BAHASA INDOSESIA DAN SASTRA XII RPP
RENCANA PEMBELAJARAN
Nomor 30
| MATA PELAJARAN | Bahasa dan Sastra Indonesia |
| KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 2 (dua) |
| PROGRAM | Umum |
| ALOKASI WAKTU | 3 x 45 menit |
| TEMA | |
| STANDAR KOMPETENSI | Memahami informasi dari berbagai sumber yang disampaikan secara lisan |
| KOMPETENSI DASAR | Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang disampaikan melalui radio/televisi |
| ASPEK PEMBELAJARAN | Mendengarkan |
| INDIKATOR | Mampu menyimak informasi dari siaran televisi/radio dengan saksama Mampu mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang disampaikan melalui radio/ televisi/ rekaman Mampu mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan Mampu menulis ringkasan isi informasi yang disampaikan melalui radio/televisi/rekaman |
| MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Siaran langsung dari televisi/radio Rekaman informasi dari televisi/radio Pokok-pokok isi informasi dari siaran televisi/radio Cara mengajukan saran perbaikan informasi Ringkasan isi informasi dari siaran televisi/radio |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
| PEMBUKA (Apersepsi) | Guru dan siswa bertanya jawab tentang peranan televisi/radio sebagai sarana informasi dan komunikasi Guru dan siswa bertanya jawab tentang manfaat informasi langsung |
| INTI | Guru memperdengarkan penyampaian informasi langsung atau rekaman dari televisi/radio Siswa mendengarkan informasi melalui radio/ televisi Siswa mencatat pokok-pokok dari isi informasi yang disampaikan melalui radio/ televisi/ rekaman Siswa mengajukan saran perbaikan secara tertulis tentang informasi yang disampaikan Siswa berdiskusi untuk menyusun ringkasan isi informasi yang disampaikan melalui radio/ televisi/ rekaman informasi |
| PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa merefleksikan isi dan manfaat informasi Siswa mengerjakan uji kompetensi Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan dari kuis uji teori |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
| Sumber Belajar | v | Pustaka rujukan | Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 155-158 |
| v | Material: VCD, kaset, poster | Rekaman informasi | |
| | Media cetak dan elektronik | | |
| | Website internet | | |
| v | Narasumber | Pembaca berita | |
| v | Model peraga | Siswa yang mempunyai pengalaman sebagai pembaca berita | |
| v | Lingkungan | Informasi-informasi langsung berbentuk lisan yang bisa ditemukan di masyarakat | |
| Metode | | Presentasi | |
| v | Diskusi Kelompok | | |
| v | Inquari | | |
| | Demontrasi /Pemeragaan Model | |
PENILAIAN
| TEKNIK DAN BENTUK | v | Tes Lisan |
| v | Tes Tertulis | |
| v | Observasi Kinerja/Demontrasi | |
| v | Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio | |
| | Pengukuran Sikap | |
| | Penilaian diri | |
| INSTRUMEN /SOAL | ||
| Daftar pertanyaan untuk tes lisan tentang peranan televisi/radio sebagai saran informasi Daftar pertanyaan untuk tes lisan tentang manfaat informasi Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori | ||
| RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI | ||
RUBRIK OBSERVASI DAN PENILAIAN PEMBERIAN SARAN PERBAIKAN INFORMASI
YANG DISAMPAIKAN MELALUI RADIO/TELEVISI
NAMA SISWA :
KELAS/NO. ABSEN :
TANGGAL PENILAIAN :
KOMPETENSI DASAR : Mengajukan saran perbaikan tentang informasi yang
disampaikan melalui radio/televisi
| ASPEK | RINCIAN | NILAI | |||
| KURANG | CUKUP | BAIK | AMAT BAIK | ||
| D (10) | C (15) | B (20) | A (25) | ||
| ISI SARAN | Sesuai dengan topik informasi | | | | |
| Kritis, menunjuk bagian yang salah | |||||
| Isi saran asli dan aktual | |||||
| Gagasan logis dan realistis | |||||
| Didukung alasan, bukti serta referensi memadai | |||||
| SISTEMATIKA SARAN | Dibuka dengan pengantar /latar belakang | | | | |
| Ada pernyataan tujuan saran | |||||
| Ada inti saran | |||||
| Ada kesimpulan/penegasan saran | |||||
| BAHASA SARAN | Kalimat efektif dan komunikatif | | | | |
| Diksi tepat, variatif, baku | |||||
| Struktur kalimat tepat dan baku | |||||
| Artikulasi dan intonasi tepat | |||||
| ETIKA PENYAMPAIAN | Menghargai pendapat orang lain | | | | |
| Tidak emosional | |||||
| Kata-katanya santun | |||||
| Sesuai alokasi waktu | |||||
| JUMLAH SKOR | | | | | |
Mengetahui, ……………, ……...……………
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
-------------------------------------- ------------------------------------
NIP : NIP :
No comments:
Post a Comment