BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP
RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 27
| MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
| KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) |
| PROGRAM | Umum |
| ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit |
| TEMA | |
| STANDAR KOMPETENSI | Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama |
| KOMPETENSI DASAR | Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam |
| ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara |
| INDIKATOR | Mampu membaca gurindam Mampu mengidentifikasi ciri-ciri gurindam Mampu mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam Mampu menemukan pesan-pesan yang terdapat dalam gurindam Mampu menanggapi secara lisan pembacaan gurindam dengan mengemukakan cirri dan nilai dalam gurindam |
| MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks gurindam Teknik pembacaan gurindam Ciri-ciri gurindam Nilai-nilai yang ada dalam (budaya, agama, estetika, moral) Pesan-pesan yang disampaikan melalui gurindam Teknik menanggapi secara lisan pembacaan gurindam |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
| PEMBUKA (Apersepsi) | Guru dan siswa bertanya jawab tentang jenis-jenis puisi lama Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengertian gurindam |
| INTI | Guru membacakan atau memperdengarkan pembacaan gurindam Siswa membaca beberapa teks gurindam secara bergantian Siswa berdiskusi untuk menentukan ciri-ciri gurindam Siswa berdiskusi untuk menentukan nilai-nilai dalam gurindam yang dibacanya Siswa berdiskusi untuk menentukan pesan-pesan dalam gurindam yang dibacanya Siswa meyampaikan secara lisan tanggapan terhadap pembacaan gurindam dengan mengemukakan cirri dan nilai dalam gurindam |
| PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa merefleksikan nilai-nilai dalam gurindam Siswa merefleksikan pesan-pesan dalam gurindam Siswa mengerjakan uji kompetensi Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari kuis uji teori |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
| Sumber Belajar | v | Pustaka rujukan | Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 136-142 Buku-buku tentang kaya sastra Melayu lama |
| v | Material: VCD, kaset, poster | Rekaman pembacaan gurindam | |
| v | Media cetak dan elektronik | Majalah sastra yang memuat puisi lama (gurindam) | |
| | Website internet | | |
| | Narasumber | | |
| | Model peraga | | |
| v | Lingkungan | Kejadian di masyarakat yang sesuai dengan materi | |
| Metode | v | Presentasi | |
| v | Diskusi Kelompok | | |
| v | Inquari | | |
| v | Demontrasi /Pemeragaan Model | |
PENILAIAN
| TEKNIK DAN BENTUK | v | Tes Lisan |
| v | Tes Tertulis | |
| | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
| v | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
| v | Pengukuran Sikap | |
| | Penilaian diri | |
| INSTRUMEN /SOAL | ||
| Daftar pertanyaan untuk tes lisan tentang jenis-jenis puisi lama dan gurindam Daftar pertanyaan untuk tes lisan tentang gurindam Daftar perintah untuk diskusi, presentasi, dan pengukuran sikap Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori | ||
| RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | ||
RUBRIK PENILAIAN
MENANGGAPI SECARA LISAN PEMBACAAN GURINDAM
NAMA SISWA :
KELAS/NO. ABSEN :
TANGGAL PENILAIAN :
STANDAR KOMPETENSI : Mengungkapan tanggapan terhadap pembacaan puisi lama
KOMPETENSI DASAR : Membahas ciri-ciri dan nilai-nilai yang terkandung dalam gurindam
| NO | KOMPONEN YANG DINILAI | SKOR | ||||
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | ||
| 01. | Tanggapan sesuai dengan objek yang ditanggapi | | | | | |
| 02. | Isi tanggapan khusus terhadap ciri dan nilai gurindam | | | | | |
| 03. | Tanggapan disampaikan secara runtut | | | | | |
| 04. | Tanggapan disertai penjelasan dan alasan yang logis | | | | | |
| 05. | Tanggapan disampaikan secra lancar, tidak terbata-bata, tidak banyak perhentian untuk berpikir | | | | | |
| 06. | Disertai ekspresi wajah dan gerak yang wajar | | | | | |
| 07. | Bersikap wajar, tidak mencemooh | | | | | |
| 08. | Disampaikan dengan pilihan kata yang tepat dan sopan | | | | | |
| 09. | Kalimatnya sederhana dan komunikatif | | | | | |
| 10. | Pelafalan dan intonasi jelas dan tepat | | | | | |
| | JUMLAH SKOR (MAKSIMAL 50) | | | | | |
Mengetahui, ……………, ……...……………
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
-------------------------------------- ------------------------------------
NIP : NIP :
No comments:
Post a Comment