat
Mampu menyusun karangan
Mampu menyusun penyempurnaan karangan
Mampu menyunting karangan sendiri atau karangan teman
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Mekanisme mengarang
Langkah-langkah mengarang
Langkah persiapan (menetapkan gagasan dan pola pengembangan karangan)
Langkah membuka karangan dengan paragraf yang memikat
Penyusunan karangan
Langkah menyempurnakan/mengakhiri karangan
Teknik menyunting karangan sendiri atau karangan teman

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru dan siswa bertanya jawab tentang teknik menyiapkan karangan
Guru dan siswa bertanya jawab tentang teknik pengembangan karangan
INTI
Siswa mendiskusikan mekanisme dan langkah-langkah mengarang
Siswa berdiskusi untuk menentukan tema karangan
Siswa berdiskusi untuk menentukan langkah persiapan, pengembangan, dan penyempurnaan mengarang
Siswa secara mandiri menyusun karangan
Siswa saling menukarkan karangannya
Siswa saling menyunting karangan teman
PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)
Siswa merefleksikan langkah-langkah mengarang
Siswa mengerjakan uji kompetensi
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari kuis uji teori
METODE DAN SUMBER BELAJAR




Sumber Belajar
 v
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman
116-122
Gorys Keraf. 1980. Komposisi. Ende-Flores : Nusa Indah
 v
Material: VCD, kaset, poster
Rekaman pengajaran menulis
 v
Mediacetak dan elektronik
Berita, tajuk, editorial, artikel, esai dalam koran, majalah

Website internet

  v
Narasumber
Pengarang
  v
Model peraga
Siswa yang mempunyai pengalaman hidup yang sesuai dengan materi
  v
Lingkungan
Karangan-karangan yang bisa ditemukan di masyarakat 


Metode
  v
Presentasi

  v
Diskusi Kelompok

  v
Inquari


Demontrasi /Pemeragaan Model

PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
  v
Tes  Lisan
  v
Tes Tertulis 
  v
Observasi Kinerja/Demontrasi
  v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
 
Pengukuran Sikap

Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
Daftar pertanyaan untuk tes lisan tentang penyiapan karangan
Daftar pertanyaan untuk tes tentang teknik pengembangan karangan
Daftar pertanyaan untuk tes praktik mengarang
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI


  RUBRIK PENILAIAN PENULISAN KARANGAN BERPOLA

NAMA                                          :
KELAS/NO. ABS           :
TANGGAL PENILAIAN:
KOMPETENSI DASAR : Menulis karangan melalui mekanisme dan langkah-langkah
                                        mengarang

N0
ASPEK YANG DINILAI
SKOR
 1
Pemilihan dan perumusan tema
Ketepatan pemilihan dan perumusan tema




a. Tepat                                                           Skor  3
b. Cukup tepat                                                 Skor  2
c. Kurang tepat                                                Skor  1
d. Tidak tepat                                                   Skor  0
 2
Teknik persiapan/
pembukaan
karangan
Teknik pembukaan karangan sesuai tema atau tidak

a. Sesuai                                                          Skor  3
b. Cukup sesuai                                                Skor  2
c. Kurang sesuai                                               Skor  1
d. Tidak sesuai                                                 Skor  0
 3.
Teknik pe ngembangan
karangan
Teknik pengembangan karangan koheren dengan pembuka atau tidak

a. Koheren                                                         Skor  3
b. Cukup koheren                                              Skor  2
c. Kurang koheren                                             Skor  1
d. Tidak koheren                                                Skor  0
 4.
Teknik penu tup/penyem
purnaan
karangan
Teknik pengembangan karangan koheren dengan isi atau tidak

a. Koheren                                                         Skor  3
b. Cukup koheren                                              Skor  2
c. Kurang koheren                                             Skor  1
d. Tidak koheren                                                Skor  0
 4
Ejaan dan tanda baca
Ketepatan penggunaan ejaan dan tanda baca

a. Tanda baca & ejaan yang ada semua benar  Skor  3
b. Ada 1-5 ejaan atau tanda baca yang salah    Skor  2
c. Ada 6-10 ejaan atau tanda baca yang salah  Skor  1
d. Lebih dari 10 ejaan atau tanda baca salah     Skor  0
 5
Struktur kalimat
Ketepatan penggunaan struktur kalimat

a. Semua kalimat strukturnya tepat                    Skor  3
b. Ada 1 kalimat yang strukturnya salah            Skor  2
c. Ada 2 kalimat yang strukturnya salah             Skor  1
d. Lebih dari 2 kalimat yang strukturnya salah   Skor  0

                         Mengetahui,                                                                    ……………,  ……...……………
                        Kepala Sekolah                                                                          Guru Mata Pelajaran,




             --------------------------------------                                                       ------------------------------------
             NIP :                                                                                                  NIP :

No comments: