SOSSIOLOGI VII SIALBUS 
SILABUS
Sekolah                                 : 
Kelas                                      : VII
Mata Pelajaran                    : Sosiologi
Semester                                : 1 (satu)
Standar Kompetensi           : 2. Memahami kehidupan sosial manusia.
| KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK  | INDIKATOR  | KEGIATAN PEMBELAJARAN    | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER   PEMBELAJARAN | |||
| TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | |||||||
| 2.1.Mendeskripsikan         Interaksi sebagai  proses sosial | - Pengertian       sosiologi  | -Mendefinisikan         pengertian    sosiologi,        masyarakat dan       manfaatnya -Menjelaskan    hakikat    masyarakat      sebagai   objek      sosiologi -Menjelaskan   manfaat   sosiologi | -Siswa menggali      informasi   melalui   studi   pustaka tentang   pengertian sosiologi -Siswa mendiskusikan    fungsi   masyarakat    sebagai   objek      sosiologi -Menggali informasi    dari   berbagai sumber    tentang   manfaat      sosiologi | Tes   tertulis Penugasan | Pilihan ganda Uraian | Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tindakan   sosial. Pernyataan tersebut merupakan pendapat …. a. Emile Durkheim b. Max Weber c. Herbert spencer d. Mills Menurut pendapatmu, apakah yang akan terjadi   jika tidak ada ilmu sosiologi? Berilah alasannya! (lihat   buku esis halaman 7-8) | 2 x   40’ 2 x   40’ | Sosiologi untuk SMP dan MTs Kelas VII (esis) Kamus Sosiologi Gambar, artikel, media massa, TV, internet | |
| KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK  | INDIKATOR  | KEGIATAN PEMBELAJARAN    | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER   PEMBELAJARAN | |||
| TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | |||||||
| -Proses sosial    dan    keselarasan      sosial |   -Menjelaskan      hakikat   proses    sosial -Menjelaskan   pengertian     keselarasan     sosial  -Menguraikan      ciri-ciri    keselarasan      sosial  -Menjelaskan   perkembangan   keselarasan     sosial | - Siswa mencari         sumber-sumber     pustaka  -Siswa mendiskusikan     tentang   pengertian    keselarasan   sosial -Siswa menggali      informasi   melalui   studi   pustaka untuk   mengetahui ciri-ciri   keselarasan   sosial -Siswa mendiskusikan    perkembangan     keselarasan   sosial | Tes   tertulis Penugasan | Pilihan ganda Uraian | Individu-individu yang berhubungan satu sama   lain seperti dalam masyarakat perkotaan membentuk …. a. struktur sosial b. dinamika sosial c.  pola   sosial d. setting sosial Menurut pendapatmu apakah perilaku yang memengaruhi   ketidaktertiban ataukah ketidaktertiban yang memengaruhi perilaku manusia? (lihat   buku esis halaman 17-18) | 2 x   40’ 2 x   40’ | Sosiologi untuk SMP dan MTs Kelas VII (esis) Kamus Sosiologi Gambar, artikel, media massa, TV, internet | ||
| KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK  | INDIKATOR  | KEGIATAN PEMBELAJARAN  | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER PEMBELAJARAN | |||
| TEKNIK | BENTUK | CONTOH   INSTRUMEN | |||||||
| -Sosialisasi -Interaksi   Sosial | -Menjelaskan    pengertian   sosialisasi -Siswa   menguraikan   agen sosialisasi -Siswa   menguraikan   sosialisasi dan   pembentukan   kepribadian -   Siswa     menjelaskan    pengertian        interaksi sosial | -Siswa   mendiskusikan   pengertian sosialisasi - Siswa   mencari    informasi tentang   agen sosialisasi dari    berbagai sumber -Siswa   mendiskusikan     sosialisasi dan    pembentukan    kepribadian -Siswa   mendiskusikan    pengertian interaksi    sosial | Tes tertulis Tes tertulis Penugasan Tes tertulis | Uraian Pilihan ganda Uraian Pilihan   ganda | Agen   sosialisasi yang pertama dan utama adalah …. a.   keluarga b. teman c. bidan   bersalin d. agama Buatlah   rancangan penelitian untuk melihat pengaruh proses sosialisasi di sekolah   dengan kepribadian siswa ! (lihat buku esis halaman 29-30) Seorang   guru yang memberikan ujian susulan kepada salah satu siswa yang | 5 x 40’ 2 x 40’ | Sosiologi   untuk SMP dan MTs Kelas VII (esis) Kamus   Sosiologi Gambar,   artikel, media massa, TV, internet Sosiologi untuk SMP dan MTs Kelas VII (esis) | ||
| KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK  | INDIKATOR  | KEGIATAN PEMBELAJARAN    | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER   PEMBELAJARAN | |||
| TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | |||||||
| - Siswa   menguraikan syarat-syarat interaksi sosial. - Siswa   menguraikan bentuk-bentuk interaksi sosial | - Siswa   mencari informasi tentang syarat-syarat interaksi sosial - Siswa   mendiskusikan bentuk-bentuk interaksi sosial | Penugasan | Uraian | terlambat masuk sekolah merupakan contoh dari   ….. a. Interaksi sosial primer b. Interaksi sosial antar individu c.  Kontak sosial sekunder d. Interaksi sosial antar   kelompok. Apakah proses sosial   menghasilkan interaksi sosial atau interaksi interaksi sosial yang melahirkan   proses sosial? Jelaskan! | Kamus Sosiologi Gambar, artikel, media massa, TV, internet | ||||
| KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK  | INDIKATOR  | KEGIATAN PEMBELAJARAN    | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER   PEMBELAJARAN | |||
| TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | |||||||
| - Interaksi   sebagai wujud status dan peran sosial - Proses sosial Asosiatif dan   Disosiatif | - Siswa   menjelaskan pengertian status - Siswa   menjelaskan pegertian peran -   Siswa menjelaskan proses Asosiatif -   Siswa menjelaskan pengertian Akomodasi -   Siswa menjelaskan pengertian Asimilasi -   Siswa menjelaskan pengertian  | - Siswa   mendiskusikan tentang pengertian status. -   Siswa mencari informasi tentang pengertian peran -   Siswa mendiskusikan proses sosial Asosiatif -   Siswa menguraikan pengertian Akomodasi, Asimilasi dan kerjasama. | Tes   tertulis Tes   tertulis Tes   tertulis | Pilihan ganda Uraian Pilihan ganda | Unsur-unsur   penting dalam sistem lapisan masyarakat adalah …. a. kedudukan & sosialisasi b. Peranan & interaksi c.  kedudukan dan peranan d. status & sosialisasi Jelaskan apa yang   dimaksud perangkat peran !  Berikan contohnya ! Proyek pembangunan batu bara, perkapalan, dan   pertanian merupakan kerjasama dalam bentuk ….. a. co-optation b. joint-venture c. bargaining d.   coalition | 2 x   40’ 2 x   40’ | Sosiologi untuk SMP dan MTs Kelas VII (esis) Kamus Sosiologi Gambar, artikel, media massa, TV, internet Sosiologi untuk SMP dan MTs Kelas VII (esis) Kamus Sosiologi | ||
| KOMPETENSI DASAR | MATERI POKOK  | INDIKATOR  | KEGIATAN PEMBELAJARAN    | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER   PEMBELAJARAN | |||
| TEKNIK | BENTUK | CONTOH INSTRUMEN | |||||||
| - Sumber-sumber Proses   Sosial | kerjasama -   Siswa menjelaskan proses sosial Disosiatif - Siswa   menjelaskan pengertian Imitasi -   Siswa menjelasakan tentang Sugesti -   Siswa menjelaskan tentang Identifikasi -   Siswa menjelaskan tentang Simpati - Siswa menjelaskan tentang   Empati | - Siswa mendiskusikan proses   sosial Disosiatif - Siswa   mendiskusikan pengertian Imitasi - Siswa   menguraikan tentang Sugesti -   Siswa mendiskusikan tentang Identifikasi -   Siswa mendiskusikan tentang Simpati - Siswa mendiskusikan tentang   Empati | Penugasan Tes   tertulis | Uraian Pilihan   ganda | Jelaskan dampak-dampak proses sosial di   masyarakat yang tengah mengalami konflik etnis! Di bawah ini imitasi yang   memiliki dampak yang positif adalah …. a.   meniru gaya rambut punk b.   mencontek saat ujian c.   menindik hidung  d.   berpakaian sopan seperti ayah | 2 x   40’ | Sosiologi untuk SMP dan MTs Kelas VII (esis) Kamus Sosiologi Gambar, artikel, media massa, TV, internet | ||

 
 
 
 Posts
Posts
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

No comments:
Post a Comment