14 April 2011

Ekonomi SMA XII RPP9



EKONOMI XII RPP 9

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 2

Standar Kompetensi : 3. Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian nasional

Kompetensi Dasar     : 3.1 Menjelaskan unsur-unsur manajemen

Indikator                    :
1.      Menjelaskan pengertian manajemen.
2.      Menjelaskan jenjang manajemen serta mendeskripsikan arah komando dan pertanggungjawaban di antara jenjang manajemen tersebut.

Alokasi Waktu           : 3 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat menjelaskan pengertian manajemen.
b)      Siswa dapat menjelaskan jenjang manajemen serta mendeskripsikan arah komando dan pertanggungjawaban di antara jenjang manajemen tersebut.

B. Materi Pokok
            Manajemen

C. Uraian Materi
a)      Pengertian manajemen
b)      Jenjang manajemen
c)      Prinsip-prinsip manajemen

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengembangkan pengetahuan siswa tentang manajemen. Kemudian guru menguraikan dengan jelas gambaran umum mengenai manajemen.
b. Motivasi
            Pemahaman mengenai manajemen sangat penting mengingat peranan manajemen (khususnya pada badan usaha) dalam perekonomian saat ini cukup besar. Selain itu, pemahaman mengenai manajemen akan mempermudah pemahaman materi selanjutnya.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mencari informasi tentang pengertian manajemen.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan jenjang manajemen.
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mencari informasi tentang prinsip-prinsip manajemen.
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi Esis

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………..


Ekonomi SMA XII RPP8



EKONOMI XII RPP 8

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 1

Standar Kompetensi : 2. Memahami penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang

Kompetensi Dasar     : 2.3 Membuat neraca saldo setelah penutupan buku

Indikator                    :
1.      Menyusun neraca saldo setelah penutupan.
2.      Membuat jurnal pembalik.

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat menyusun neraca saldo setelah penutupan.
b)      Siswa dapat membuat jurnal pembalik.

B. Materi Pokok
            Neraca saldo setelah penutupan dan jurnal pembalik

C. Uraian Materi
a)      Neraca saldo setelah penutupan
b)      Jurnal pembalik

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang posting jurnal penutupan ke buku besar. .Kemudian guru memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang neraca saldo setelah penutupan dan jurnal pembalik.
b. Motivasi
            Siswa dapat memahami penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang.


2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
  b. Kelompok pertama diberi tugas untuk Mendiskusikan penyusunan neraca saldo setelah
penutupan.
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendiskusikan penyusunan jurnal pembalik.
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi Esis

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

Ekonomi SMA XII RPP7



EKONOMI XII RPP 7

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang

Kompetensi Dasar     : 2.2 Melakukan posting jurnal penutupan ke buku besar

  Indikator                    : Memosting jurnal penutupan ke buku besar.

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memosting jurnal penutupan ke buku besar.

B. Materi Pokok
            Posting jurnal penutupan ke buku besar

C. Uraian Materi
Posting jurnal penutupan ke buku besar

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberi informasi awal tentang posting jurnal penutupan ke buku besar.
b. Motivasi
            Pemahaman mengenai materi kali ini akan mempermudah pemahaman materi selanjutnya.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok (disesuaikan dengan jumlah siswa).
b. Masing-masing kelompok diberi tugas untuk melakukan posting jurnal penutupan ke buku besar.
c. Hasil diskusi tersebut kemudian dibahas bersama guru.
d. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.                         

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi Esis

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

Ekonomi SMA XII RPP6


EKONOMI XII RPP 6

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 1

Standar Kompetensi : 2. Memahami penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang

Kompetensi Dasar     : 2.1 Membuat jurnal penutupan

Indikator                    : Membuat jurnal penutup

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit


A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membuat jurnal penutup

B. Materi Pokok
            Jurnal penutupan

C. Uraian Materi
              Jurnal penutup

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok

F. Skenario Pembelajaran

1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberi gambaran umum mengenai jurnal penutup.
b. Motivasi
            Pemahaman materi kali ini dapat memudahkan pemahaman materi selanjutnya.

2. Kegiatan Inti
a. Siswa dikelompokkan menjadi enam kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).
  b. Masing-masing kelompok diberi tugas untuk mendiskusikan pembuatan jurnal
penutup.
c. Hasil diskusi tersebut kemudian dibahas bersama guru.
d. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi
b. Penilaian
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi Esis

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………200….               
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...