01 May 2011

Pendidikan Kewarga Negaraan SMP VII Silabus1



PENDIDIKAN KEWARGA NEGARAAN VII SILABUS 1
SILABUS
Sekolah                  : ................................................
Kelas                      : VII
Mata Pelajaran        : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                : I (satu)
Standar Kompetensi: 1. Menunjukkan sikap positif  terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.


KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

WAKTU

SUMBER PEMBELAJARAN
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

1.1     Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasa an, adat istiadat, peraturan yang
berlaku dalam masyarakat.


Norma -norma dalam masyarakat

· kajian referensi dan mendiskusikan norma dari berbagai sumber tentang norma-norma , kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan yang berlaku dalam masyarakat, misalnya di Minangkabau, Batak, dll.
· Perbedaan macam-macam norma yang berlaku dalam masyarakat.
· Mencari informasi akibat dari tidak mematuhi norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan yang berlaku dalam masyarakat.

·  Menjelaskan hakikat norma.
·  Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat.
·  Menguraikan macam-macam norma.


Tes tulis


Tes
uraian


1.    Jelaskan yang dimaksud dengan norma!
2.    Mengapa norma memiliki peran penting dalam masyarakat ?

3.    Uraikan macam-macam norma yang ada dalam masyarakat!


8  x 40’


Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII (ESIS,
2007), artikel/berita
di media massa,  dan lain-lain.

1.2.   Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum bagi warga negara.

Norma hukum
·  Mencari informasi dari berbagai sumber tentang:
o    pengertian dan pembagian  hukum;
o    perbedaan hukum publik dan hukum privat.




·    Mendiskusikan tujuan dan fungsi  hukum dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
·  Menjelaskan pengertian hukum.
·  Menjelaskan pembagian hukum menurut sifat, bentuk, dan isinya.


·  Pentingnya  norma hukum dalam kehidupan bernegara.



·  Menjelaskan tujuan dan fungsi ditetapkannya  hukum dalam suatu negara.
Tes lisan

Tes tulis




Tes tulis










Daftar pertanyaan

Uraian




Tes pilihan ganda dan
uraian






Jelaskan pengertian hukum


Jelaskan pembagian hukum menurut:
1.          sifatnya
2.          bentuknya
3.          isinya

Alasan masyarakat memerlukan norma hukum adalah ….
a.          ingin  berbuat yang terbaik bagi dirinya
b.          belum semua kepentingan  terwadahi dalam norma yang lain
c.           tidak semua orang mentaati norma yang ada
d.          hendak mewujudkan kepastian hukum

8 x 40’

Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII (ESIS,
2007), contoh UU, PP, atau Perda, artikel/berita di media massa, dan lain-lain.

1.2     Menerapkan norma-norma, kebiasaan-kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
Norma -norma dalam masyarakat
·  Melakukan pengamatan dan membuat laporan terhadap penerapan norma di sekolah.

·  Menganalisis penerapan norma-norma di sekolah.
·  Melaksanakan norma di sekolah.















Nontes
Pengamatan
Lakukan pengamatan tentang penerapan norma oleh teman-teman di kelasmu dalam format seperti berikut.

No.
Uraian
Pengamatan
1
Masuk kelas tepat waktu





2.
Menghormati ibu/bapak guru





3.
Berdoa sebelum/sesudah pelajaran





4.
Berkata-kata sopan





5.
Memakai seragam dengan rapi






1 = selalu
2 = sering
3 = kadang-kadang
4 = pernah
5 = tidak pernah
Dari hasil pengamatanmu, buatlah analisis/ kesimpulan bagaimana penerapan norma-norma yang ada di kelasmu! Lalu, presentasikanlah di depan kelas!
4 x 40’


Lingkungan sekolah

SILABUS
Sekolah                  : ................................................
Kelas                      : VII
Mata Pelajaran        : Pendidikan Kewarganegaraan
Semester                : I (satu)
Standar Kompetensi : 2. Mendeskripsikan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.


KOMPETENSI DASAR

MATERI POKOK

KEGIATAN PEMBELAJARAN

INDIKATOR

PENILAIAN

WAKTU


SUMBER PEMBELAJARAN
TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN
2.1 Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan.




Proklamasi kemerdekaan Indonesia

Kajian referensi dan mendiskusikan isi tulisan tentang sejarah penjajahan bangsa asing di Indonesia.

·     Menguraikan perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan.

·     Mendiskusikan  arti kemerdekaan bagi suatu bangsa.

·     Menunjukkan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan.
Tes tulis







Tes tulis



Tes Tulis




Tes Uraian






Tes Uraian


Tes Uraian
Sebutkan perlawanan-perlawanan  yang dilakukan setelah tahun 1908  dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia!





Jelaskan makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia bagi martabat dan kesejahteraan dan suatu bangsa!

Mengapa jiwa atau semangat proklamasi tetap diperlukan sepanjang hayat?

Tunjukkan contoh semangat proklamasi dalam kehidupan dewasa ini!
4 x 40’

Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII (ESIS,
2007), artikel, dan lain-lain.

2.2 Mendeskripsikan suasana kebatinan konstitusi pertama.










2.3.Menganalisis hubungan proklamasi dengan UUD 1945









·         UUD 1945 sebagai konstitusi pertama
·         Pokok pikiran pembukaan UUD 1945







Hubungan Proklamasi dengan UUD 1945
·         Mendiskusikan dan mensimulasikan  suasana sidang PPKI tanggal 18-8-1945.
·         Kajian referensi dan mendiskusikan hubungan proklamasi dengan UUD 1945.


Kajian referensi dan mendiskusikan hubungan proklamasi dengan UUD 1945
·     Menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945.
·     Mendeskripsikan sidang BPUPKI tanggal 1017 Juli 1941.
·     Menguraikan pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945.


·    Menjelaskan hubungan proklamasi dengan Pembukaan UUD 1945
·    Menguraikan makna alinea yang terdapat dalam Pembukaan UUD 1945
Tes tulis




Tes tulis









Tes tulis
Tes Uraian



Tes pilihan ganda







Uraian
Uraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945!

Uraikan pokok-pokok pikiran pembukaan UUD 1945 !
UUD 1945 sebagai konstitusi pertama dibentuk oleh:
a.        BPUPKI
b.        PPKI
c.        MPR
d.        Presiden




Sebutkan pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945 !

Jelaskan hubungan Proklamasi dengan Pembukaan UUD 1945!

Jelaskan makna yang terkandung dalam alinea ke-3 Pembukaan UUD 1945!
4 x 40’














4 X 40
Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII (ESIS,
2007), buku pengayaan, UUD 1945 pascaperubahan, dan teks Proklamasi.

2.4.   Menunjukkan
sikap positif terha dap makna proklamasi kemerde kaan dan suasana kebatinan konstitusi pertama.

Proklamasi kemerdekaan dan UUD 1945

Mencari informasi dari berbagai sumber, menelaah, dan mendiskusikan  tentang makna proklamasi bagi kehidupan bangsa.
·     menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana sidang UUD pertama.
Kuesioner

Daftar
check list
Petunjuk: berilah tanda centang (v) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
NO
PERNYATAAN
YA
TDK
1
Proklamasi membawa kebebasan bagi bangsa Indonesia.


2
Di negara yang merdeka, setiap warga negara bebas melakukan apa saja.


3
Pada saat Proklamasi Kemerdekaan dibacakan tanggal 17-8-1945, bangsa Indonesia belum mempunyai presiden.


4
UUD 1945 petama kali berlaku setelah ditetapkan oleh PPKI.


5
Penetapan UUD 1945 oleh PPKI melanggar UUD 1945


Keterangan:
Ya: sependapat dengan pernyataan  (skor 1 jika pernyataan positif, dan skor 0 jika pernyataan negatif)
Tdk: tidak sependapat dengan pernyataan (skor 0 jika pernyataan positif, dan skor 1 jika pernyataan negatif)
4 x 40’

Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas VII (ESIS,
2007), buku pengayaan, UUD 1945 hasil  perubahan.


30 April 2011

iPhone Transparan Konsep


iPhone Transparan Konsep


iPhone memperkenalkan handpone  iPhone transparan konsep, aplikasi yang di gunakan pada iphone transparan ini disebut dengan Mega Reader yang hadir  dengan menitik beratkan pada keselamatan penggunanya ketika membaca e-book di mana saja.  Aplikasi e-buku ini menghidupkan iPhone transparan ketika penggunanya  membaca e-booksehingga pengguna dapat melihat melalui layar handpone yang transparan sebari membaca e-book untuk menghindari kecelakaan  seperti salah langkah, terpeleset,  atau menabrak sebuah tiang.


iphone transparan handpone konsep ini adalah buah karya dari Fabio Merzari. Layar ponsel RFR iPhone ini terbuat dari layar jenis OLED dan memori yang ada didalamnya bisa mengeluarkan efek-efek iluminasi yang berbeda sesuai dengan pencahayaan dalam ruangan untuk memudahkan akses bagi pengguna ponsel. Selain layar OLED transparan, ponsel ini juga memiliki bagian lain yang terbuat dari aluminium. Fitur lainnya yang disematkan antara lain memori 128GB dan kamera 5 megapiksel iChat.



Berita terkait :

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2848861&page=14
internetsiao.com/transparent-iphone-e-book-app/

Nokia Transparan Handphone Konsep


Nokia Transparan Handphone Konsep




Nokia memperkenanlkan sebuah handphone konsep dengan tampilan yang tembus pandang yang lebih popular dengan istilah transparan. Handphone Nokia Transparan ini didesain oleh desaineer asal Kolumbia Juan Carlos, dengan teknologi layar sentuh dan memiliki kamera 5 mega pixel yang menawarkan tampilan sederhana dan sangat jernih, sedangkan tombol bit elektronik disimpan di bawah


Sebuah model yang menarik untuk diperhatikan, apabila ponsel ini digunakan, akan terlihat layar sentuh menjadi menghilang, meninggalkan meninggalkan warna putih dibagian bawah dan bagian atas yang jelas dari lampu yang berada didalam telepon, sehingga lebih mudah untuk melihat apa yang sedang terjadi. 




Sumber Terkait :

http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2848861&page=14
http://toko-inbox.blogspot.com/2010/05/hp-transparan-dari-nokia.html

Bangko Penilaian Diskusi Kelompok Dan Unjuk Karya



BLANGKO PENILAIAN DISKUSI KELOMPOK DAN UNJUK KARYA
  PENILAIAN

Penilaian dilakukan sebelum, selama, dan sesudah proses pembelajaran. Penilaian juga dapat ditekankan pada saat diskusi dan presentasi. Teknik penilaian yang dapat dilakukan, antara lain tes tertulis (uraian atau pilihan ganda), penugasan (tugas proyek atau pengamatan, unjuk kerja), berbicara (diskusi atau mengemukakan pendapat), dan lain-lain.Pada setiap akhir bab, selalu diberikan evaluasi pilihan ganda dan uraian. Selain itu, pada akhir semester, juga diberikan evaluasi terhadap keseluruhan bab, berupa tes pilihan ganda dan uraian (kunci jawaban dapat dilihat pada Lampiran 2).

Berikut ini format yang dapat digunakan untuk penilaian diskusi dan presentasi.

BLANGKO PENILAIAN DISKUSI KELOMPOK

No
Nama
Aspek Penilaian
Total Nilai
Presentasi
Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan Mengemukakan Pendapat
Kerja sama















     
      Keterangan: nilai maksimal 20


LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK

No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6














Aspek yang dinilai:
  1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
  2. Kemampuan memberikan argumentasi.
  3. Kemampuan memberikan kritik.
  4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
  5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
  6. Kelancaran berbicara.

Penskoran:                                                     Jumlah skor:
A. Tidak Baik             Skor 1                          24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik           Skor 2                          18—23 = Baik
C. Cukup Baik                        Skor 3                          12—17 = Cukup
D. Baik                        Skor 4                          6—11 = Kurang
E. Sangat Baik                        Skor 5

 BLANGKO PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst








Keterangan:                                                               Rentang skor : 1—3
1.      Aktivitas dalam kelompok                                 2—15  = Sangat baik            
2.      Tanggung jawab individu                                  9—11  = Baik
3.      Pemikiran                                                           6—8    = Cukup         
4.      Keberanian berpendapat                                                3—5    = Kurang       
5.      Keberanian tampil         

Berikut ini format penilaian untuk unjuk karya.   
                 

BLANGKO PENILAIAN UNJUK KARYA

No
Nama Siswa
Kreativitas
Kerapian
Tampilan
Jumlah Nilai
1





2





3





dst