SOSSIOLOGI VII SIALBUS
SILABUS
Sekolah :
Kelas : VII
Mata Pelajaran : Sosiologi
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami kehidupan sosial manusia.
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | INDIKATOR | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER PEMBELAJARAN | |||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | |||||||
2.1.Mendeskripsikan Interaksi sebagai proses sosial | - Pengertian sosiologi | -Mendefinisikan pengertian sosiologi, masyarakat dan manfaatnya -Menjelaskan hakikat masyarakat sebagai objek sosiologi -Menjelaskan manfaat sosiologi | -Siswa menggali informasi melalui studi pustaka tentang pengertian sosiologi -Siswa mendiskusikan fungsi masyarakat sebagai objek sosiologi -Menggali informasi dari berbagai sumber tentang manfaat sosiologi | Tes tertulis Penugasan | Pilihan ganda Uraian | Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tindakan sosial. Pernyataan tersebut merupakan pendapat …. a. Emile Durkheim b. Max Weber c. Herbert spencer d. Mills Menurut pendapatmu, apakah yang akan terjadi jika tidak ada ilmu sosiologi? Berilah alasannya! (lihat buku esis halaman 7-8) | 2 x 40’ 2 x 40’ | Sosiologi untuk SMP dan MTs Kelas VII (esis) Kamus Sosiologi Gambar, artikel, media massa, TV, internet | |
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | INDIKATOR | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER PEMBELAJARAN | |||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | |||||||
-Proses sosial dan keselarasan sosial | -Menjelaskan hakikat proses sosial -Menjelaskan pengertian keselarasan sosial -Menguraikan ciri-ciri keselarasan sosial -Menjelaskan perkembangan keselarasan sosial | - Siswa mencari sumber-sumber pustaka -Siswa mendiskusikan tentang pengertian keselarasan sosial -Siswa menggali informasi melalui studi pustaka untuk mengetahui ciri-ciri keselarasan sosial -Siswa mendiskusikan perkembangan keselarasan sosial | Tes tertulis Penugasan | Pilihan ganda Uraian | Individu-individu yang berhubungan satu sama lain seperti dalam masyarakat perkotaan membentuk …. a. struktur sosial b. dinamika sosial c. pola sosial d. setting sosial Menurut pendapatmu apakah perilaku yang memengaruhi ketidaktertiban ataukah ketidaktertiban yang memengaruhi perilaku manusia? (lihat buku esis halaman 17-18) | 2 x 40’ 2 x 40’ | Sosiologi untuk SMP dan MTs Kelas VII (esis) Kamus Sosiologi Gambar, artikel, media massa, TV, internet | ||
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | INDIKATOR | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER PEMBELAJARAN | |||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | |||||||
-Sosialisasi -Interaksi Sosial | -Menjelaskan pengertian sosialisasi -Siswa menguraikan agen sosialisasi -Siswa menguraikan sosialisasi dan pembentukan kepribadian - Siswa menjelaskan pengertian interaksi sosial | -Siswa mendiskusikan pengertian sosialisasi - Siswa mencari informasi tentang agen sosialisasi dari berbagai sumber -Siswa mendiskusikan sosialisasi dan pembentukan kepribadian -Siswa mendiskusikan pengertian interaksi sosial | Tes tertulis Tes tertulis Penugasan Tes tertulis | Uraian Pilihan ganda Uraian Pilihan ganda | Agen sosialisasi yang pertama dan utama adalah …. a. keluarga b. teman c. bidan bersalin d. agama Buatlah rancangan penelitian untuk melihat pengaruh proses sosialisasi di sekolah dengan kepribadian siswa ! (lihat buku esis halaman 29-30) Seorang guru yang memberikan ujian susulan kepada salah satu siswa yang | 5 x 40’ 2 x 40’ | Sosiologi untuk SMP dan MTs Kelas VII (esis) Kamus Sosiologi Gambar, artikel, media massa, TV, internet Sosiologi untuk SMP dan MTs Kelas VII (esis) | ||
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | INDIKATOR | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER PEMBELAJARAN | |||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | |||||||
- Siswa menguraikan syarat-syarat interaksi sosial. - Siswa menguraikan bentuk-bentuk interaksi sosial | - Siswa mencari informasi tentang syarat-syarat interaksi sosial - Siswa mendiskusikan bentuk-bentuk interaksi sosial | Penugasan | Uraian | terlambat masuk sekolah merupakan contoh dari ….. a. Interaksi sosial primer b. Interaksi sosial antar individu c. Kontak sosial sekunder d. Interaksi sosial antar kelompok. Apakah proses sosial menghasilkan interaksi sosial atau interaksi interaksi sosial yang melahirkan proses sosial? Jelaskan! | Kamus Sosiologi Gambar, artikel, media massa, TV, internet | ||||
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | INDIKATOR | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER PEMBELAJARAN | |||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | |||||||
- Interaksi sebagai wujud status dan peran sosial - Proses sosial Asosiatif dan Disosiatif | - Siswa menjelaskan pengertian status - Siswa menjelaskan pegertian peran - Siswa menjelaskan proses Asosiatif - Siswa menjelaskan pengertian Akomodasi - Siswa menjelaskan pengertian Asimilasi - Siswa menjelaskan pengertian | - Siswa mendiskusikan tentang pengertian status. - Siswa mencari informasi tentang pengertian peran - Siswa mendiskusikan proses sosial Asosiatif - Siswa menguraikan pengertian Akomodasi, Asimilasi dan kerjasama. | Tes tertulis Tes tertulis Tes tertulis | Pilihan ganda Uraian Pilihan ganda | Unsur-unsur penting dalam sistem lapisan masyarakat adalah …. a. kedudukan & sosialisasi b. Peranan & interaksi c. kedudukan dan peranan d. status & sosialisasi Jelaskan apa yang dimaksud perangkat peran ! Berikan contohnya ! Proyek pembangunan batu bara, perkapalan, dan pertanian merupakan kerjasama dalam bentuk ….. a. co-optation b. joint-venture c. bargaining d. coalition | 2 x 40’ 2 x 40’ | Sosiologi untuk SMP dan MTs Kelas VII (esis) Kamus Sosiologi Gambar, artikel, media massa, TV, internet Sosiologi untuk SMP dan MTs Kelas VII (esis) Kamus Sosiologi | ||
KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK | INDIKATOR | KEGIATAN PEMBELAJARAN | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER PEMBELAJARAN | |||
TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | |||||||
- Sumber-sumber Proses Sosial | kerjasama - Siswa menjelaskan proses sosial Disosiatif - Siswa menjelaskan pengertian Imitasi - Siswa menjelasakan tentang Sugesti - Siswa menjelaskan tentang Identifikasi - Siswa menjelaskan tentang Simpati - Siswa menjelaskan tentang Empati | - Siswa mendiskusikan proses sosial Disosiatif - Siswa mendiskusikan pengertian Imitasi - Siswa menguraikan tentang Sugesti - Siswa mendiskusikan tentang Identifikasi - Siswa mendiskusikan tentang Simpati - Siswa mendiskusikan tentang Empati | Penugasan Tes tertulis | Uraian Pilihan ganda | Jelaskan dampak-dampak proses sosial di masyarakat yang tengah mengalami konflik etnis! Di bawah ini imitasi yang memiliki dampak yang positif adalah …. a. meniru gaya rambut punk b. mencontek saat ujian c. menindik hidung d. berpakaian sopan seperti ayah | 2 x 40’ | Sosiologi untuk SMP dan MTs Kelas VII (esis) Kamus Sosiologi Gambar, artikel, media massa, TV, internet | ||
No comments:
Post a Comment