08 April 2011

Bahasa Indonesia SMA XII RPP27




BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP

RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor  27

MATA PELAJARAN
Bahasa dan Sastra Indonesia
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
3  x  45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama

KOMPETENSI DASAR
  Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam  

ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
INDIKATOR
Mampu membaca gurindam
Mampu mengidentifikasi ciri-ciri  gurindam
Mampu mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
Mampu menemukan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam
Mampu menanggapi secara lisan pembacaan gurindam dengan mengemukakan cirri dan nilai dalam gurindam
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks gurindam
Teknik pembacaan gurindam
Ciri-ciri gurindam
Nilai-nilai yang ada dalam (budaya, agama, estetika, moral)
Pesan-pesan yang disampaikan melalui gurindam
Teknik menanggapi secara lisan pembacaan gurindam

KEGIATAN PEMBELAJARAN

TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA
(Apersepsi)
Guru dan siswa bertanya jawab tentang jenis-jenis puisi lama
Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengertian gurindam
INTI
Guru membacakan atau memperdengarkan pembacaan gurindam
Siswa membaca beberapa teks gurindam secara bergantian
Siswa berdiskusi untuk menentukan ciri-ciri gurindam 
Siswa berdiskusi untuk menentukan nilai-nilai dalam gurindam yang dibacanya
Siswa berdiskusi untuk menentukan pesan-pesan dalam gurindam yang dibacanya
Siswa meyampaikan secara lisan tanggapan terhadap pembacaan gurindam dengan mengemukakan cirri dan nilai dalam gurindam
PENUTUP
(Internalisasi dan persepsi)
Siswa merefleksikan nilai-nilai dalam gurindam
Siswa merefleksikan pesan-pesan dalam gurindam
Siswa mengerjakan uji kompetensi
Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari kuis uji teori
METODE DAN SUMBER BELAJAR




Sumber Belajar
 v
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman
136-142
Buku-buku tentang kaya sastra Melayu lama
 v
Material: VCD, kaset, poster
Rekaman pembacaan gurindam
 v
Media cetak dan elektronik
Majalah sastra yang memuat puisi lama (gurindam)

Website internet

 
Narasumber

 
Model peraga

  v
Lingkungan
Kejadian di masyarakat yang sesuai dengan materi


Metode
  v
Presentasi

  v
Diskusi Kelompok

  v
Inquari

  v
Demontrasi /Pemeragaan Model

PENILAIAN



TEKNIK DAN BENTUK
  v
Tes  Lisan
  v
Tes Tertulis 
 
Observasi Kinerja/Demontrasi
  v
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
  v
Pengukuran Sikap

Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
Daftar pertanyaan untuk tes lisan tentang jenis-jenis puisi lama dan gurindam
Daftar pertanyaan untuk tes lisan tentang gurindam
Daftar perintah untuk diskusi, presentasi, dan pengukuran sikap
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI


RUBRIK PENILAIAN
MENANGGAPI SECARA LISAN PEMBACAAN GURINDAM


NAMA SISWA                     :
KELAS/NO. ABSEN           :
TANGGAL PENILAIAN     :
STANDAR KOMPETENSI : Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama
KOMPETENSI DASAR     : Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam  


NO
KOMPONEN YANG DINILAI
SKOR
1
2
3
4
5
01.
Tanggapan sesuai dengan objek yang ditanggapi





02.
Isi tanggapan khusus terhadap ciri dan nilai gurindam





03.
Tanggapan disampaikan secara runtut





04.
Tanggapan disertai penjelasan dan alasan yang logis





05.
Tanggapan disampaikan secra lancar, tidak terbata-bata, tidak banyak perhentian untuk berpikir





06.
Disertai ekspresi wajah dan gerak yang wajar





07.
Bersikap wajar, tidak mencemooh





08.
Disampaikan dengan pilihan kata yang tepat dan sopan





09.
Kalimatnya sederhana dan komunikatif





10.
Pelafalan dan intonasi jelas dan tepat







JUMLAH SKOR (MAKSIMAL 50)







                           Mengetahui,                                                                    ……………,  ……...……………
                        Kepala Sekolah                                                                          Guru Mata Pelajaran,




             --------------------------------------                                                       ------------------------------------
             NIP :                                                                                                  NIP :


No comments: