02 May 2011

Kimia SMP VII RPP 6



KIMIA vii RPP 6
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                         :    SMP
Kelas / Semester           :    VII (tujuh) / Semester 1
Mata Pelajaran            :    IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi     :    4.     Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia.
Kompetensi Dasar        :    4.2   Melakukan pemisahan campuran dengan berbagai cara berdasarkan sifat fisika dan sifat kimia.
Indikator                      :    1.     Menjelaskan dasar pemisahan campuran berdasarkan ukuran parti-kel dan titik didih.
                                           2.     Melakukan percobaan penjernihan air dengan teknik sederhana.
                                           3.     Melakukan percobaan untuk memisahkan campuran yang sesuai dengan metode yang dipilih (penyaringan, distilasi, penguapan, dan sublimasi).
Tujuan Pembelajaran  :    Peserta didik dapat:          
                                           1.     Menjelaskan manfaat proses pemisahan campuran.
                                           2.     Menjelaskan dasar atau prinsip yang digunakan dalam proses pemisahan campuran.
                                           3.     Menjelaskan beberapa cara memisahkan zat-zat penyusun suatu campuran.
                                           4.     Mengetahui prinsip distilasi untuk pemisahan campuran.
                                           5.     Mengetahui prinsip-prinsip kromatografi.
                                           6.     Menjelaskan pengertian kadar zat dalam campuran. 
                                           7.     Menghitung kadar zat dalam campuran.
Materi Pembelajaran   :    Pemisahan Campuran
Metode Pembelajaran  :    Model
                                           -    Direct Instruction (DI)
                                           -    Cooperative Learning  
                                           Metode
                                           -    Diskusi kelompok       
                                           -    Ceramah
                                           -    Eksperimen

Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA

a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
             -     Mengapa pasir yang akan digunakan untuk campuran semen perlu diayak?
             -     Bagaimana cara memisahkan garam dari air laut?
       .      Prasyarat pengetahuan
              -     Apakah manfaat proses pemisahan campuran?
             -     Bagaimana prinsip pemisahan campuran secara evaporasi?

b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan manfaat proses pemisahan campuran.
       .      Peserta didik berdiskusi kelompok mengenai prinsip yang digunakan dalam proses pemisahan campuran (perbedaan titik didih, kelarutan atau ukuran partikel).
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) dengan kelompoknya mendiskusikan beberapa proses pemisahan campuran (pengayakan, dekantir, penyaringan, sentrifugasi, evaporasi, pelarutan, pemisahan dengan menggunakan magnet dan sublimasi).
       .      Wakil peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara bergantian, dimana masing-masing kelompok diminta untuk menjelaskan salah satu proses pemisahan campuran.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
c.    Kegiatan Penutup           
       .      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.

PERTEMUAN KEDUA

a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
             -     Apakah air laut dapat digunakan sebagai air minum?
             -     Bagaimana menganalisis kandungan obat-obatan pada sampel urine       olahragawan?
       .      Prasyarat pengetahuan
             -     Bagaimana prinsip pemisahan campuran secara distilasi?
             -     Apakah manfaat dari pemisahan campuran secara kromatografi?

b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan prinsip pemisahan campuran secara distilasi dan jenis-jenisnya.
       .      Wakil tiap kelompok diminta untuk mengambil air garam, batu didih, pembakar bunsen, es batu, air dan peralatan gelas.
       .      Guru mempresentasikan langkah kerja eksperimen pemisahan campuran secara distilasi.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok melakukan eksperimen sesuai dengan langkah kerja yang telah dijelaskan oleh guru.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan prinsip pemisahan campuran secara kro-matografi, jenis-jenisnya dan manfaatnya.
       .      Guru memberi instruksi kepada peserta didik untuk melakukan eksperimen mengenai pemisahan warna pada tinta spidol menggunakan metode kromatografi.
       .      Peserta didik secara berkelompok melakukan eksperimen dengan menggunakan tabung reaksi, kertas saring, spidol, pensil dan etanol.
       .      Guru memeriksa eksperimen yang dilakukan peserta didik apakah sudah dilakukan dengan benar atau belum. Jika masih ada peserta didik atau kelompok yang belum dapat melaku-kannya dengan benar, guru dapat langsung memberikan bimbingan.
       .      Peserta didik berdiskusi kelompok untuk membuat kesimpulan dari hasil percobaan.          
       .      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.      
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian kadar zat dalam campuran.
       .      Guru memberi contoh soal mengenai kadar zat dalam campuran.
       .      Salah seorang peserta didik ditunjuk untuk menyelesaikan soal (dibimbing oleh guru) di hadapan peserta didik lainnya.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberi penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
       .      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a.    Buku IPA Kimia Jl.1 (Esis) halaman 49-64
b.    Buku kerja.
c.    Alat praktikum

Penilaian Hasil Belajar
a.    Teknik Penilaian:
       -      Tes tertulis
       -      Observasi
       -      Penugasan

b.    Bentuk Instrumen:
       -      Uraian
       -      Tugas proyek
       -      Lembar observasi
c.    Contoh Instrumen
       -      Contoh tes uraian:
             Apa persamaan dan perbedaan antara metode distilasi biasa dengan distilasi fraksinasi?


                                           ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                     Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                               ...................................
NIP.                                                                                                                 NIP.

Kimia SMP VII RPP 5



KIMIA vii RPP 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                         :    SMP
Kelas / Semester           :    VII (tujuh)/Semester 1
Mata Pelajaran            :    IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi     :    4.     Memahami berbagai sifat dalam perubahan fisika dan kimia.
Kompetensi Dasar        :    4.1   Membandingkan sifat fisika dan sifat kimia zat.
Indikator                      :    1.     Membandingkan hasil pengamatan perubahan fisika dan perubahan kimia.
                                           2.     Mengklasifikasi perubahan fisika dan perubahan kimia dalam kehidupan sehari-hari dan mengkomunikasikannya.
Tujuan Pembelajaran  :    Peserta didik dapat:          
                                           1.     Menjelaskan pengertian sifat intensif dan sifat ekstensif zat.
                                           2.     Membedakan sifat intensif dan sifat ekstensif.
                                           3.     Menjelaskan pengertian sifat fisika dan sifat kimia zat.
                                           4.     Menyebutkan beberapa sifat fisika zat.
                                           5.     Menyebutkan beberapa sifat kimia.
                                           6.     Membedakan sifat fisika dan sifat kimia zat.
Materi Pembelajaran   :    Sifat Fisika dan Sifat Kimia
Metode Pembelajaran  :    Model
                                           -    Direct Instruction (DI)
                                           -    Cooperative Learning
                                           Metode
                                           -    Diskusi kelompok
                                           -    Ceramah

Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA

a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
             -     Apakah warna tergolong sifat intensif atau sifat ekstensif dari suatu zat?
             -     Bagaimana cara menentukan tingkat kekerasan suatu zat?
       .      Prasyarat pengetahuan
             -     Apakah yang dimaksud dengan sifat intensif zat?
             -     Apakah yang dimaksud dengan tingkat kekerasan?

b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian sifat intensif dan ektensif zat.
       .      Peserta didik berdiskusi kelompok mengenai beberapa sifat intensif dan ektensif zat.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian sifat fisika suatu zat.
       .      Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya mengenai beberapa sifat fisika zat (titik lebur, titik didih, daya hantar panas, daya hantar listrik, kerapatan dan tingkat kekerasan).
       .      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.


PERTEMUAN KEDUA


a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
             -     Apakah proses perkaratan besi tergolong sifat fisika atau sifat kimia?
             -     Senyawa apakah yang terbentuk jika kalsium bereaksi dengan oksigen?
       .      Prasyarat pengetahuan
             -     Apakah yang dimaksud dengan sifat kimia zat?
             -     Bagaimana kemampuan zat bereaksi dengan oksigen?
b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian sifat kimia zat.
       .      Wakil tiap kelompok diminta untuk menyebutkan beberapa sifat kimia yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan kemampuan zat untuk bereaksi dengan oksigen, air dan asam.
       .      Peserta didik mendiskusikan dengan kelompoknya untuk menuliskan beberapa senyawa yang dihasilkan, jika suatu unsur bereaksi dengan oksigen, air dan asam.
       .      Peserta didik dalam setiap kelompok membuat kesimpulan mengenai beberapa perbedaan sifat fisika dan sifat kimia zat.
       .      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberi penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
       .      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a.    Buku IPA Kimia Jl.1 (Esis) halaman 41-47
b.    Buku referensi yang relevan.
Penilaian Hasil Belajar
a.    Teknik Penilaian:
       -      Tes tertulis                                   
       -      Tes unjuk kerja
b.    Bentuk Instrumen:
       -      PG                                               
       -      Tes identifikasi
c.    Contoh Instrumen:
       -      Contoh tes identifikasi:
             Manakah yang merupakan sifat fisika dan sifat kimia zat dari beberapa sifat zat di bawah ini?
             -    kerapatan                                 -   bensin mudah terbakar
             -    titik lebur                                 -   titik didih
             -    besi mudah terkorosi               
       -      Contoh tes PG:
             Berikut ini yang termasuk sifat intensif adalah....
             a   panjang                                    c.  titik beku
             b   volum                                      d   berat
                                           ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                     Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                               ...................................
NIP.                                                                                                                 NIP.